Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Jenis Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa, Dijamin Nambah Cuan!

Kompas.com - 12/01/2023, 12:00 WIB
Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa Sumber Gambar: Freepik.com Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa
Rujukan artikel ini:
Menggali Pundi-Pundi Lewat Tren Sosial…
Pengarang: Astrid Savitri
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Bekerja merupakan suatu kegiatan penting yang harus dilakukan oleh manusia untuk bisa memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Berdasarkan jenisnya, pekerjaan terbagi menjadi 2 macam, yaitu pekerjaan yang menghasilkan barang dan pekerjaan yang menghasilkan jasa.

Pekerjaan yang menghasilkan barang adalah jenis pekerjaan yang dapat menghasilkan suatu produk untuk nantinya dapat dipergunakan oleh orang banyak.

Pekerjaan yang menghasilkan jasa bisa diartikan sebagai pekerjaan yang menggunakan skill, pelayanan, jasa, atau keterampilan sebagai hasil dari pekerjaannya.

Pekerjaan ini biasanya sangat dekat dengan lingkungan di sekitar kita, seperti di bidang kesehatan, pendidikan, keamanan, pariwisata, dan desain.

Selain menghasilkan keterampilan atau jasa, jenis pekerjaan ini biasanya berfungsi untuk membantu, mengayomi, dan melayani masyarakat, sehingga harus memberikan pelayanan terbaik kepada para pengguna jasanya.

Simak beberapa contoh pekerjaan yang menghasilkan jasa berikut ini.

Jenis Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa

1. Dokter

Dokter merupakan salah satu pekerjaan yang menghasilkan jasa, yang bertugas untuk menyembuhkan orang-orang yang sakit.

Meskipun begitu, tidak semua orang yang menyembuhkan penyakit bisa disebut sebagai dokter.

Untuk menjadi dokter, seseorang harus lebih dulu menempuh pendidikan dan pelatihan dengan proses yang panjang, sebelum akhirnya mendapatkan gelar dalam bidang kedokteran.

2. Polisi

Polisi adalah suatu pranata umum sipil yang bertugas untuk menjaga ketertiban, keamanan, dan penegakkan hukum di seluruh wilayah negara.

Dengan kata lain, polisi merupakan salah satu lembaga terpenting yang biasanya ada di suatu negara, yang memiliki peran penting dalam menjaga keamanan dan mengayomi masyarakat.

3. Pemadam Kebakaran

Pemadam kebakaran juga merupakan salah satu jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa dan terkenal sangat mulia.

Petugas pemadam akan membantu memadamkan kobaran api di sebuah gedung atau rumah yang terbakar, menyelamatkan korban yang terjebak, dan memastikan mereka semua dapat ditempatkan di lokasi yang aman.

Tak hanya itu, seorang pemadam kebakaran juga bertugas untuk membantu masyarakat dalam mengatasi kecelakaan lalu lintas, penyelamatan bencana alam, dan penyelamatan dari gedung-gedung yang runtuh.

4. Pengacara

Pengacara termasuk salah satu pekerjaan yang paling diminati bagi para mahasiswa lulusan hukum.

Pengacara adalah seseorang yang melakukan atau memberikan nasihat dan pembelaan untuk mewakili kliennya yang sedang terjerat suatu kasus hukum.

Melalui keahlian serta pengetahuannya dalam bidang hukum, seorang pengacara akan berusaha membela kliennya sampai berhasil menemukan jalan keluar dari masalah yang ada.

5. Desainer Grafis

Desainer grafis adalah sebuah pekerjaan yang menghasilkan jasa melalui skill atau keterampilan yang dimilikinya.

Dalam pekerjaannya, seorang desainer grafis biasanya akan menciptakan sebuah ilustrasi, gambaran, fotografi, grafis untuk media cetak, penerbit, dan kebutuhan lain yang diminta oleh para klien.

Seorang desainer grafis akan bertanggung jawab terhadap desain yang sesuai dengan permintaan klien, mereka juga dituntut untuk menyampaikan atau membuat karya yang menarik, unik, dan otentik.

6. Pilot

Pilot tentunya juga merupakan sebuah pekerjaan yang menghasilkan jasa, yang bertugas untuk mengemudikan dan mengawaki pesawat terbang menuju kota tujuan.

