Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara agar Hidup Lebih Bahagia dan Tidak Mudah Stres

Kompas.com - 05/04/2022, 16:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Lagom Hc : Rahasia Hidup…
Pengarang: Lola A. Akerstrom
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Bahagia merupakan sebuah perasaan yang sangat didambakan oleh setiap manusia dalam hidupnya.

Saat kita bisa menjalani hidup yang bahagia, maka hari-hari kita bisa dipastikan akan lebih menyenangkan dan lebih bermakna.

Kebahagiaan ini sebenarnya bisa datang dari mana saja, entah dari keluarga, pekerjaan, cinta, sahabat, atau bahkan dari diri kita sendiri.

Tapi sayangnya, berbagai tantangan dan rintangan memang sering sekali membuat manusia jadi tidak bisa merasakan kebahagiaan.

Di tengah ramainya kehidupan yang penuh dengan beban, tekanan, dan tanggung jawab, manusia jadi mudah sekali untuk merasa sedih dan gelisah.

Ketidakbahagiaan akan menjadi salah satu penyebab utama gangguan mental pada manusia, misalnya seperti gangguan stres yang bisa berdampak pada penyakit fisik lainnya.

Namun, berbagai tuntutan dan masalah ini memang tidak bisa dilepaskan dari hidup manusia.

Sebagai manusia, kita harus belajar untuk mengolah perasaan dan pikiran agar tetap bisa bahagia di tengah kondisi tekanan yang terjadi.

Untuk itu, ada beberapa cara sederhana yang bisa kita terapkan untuk menjalani kehidupan yang tenang, bahagia, dan tidak mudah stres.

5 Cara Sederhana agar Hidup Lebih Bahagia

1. Perbanyak Senyum dan Tawa

Tersenyum dan tertawa bisa menjadi salah satu obat yang ampuh untuk mengubah suasana hati manusia menjadi lebih bahagia.

Tawa sendiri sering dikatakan sebagai bentuk terapi saat manusia mengalami kegalauan atau kegelisahan.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa saat manusia tertawa, tubuh biasanya akan menghasilkan hormon endorfin yang bisa menimbulkan perasaan bahagia, dan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh bahkan mencapai 87%.

Dengan berbagai permasalahan yang terjadi dalam hidup ini, senyum dan tawa memang bisa menjadi salah satu upaya yang membuat kita tetap bisa bertahan dan menikmati kehidupan, jadi sering-seringlah tersenyum dan tertawa setiap harinya, untuk hidup yang lebih bahagia.

2. Belajarlah untuk Mencintai Diri Sendiri

Sampai hari ini, masih banyak sekali orang-orang yang merasa tidak bahagia dalam hidupnya dan selalu membandingkan dirinya dengan orang lain, padahal ini adalah perilaku yang kurang tepat.

Terlalu sering merasa rendah diri dan mengkritik diri sendiri akan membuat hidup kita sengsara, jadi berhentilah dan cobalah untuk fokus menjadi versi terbaik dari diri kita sendiri, tidak perlu harus sama seperti orang lain.

Selain itu, cobalah untuk meluangkan waktu dan melakukan meditasi, ini akan sangat membantu kita untuk menenangkan batin, menentukan tujuan hidup, dan me-refresh berbagai peristiwa yang sudah pernah terjadi dalam hidup ini.

3. Berolahraga Secara Rutin

Terlalu banyak beban pikiran akan menimbulkan stres, gejala depresi, kecemasan berlebihan, atau biasa disebut overthinking.

Aktivitas fisik seperti olahraga bisa membantu kita mengurangi beban stres dan depresi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Selain itu, saat kita rutin berolahraga, tubuh kita akan melepaskan hormon endorfin yang bisa membantu kita lebih bahagia.

Jika belum terbiasa, kamu bisa coba untuk melakukan olahraga-olahraga yang ringan, misalnya lari pagi, peregangan sebelum beraktivitas, yoga, zumba, dan masih banyak lagi.

Lakukan setidaknya setiap 5-15 menit perhari untuk hasil yang lebih signifikan.

4. Jangan Terlalu Bergantung pada Gadget dan Media Sosial

Berbagai kecanggihan gadget dan media sosial memang sangat membantu berbagai aktivitas manusia, tapi terlalu sering bergantung pada dunia digital juga bukan sesuatu yang baik.

Seseorang yang tidak bisa mengontrol kecanduannya pada gadget dan media sosial, akan cenderung memiliki pikiran yang negatif dan kesulitan untuk menemukan kebahagiaan dalam hidupnya.

Untuk bisa menghentikan kebiasaan yang kurang baik ini, kamu bisa coba untuk melakukan berbagai aktivitas lain seperti membaca buku, mengunjungi tempat wisata, beristirahat santai, atau mengobrol dengan teman dan keluarga.

5. Istirahat yang Cukup

Memperbaiki kualitas tidur bisa menjadi salah satu cara untuk membuat hidup kita lebih bahagia.

Pada umumnya, waktu tidur yang ideal bagi orang dewasa adalah 7 sampai 8 jam per harinya.

Saat waktu tidur ini terpenuhi, tubuh akan merasa lebih segar dan bisa meningkatkan kebahagiaan.

Dengan memilih ruangan yang tenang, membersihkan ruangan, dan mematikan lampu adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menambah kualitas tidur.

Demikianlah beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk memiliki hidup yang bahagia dan tidak mudah stres.

Sebagai manusia yang menjadikan kebahagiaan sebagai tujuan utamanya, kamu bisa menerapkan berbagai cara ini dalam kehidupan kamu sehari-hari.

Jika kamu masih membutuhkan cara-cara lainnya, kamu bisa menemukannya dalam buku Lagom Hc: Rahasia Hidup Bahagia Orang Swedia yang ditulis oleh Lola A. Akerstrom yang merupakan seorang penulis, pembicara, dan fotografer asal Swedia.

Lagom merupakan sebuah cara hidup bahagia ala orang Swedia yang sederhana, seimbang, dan tentunya menyenangkan, sehingga mampu menjadikan Swedia sebagai salah satu negara dengan penduduk paling bahagia di dunia.

Buku ini akan mengajarkan kamu bagaimana caranya mengatur emosi dalam diri, meningkatkan gaya hidup sehat, membangun budaya keadilan, menghadapi dunia kerja, dan memelihara lingkungan di era yang terus berubah.

Buku ini akan sangat cocok dibaca oleh orang-orang yang merasa kurang bahagia dalam hidupnya, dan merasa belum menemukan alasan untuk hidup bahagia.

Untuk mendapatkan buku ini, kamu bisa membelinya di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com