Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Bacaan Ijab Kabul Pada Akad Nikah Dalam Berbagai Bahasa

Kompas.com - 14/12/2022, 12:30 WIB
bacaan ijab kabul dalam berbagai bahasa Sumber: pinterest bacaan ijab kabul dalam berbagai bahasa
Rujukan artikel ini:
Tuntunan Pernikahan Islami
Pengarang: Syaikh Muhammad Nashiruddin, Syaikh…
|
Editor Rahmad

Bacaan ijab kabul dalam akad nikah yang benar wajib untuk diketahui agar proses pernikahan atau akad nikah dapat berjalan dengan lancar. Dalam agama Islam, ijab kabul adalah salah satu bacaan yang bersifat sakral dalam prosesi akad nikah.

Ijab kabul sendiri dibacakan oleh mempelai pria dan juga wali nikah pada saat prosesi akad nikah berlangsung. Pada saat mempelai pria atau wali nikah merasa gugup, terkadang bacaan ijab kabul sulit untuk diingat atau bisa terjadi kesalahan pada saat pengucapan.

Tidak hanya itu, bahkan ada orang yang sampai terbata-bata pada saat mengucapkan bacaan ijab qabul dalam prosesi akad nikah.

Ternyata, bacaan ijab kabul dalam akad nikah memiliki cara pelafalannya yang berbeda-beda, tergantung dengan pilihan bahasanya masing-masing. Di Indonesia sendiri, ternyata masyarakat kerap menggunakan dua bahasa pada saat ijab kabul, yaitu akad nikah bahasa Arab dan bahasa Indonesia.

Meskipun mengadakan akad nikah di Indonesia, tetapi tidak jarang seseorang memilih untuk menggunakan bacaan ijab kabul akad nikah dalam bahasa Arab.

Seperti yang sudah disebutkan bahwa bacaan ijab kabul bisa dilakukan dengan berbagai macam bahasa. Berikut ini adalah bacaan ijab kabul dalam berbagai bahasa pada prosesi akad nikah

Bacaan Ijab Kabul Akad Nikah Dari Berbagai Bahasa

bacaan ijab kabul dalam berbagai bahasa bacaan ijab kabul dalam berbagai bahasa

1. Bacaan Ijab Kabul Bahasa Indonesia

Berikut ini adalah bacaan ijab Kabul pada akad nikah dalam bahasa Indonesia.

Bacaan Ijab:

“Saya nikahkan dan saya kawinkan engkau saudara/ananda (nama pengantin laki-laki) bin (nama ayah pengantin laki-laki) dengan anak saya yang bernama (nama pengantin perempuan) dengan mas kawinnya berupa (mahar/mas kawin), tunai.”

Bacaan Kabul:

"Saya terima nikahnya dan kawinnya (nama pengantin perempuan) binti (nama ayah pengantin perempuan) dengan maskawinnya yang tersebut, tunai.”

2. Bacaan Ijab Kabul Akad Nikah Bahasa Arab

Berikut ini adalah bacaan ijab Kabul akad nikah bahasa Arab.

Bacaan ijab:

"Ankahtuka wazawwajtuka makhtubataka binti (nama pengantin perempuan) alal mahri (mahar/mas kawin) hallan."

Artinya: "Aku nikahkan engkau, dan aku kawinkan engkau dengan pinanganmu, puteriku (nama pengantin perempuan) dengan mahar (mahar/mas kawin) dibayar tunai."

Bacaan Kabul:

"Qabiltu nikahaha wa tazwijaha alal mahril madzkur wa radhiitu bihi, wallahu waliyu taufiq."

Artinya: "Saya terima nikah dan kawinnya dengan mahar yang telah disebutkan, dan aku rela dengan hal itu. Dan semoga Allah selalu memberikan anugerah."

3. Bacaan Ijab Kabul Akad Nikah Bahasa Inggris

Ijab Kabul dalam akad nikah juga bisa dilakukan dalam Bahasa Inggris, ini pelafalannya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Bacaan Ijab:

"Mr. (nama pengantin pria) son of (nama ayah pengantin pria) I marry off my daughter, (nama pengantin perempuan) to you with the mahr agreed upon."

Bacaan Kabul:

"I accept marrying your daughter, (nama pengantin perempuan) with the mahr agreed upon."

4. Bacaan Ijab Kabul Akad Nikah Bahasa Sunda

Apabila menikah di daerah tertentu, maka bisa saja membuat bacaan ijab kabulnya berbeda-beda. Hal tersebut bisa terjadi karena penyesuaian bahasa yang digunakan pada daerah tersebut.

Bacaan ijab:

"(Nama pengantin laki-laki), Bapa nikahkeun hidep ka (nama Pengantin perempuan), putra teges bapa, kalayan nganggo maskawin ku (mahar/mas kawin), dibayar kontan."

Bacaan Kabul:

“Tarima abdi nikah ka (nama pengantin perempuan), putra teges Bapa, kalayan nganggo maskawin ku (mahar/mas kawin), dibayar kontan.”

5. Bacaan Ijab Kabul Akad Nikah Bahasa Jawa

Bacaan ijab Kabul akad nikah juga menggunakan Bahasa Jawa. Berikut bacaannya.

Bacaan ijab:

"Anak Mas (nama pengantin pria) Kanthi ngucap bismillahirrahmanirrahim, aku nikahake lan tak jodohake anakku (nama pengantin perempuan) pikantuk sialramu, kanti mas kawin (mas kawin) ingkang kudu kabayar lunas."

Bacaan Kabul:

"Kulo tampi nikahipun (nama pengantin perempuan) putero panjenengan, kangge kulo piyambak, kanti mas kawin ingkang sampin kasebat, kulo bayar lunas."

Nah, itu dia bacaan ijab Kabul pada prosesi akad nikah dalam berbagai bahasa. Setelah kamu mengetahui bacaan ijab kabul pada akad nikah bahasa Arab, selanjutnya yang perlu ketahui juga adalah tentang adab orang yang akan melangsungkan pernikahan.

Buku Tuntunan Pernikahan Islami karya Syaikh Muhammad Nashiruddin, Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani berisikan adab pernikahan yang sudah diatur oleh Islam. Selain menerangkan adab pernikahan, juga berisikan panduan bagi yang akan menjalani pernikahan agar sesuai dengan tuntunan sunnah Nabi. Dengan begitu, bisa memperoleh berkah dalam mengarungi kehidupan rumah tangga.

Bahasa yang digunakan dalam buku ini sangat jelas, sehingga mudah untuk dipahami serta dipraktikkan oleh siapa saja.

Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com