Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi Pekerjaan Sampingan untuk Anak SMA yang Tidak Mengganggu Waktu Belajar

Kompas.com - 26/04/2022, 14:00 WIB
Pekerjaan untuk anak SMA Sumber Gambar: Freepik.com Pekerjaan untuk anak SMA
Rujukan artikel ini:
Make It Happen, Now!
Pengarang: Prita Hapsari Ghozie
Penulis Okky Olivia
|
Editor Novia Putri Anindhita

Siapa di antara kamu yang masih sering bertanya, apakah ada pekerjaan yang cocok untuk anak SMA yang mudah dan tidak mengganggu waktu belajar?

Jawabannya, tentu saja ada.

Apalagi di era modern yang sistem informasi dan teknologinya sudah sangat canggih seperti sekarang, tentunya ada banyak sekali kemudahan untuk kamu yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan walaupun masih berstatus sebagai pelajar.

Saat ini, ada banyak sekali ide bisnis atau pekerjaan sampingan yang bisa dijalankan oleh anak SMA tanpa harus mengeluarkan modal yang besar, tapi tetap bisa menghasilkan keuntungan yang cukup untuk membeli kebutuhan sehari-hari.

Jenis pekerjaan sampingan ini tentunya tetap tidak boleh mengganggu waktu belajar, dan hanya bisa dilakukan di waktu luang saja.

Dengan memanfaatkan waktu luang yang ada, kamu bisa lebih produktif dan lebih bisa mengatur waktu dengan baik dibandingkan teman-temanmu yang lain.

Kalau kamu penasaran dan ingin mengetahui apa saja pekerjaan yang cocok untuk pelajar SMA, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Ide Pekerjaan Sampingan untuk Anak SMA

1. Blogger

Menjadi seorang blogger ini membutuhkan komitmen dan konsistensi dalam hal tulis menulis, jadi usahakan untuk menghasilkan konten yang menarik dan berkualitas untuk bisa mendatangkan banyak pembaca.

Sejak awal membuat akun blog, jangan lupa juga untuk menentukan konsep yang akan menjadi identitas blog kamu, misalnya blog tentang fashion, kosmetik, quotes, dan lainnya.

Kalau blog kamu sudah ramai didatangi dan dijelajahi oleh para pembaca, kamu bisa memasang adsense dari situs resmi Google.

Dari sini kamu akan mulai mendapatkan penghasilan.

2. Dropship di Online Shop

Pekerjaan sampingan sebagai dropshipper ini bisa menghasilkan keuntungan yang besar jika kamu mau mengelola dan mengurusnya dengan baik.

Dropship adalah sebuah model bisnis yang dijalankan dengan cara menjual kembali produk milik supplier dengan harga yang lebih tinggi, sementara kamu tidak perlu mengeluarkan modal yang besar untuk bisnis yang satu ini.

Hanya dengan bermodalkan smartphone dan paket internet, para pelajar SMA sudah bisa mendapatkan penghasilan tambahan dan tentunya tidak perlu mengganggu waktu belajar, karena bisnis dropship bisa dijalankan dengan waktu yang fleksibel.

3. Membuka Bisnis Online Shop

Bisnis online shop bisa menjadi pekerjaan sampingan untuk anak SMA, karena jenis usaha yang satu ini sangat fleksibel, bisa dijalankan di mana saja dan kapan saja.

Kamu hanya perlu mengandalkan smartphone dan paket internet, lalu jangan lupa untuk sering-sering melakukan promosi agar tokomu bisa menarik banyak pembeli.

Saat ini juga sudah banyak sekali online shop yang berhasil sukses, dan bisa kamu jadikan sebagai sumber inspirasi yang tentunya bisa membantu kamu agar tetap fokus dalam menjalankan bisnis yang sedang kamu geluti.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Jasa Pengetikan Tugas atau Artikel

Pekerjaan sampingan yang satu ini tentunya sangat relate dengan dunia pendidikan dan bisa kamu jalankan di sela-sela waktu belajar.

Para pelajar atau mahasiswa biasanya sering mendapatkan berbagai macam tugas yang harus dikerjakan dalam bentuk ketikan, seperti misalnya word atau powerpoint.

Dibandingkan mengetik sendiri, kebanyakan dari mereka justru memilih menggunakan jasa pengetikan, karena tidak ada waktu untuk mengetik atau karena tidak memiliki laptop sendiri.

Kalau kamu bisa mengetik dengan cepat dan rapi, kamu bisa memanfaatkan peluang yang satu ini untuk dijadikan sebagai pekerjaan sampingan untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah.

5. Admin Media Sosial

Kalau kamu suka menghabiskan waktu dengan bermain gadget dan media sosial, maka tidak ada salahnya untuk memberanikan diri dengan mencoba menjadi admin di Instagram, Twitter, atau Facebook.

Pekerjaan sampingan yang satu ini bisa kamu lakukan dari mana saja dan tidak membutuhkan modal yang besar.

Kamu hanya perlu mengerjakan jobdesk kamu dengan baik, misalnya memantau skema penjualan produk per bulan, membantu mempromosikan produk melalui online, atau membuat berbagai konten yang menarik untuk menarik minat para pengguna media sosial.

Tidak hanya orang dewasa, para pelajar SMA juga bisa meraih kesuksesan dan menghasilkan uang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Setelah berhasil memperoleh pendapatan rutin, jangan lupa untuk selalu mengatur penggunaan uang agar tidak boros.

Untuk membantu mengatur keuangan yang kamu miliki, kamu bisa membaca buku Make It Happen, Now! yang ditulis oleh Prita Hapsari Ghozie.

Uang memang menjadi aspek yang paling penting dalam kehidupan, jika kamu pintar mengatur uang dengan baik, kamu bisa menciptakan bisnis baru yang bisa mengubah kehidupanmu menjadi lebih baik.

Buku ini merangkum berbagai tahap perencanaan keuangan yang akan membantu kamu dalam membangun sebuah bisnis, atau mewujudkan banyak impian kamu yang lain.

Ditulis dengan bahasa yang santai dan ilustrasi yang menarik, buku ini berhasil memberikan gambaran yang nyata lewat kisah para anak muda yang sukses dalam bisnis karena melakukan perencanaan keuangannya dengan baik.

Dengan membaca buku ini, kamu akan semakin termotivasi untuk mencapai kesuksesan dan menjadi salah satu bagian dari mereka.

Untuk mengetahui isi buku ini lebih lanjut, kamu bisa membeli bukunya melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com