Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mengatasi Bosan Hidup, Langkah Mudah Membuat Hidup Jauh Lebih Bermakna

Kompas.com - 13/03/2022, 19:00 WIB
Sumber Gambar: Pexels.com
Rujukan artikel ini:
Chicken Soup for the Soul:…
Pengarang: Amy Newmark
|
Editor Novia Putri Anindhita

Kehidupan kerap memberikan tantangan dan ujian yang membuat kita merasa lelah saat menjalaninya, sehingga mulai timbul rasa jenuh ketika menghadapi masalah kehidupan yang tiada habisnya.

Perasaan jenuh atau bosan dalam menjalani kehidupan ini masih bisa dibilang wajar sebab hampir semua orang pernah merasakannya, tapi perlu diingat, kamu sendiri harus bisa mengakalinya agar tidak mengarah pada suatu hal yang buruk dan merugikan.

Oleh karena itu, sekarang semakin banyak orang yang mengalami depresi akibat terlalu tertekan yang seakan tak pernah cukup untuk dipuaskan dan malah menciptakan kebosanan dalam menjalani hidup.

Apalagi saat seperti ini, di mana pandemi menghantui dan membatasi aktivitas kita sehingga semakin menambah beban stres karena harus terjebak dalam situasi yang serba tidak pasti.

Namun, jangan pernah sekalipun menganggap jika arti kehidupan yang kamu jalani tidaklah bermakna, karena setiap orang mempunyai peran dan tugasnya masing-masing di dunia ini, sehingga keberadaan setiap orang amatlah berharga.

Sebagai solusi pasti dalam mengatasi rasa bosan terhadap hidup yang serba menuntut dan tidak pasti ini, berikut lima cara mudah yang bisa membantu kamu menciptakan hidup yang lebih bermakna.

5 Cara Mengatasi Rasa Bosan dalam Menjalani Kehidupan

1. Berbagi dengan Sesama Makhluk Hidup

Saat kamu merasa bosan dengan kehidupan yang terasa monoton dan hampa, berbagi dapat menjadi solusi agar kamu bisa merasa berguna dan berada sebagai manusia yang hidup di dunia.

Lakukan secara pelan-pelan agar makna dari berbagi itu sendiri bisa kamu rasakan, karena hasil pasti yang diberikan dari kegiatan berbagi adalah perasaan gembira tak terkira yang tidak dapat dijelaskan.

Tidak hanya berbagi dan menolongnya terhadap sesama manusia, kamu juga bisa berbagi dengan makhluk hidup lainnya, contohnya seperti kucing jalanan yang dapat kamu beri makan dengan cara street feeding.

Mungkin terkesan sederhana dan biasa saja, tapi esensi dan makna dari hal kecil seperti berbagi, sebenarnya memiliki dampak yang luar biasa dalam memberikan motivasi dan semangat untuk terus menjalani kehidupan.

2. Pergi Travelling untuk Melihat Keindahan Dunia

Saat rasa jenuh dengan kehidupan mulai muncul, kamu bisa memilih pergi travelling ke belahan Indonesia maupun dunia untuk bisa melihat keindahan sekaligus perspektif baru yang mungkin belum kamu ketahui.

Jalan-jalan akan memberikan sesuatu yang menyegarkan, baik bagi jiwa maupun raga, sehingga mampu memunculkan perasaan gembira dan bahagia untuk memandang ulang kehidupan yang sudah dirasa membosankan untuk dijalani.

Travelling merupakan terapi paling ampuh untuk mengatasi rasa jenuh sebagai opsi refreshing dari tekanan, tuntutan, dan penatnya kesibukan kehidupan sehari-hari.

3. Mencoba Hal-Hal Baru yang Mampu Meningkatkan Gairah Hidup

Tidak ada salahnya untuk mencoba berbagai hal baru yang mungkin akan kamu sukai dan mampu membangkitkan gairah hidup yang mulai meredup.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Mungkin kamu bisa mulai mencoba untuk mendaki gunung, menyelam di laut, terjun payung, atau mengikuti kelas melukis yang mungkin pada awalnya terkesan acak dan tidak mencerminkan diri kamu sama sekali, tapi mana mungkin kamu tahu jawabannya jika belum mencobanya.

Siapa tahu, setelah mencoba berbagai hal yang disebutkan tadi, kamu bisa menemukan tujuan baru dalam menjalani kehidupan yang akan membangkitkan gairah dan semangat untuk terus optimis.

4. Coba untuk Menyendiri dan Berpikir Kembali Mengenai Esensi Kehidupan

Cobalah untuk berpikir dan merenungkan kembali esensi atau makna kehidupan yang kamu jalani, agar mampu merefleksikan ulang apa saja yang sudah kamu lakukan dan capai selama ini.

Hal ini penting dilakukan agar kamu dapat memandang kehidupan yang mungkin tidak bisa dirasakan oleh sebagian besar orang lain, sehingga muncullah rasa syukur dalam diri.

Bersyukur merupakan kunci utama dalam menjalani kehidupan agar bisa terus positif, optimis, dan bersemangat dalam menghadapi serta menjalani gejolak hidup.

5. Perbanyak Membaca Buku Pengembangan Diri

Cara terakhir dalam mengatasi kebosanan dalam menjalani kehidupan adalah dengan banyak membaca buku pengembangan diri yang akan menambah wawasan dan sudut pandang.

Seiring bertambahnya wawasan dan sudut pandang yang kamu miliki, esensi dalam menjalani kehidupan pun akan muncul dan menghilangkan rasa bosan yang kerap menyertai.

Bacalah sesuatu yang mungkin terasa sangat relate dengan apa yang kamu rasakan saat ini, agar bisa melihat ulang permasalahan yang ada dengan kacamata yang jauh lebih luas dan kaya.

Buku yang paling pas untuk dibaca ketika kondisi seperti ini adalah buku Chicken Soup for the Soul: Kekuatan Bersyukur yang berisi sekumpulan cerita dari berbagai orang tentang makna dan kekuatan syukur dalam menjalani kehidupan.

Kisah-kisah tentang rasa syukur yang ada dalam buku ini akan mampu menginspirasi kamu dalam mengatasi kebosanan dalam hidup, sebab ternyata ada banyak hal kecil yang mampu membawa kebahagiaan dalam kehidupan.

Mensyukuri setiap berkah yang kita miliki mampu mengurangi rasa stres dari tekanan dan tuntutan dunia.

Buku Chicken Soup for the Soul: Kekuatan Bersyukur bisa kamu beli di Gramedia.com.

Dapatkan promo gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Langsung klik di sini dan dapatkan voucher gratisnya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com