Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kumpulan Kata-Kata Kuat dan Tegar, Motivasi untuk Menjalani Kehidupan

Kompas.com - 10/03/2023, 16:00 WIB
Kata-Kata Kuat dan Tegar Sumber Gambar: Freepik.com Kata-Kata Kuat dan Tegar
Rujukan artikel ini:
Almost Adulting: Self-Help Approach to…
Pengarang: NADHIRA AFIFA
Penulis Okky Olivia
|
Editor Puteri

Kata-kata kuat dan tegar mungkin bisa menjadi suntikan semangat bagi seseorang yang sedang menghadapi masalah dalam hidupnya.

Dalam perjalanan hidup seseorang, pasti akan ada momen menghadapi masalah kehidupan yang mungkin tidak sesuai dengan harapan.

Sebagai manusia, kamu tentu tidak bisa mengatur kapan dan berapa lama durasi setiap peristiwa yang terjadi dalam hidupmu.

Entah itu pengalaman yang baik, buruk, mengejutkan, atau mungkin menakutkan.

Saat momen bahagia yang datang dan bertahan lama, hal ini akan membuatmu senang.

Namun, kamu juga tidak bisa menghindari jika momen tidak menyenangkan hadir dalam hidupmu dan menjadi sebuah permasalahan yang dapat menguras waktu, tenaga, pikiran, dan segala usaha untuk melewatinya.

Situasi tersebut memang wajar terjadi pada siapa saja, tapi tidak semua orang memiliki keberanian dan mampu melewati segala tantangan yang ada.

Diperlukan rasa tegar, sabar, dan semangat yang tinggi dalam situasi seperti apapun, terlebih lagi di situasi yang kurang menyenangkan.

Untuk menambah kekuatan dan kesabaran kamu, berikut ini adalah kumpulan kata-kata motivasi agar kamu selalu kuat dan tegar dalam menjalani kehidupan.

Kumpulan Kata Motivasi untuk Tegar dalam Menjalani Kehidupan

  • Hidup ini memang sejatinya keras dan tidak mudah, tapi aku akan jauh lebih keras dan tidak akan mudah untuk dikalahkan.
  • Berusahalah dengan sebuah harapan yang kamu impikan, jangan lupa untuk selalu mendampingi usaha tersebut dengan rasa sabar dan ikhlas. Ini bisa menolong kamu dalam kehidupan.
  • Terkadang kita diuji oleh Tuhan dengan maksud dan tujuan tertentu, salah satunya supaya kita mampu bersabar dan kuat saat diberi cobaan.
  • Masalah adalah ujian dari proses pendewasaan. Tidak ada alasan untuk menyalahkan orang lain, benahi diri sendiri, dan jadilah pribadi yang jauh lebih dewasa.
  • Mereka yang kuat dan tegar adalah mereka yang mampu mengubah suatu masalah menjadi hikmah dan tidak mengeluh dengan keadaannya.
  • Mengeluh sejatinya tidak akan bisa memperbaiki keadaan, jadi bersemangatlah dalam menjalani kehidupan, tentunya diiringi dengan keikhlasan dan kesabaran.
  • Salah satu cara agar kamu tidak mudah menyerah dalam menghadapi masalah adalah angggaplah semua cobaan itu wajar terjadi dalam kehidupan, dan segeralah cari solusi untuk menjadikannya lebih baik.
  • Keyakinan itu tidak akan berdiri sendirian, ia bisa bergandengan dengan rasa syukur, kesabaran, dan keikhlasan, jadi tetaplah kuat dan tegar dalam menghadapi segala cobaan dalam hidup ini.
  • Sebelum lahir ke dunia, kita sudah diperkenalkan dengan materi sabar dan ikhlas, pertama saat ibu melewati masa mengandung dan melahirkan, kedua saat ayah berjuang memenuhi kebutuhan keluarga kecilnya.
  • Mulailah bersahabat dengan masalah, karena setiap masalah yang datang akan membuatmu tumbuh menjadi pribadi yang jauh lebih kuat, tegar, dan bijaksana.
  • Tinggalkan segala bentuk pikiran yang membuatmu lemah, pegang erat pikiran yang memberimu kekuatan dan kebijaksanaan.
  • Bersyukurlah ketika kamu bertemu dengan masalah dalam hidup, itu berarti Tuhan percaya kalau kamu adalah pribadi yang kuat dan tegar.
  • Senyum mampu menyelesaikan banyak masalah, sementara diam akan membuat kita terhindar dari banyak masalah.
  • Setiap datang sebuah masalah, maka akan selalu ada hal indah yang mengiringi. Jadi jangan pernah menyerah, dan tetaplah semangat dalam menjalani kehidupan.
  • Semua masalah dalam hidup ini pasti akan berlalu dan berganti dengan kebahagiaan. Jadi untuk apa, terus menerus ditemani dengan kesedihan?

Itulah beberapa kata-kata penyemangat supaya kamu bisa tetap kuat dan tegar dalam menghadapi ujian yang terjadi dalam hidup.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Setiap manusia sejatinya selalu memiliki masalahnya masing-masing, orang yang tidak mengalami masalah tersebut mungkin tidak akan mengerti bagaimana cara untuk menghadapinya.

Salah satu masalah kehidupan yang seringkali membuat manusia merasa sedih dan rapuh biasanya terjadi pada saat proses pendewasaan.

Saat memasuki usia 20-an, manusia sering diliputi keresahan dan kebimbangan, takut berada di jalan yang salah, takut salah mengambil keputusan, takut tidak bisa menggapai mimpi, dan berbagai ketakutan lainnya.

Tak hanya bagi para remaja, ketakutan-ketakutan tersebut mungkin saja juga dirasakan oleh orang-orang dewasa.

Untuk orang-orang yang sedang merasakan krisis saat proses pendewasaan, buku Almost Adulting: Self-Help Approach to Deal With Quarter-Life Crisis karya Nadhira Afifa mungkin bisa menjadi salah satu penenang yang efektif.

Melalui buku ini, penulis akan membagikan cerita pengalamannya dalam melewati proses pendewasaan yang membuatnya kerap merasa kalah dibandingkan teman-teman sebayanya yang lain.

Kebingungan dalam menghadapi kedewasaan adalah hal yang lumrah dialami oleh setiap orang, tapi dari sini kita tidak boleh terus berlarut-larut dalam kesedihan.

Melalui buku ini, kita akan diajarkan bagaimana caranya menerima dan mencintai diri sendiri, bagaimana cara mensyukuri hidup, dan bagaimana cara terbaik yang bisa kita lakukan untuk menikmati kehidupan yang telah diberikan.

Meski tidak mudah, pendewasaan adalah sebuah proses yang lama kelamaan akan kita syukuri, jadi mulailah untuk berpikir positif untuk hidup yang lebih positif setiap harinya.

Buku ini bisa segera kamu beli di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com