Profesi ini menuntut skill serta keahlian yang harus diperoleh dari sekolah penerbangan atau otoritas penerbangan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Tak hanya itu, seorang pilot juga harus memiliki sertifikasi izin terbang, pilot license, dan sertifikasi kompetensi pilot, yang menjadi bukti bahwa ia telah mampu menerbangkan pesawat terbang dengan baik.

7. Tenaga Pengajar atau Guru

Guru merupakan sebuah profesi yang sering kali disebut sebagai “Pahlawan tanpa Tanda Jasa”.

Seorang guru bertugas untuk mendidik, mengajar, dan membimbing murid-muridnya untuk nantinya bisa menjadi individu yang cerdas dan mampu menggapai cita-cita.

Untuk menjadi seorang tenaga pengajar seperti guru, dosen, atau pelatih, seseorang harus menempuh sekolah pendidikan atau memiliki keahlian yang lebih tinggi dibandingkan kebanyakan orang.

8. Teknisi

Teknisi adalah sebuah pekerjaan yang memberikan layanan jasa berupa perbaikan mesin atau benda-benda yang mengalami kerusakan.

Seorang teknisi biasanya akan memperbaiki kerusakan dengan tingkat kesulitan yang mudah sampai yang tinggi.

Mereka akan memperbaiki suatu benda hingga dapat digunakan sebagaimana mestinya, jadi semakin sulit benda tersebut diperbaiki, akan semakin mahal juga biaya service-nya.

9. Layanan SEO

Layanan SEO atau Search Engine Optimization menjadi salah satu pekerjaan yang sangat dibutuhkan di era sekarang.

Sebagian besar perusahaan bahkan sudah memiliki pekerja yang secara khusus melakukan proses SEO, agar website perusahaan mereka semakin mudah dicari di internet.

Kemudahan pencarian akses website akan membuat penjualan atau marketing sebuah perusahaan menjadi meningkat.

Layanan SEO ini sebenarnya juga bisa dilakukan oleh para pekerja lepas atau freelancer, sehingga mereka bisa dengan mudah bekerja secara jarak jauh atau online.

10. Pengelola Media Sosial atau Admin

Selain layanan SEO, layanan pengelola media sosial atau admin media sosial kini juga tengah naik daun.

Media sosial saat ini menjadi salah satu kebutuhan yang penting, khususnya bagi mereka yang memiliki usaha dan berjualan melalui online.

Media sosial tersebut biasanya akan digunakan untuk melakukan promosi atau penjualan secara langsung.

Bagi para penjual yang sibuk dan tidak bisa mengurusi media sosial, mereka tentunya membutuhkan jasa para admin untuk mengelola dan membuat konten yang menarik di media sosial tersebut.

Jadi para pemilik bisa tetap fokus melakukan penjualan, sementara media sosialnya tetap aktif dan terurus dengan baik oleh para admin.

Selain 10 jenis pekerjaan atau profesi diatas, masih ada banyak sekali jenis pekerjaan lain yang menghasilkan jasa dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Semakin ramainya dunia digital saat ini memang terasa sangat menguntungkan, terutama bagi kamu yang tertarik untuk bekerja di dunia media sosial.

Selain menjadi admin, ada banyak pekerjaan yang bisa dilakukan di media sosial, misalnya seperti influencer, content creator, content writer, dan masih banyak lagi.

Untuk mempelajari bagaimana media sosial dan seluk beluk yang ada di dalamnya, kamu bisa menemukan informasinya dalam buku Menggali Pundi-Pundi Lewat Tren Sosial Media karya Astrid Savitri.

Saking ramainya media sosial, ada banyak anak-anak muda bercita-cita ingin menjadi seorang Youtuber atau selebgram, karena bisa menghasilkan uang dan popularitas.

Melalui buku ini, kamu akan mempelajari hal-hal seputar media sosial yang belum banyak dibahas secara umum, misalnya cara mengumpulkan masa di media sosial, cara memperkenalkan suatu produk secara online, cara meyakinkan calon pembeli, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, buku ini juga akan membagikan beberapa hal penting seperti peran seorang influencer di media sosial serta pertimbangan apa yang harus kamu ambil jika ingin mencari pundi-pundi rupiah di dunia digital.

Untuk mengetahui isi buku ini lebih lanjut, kamu bisa checkout bukunya di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com