5 Rekomendasi Buku yang Setidaknya Kamu Baca Sebelum Melakukan Pernikahan

Kompas.com - 09/08/2022, 13:30 WIB
rekomendasi buku fikih Sumber: pinterest rekomendasi buku fikih
Rujukan artikel ini:
Ensiklopedi Fikih Indonesia: Pernikahan
Pengarang: Ahmad Sarwat Lc., Ma
|
Editor Rahmad

Setiap orang pasti sepakat jika suatu saat kita memang harus menikah, entah dengan siapa, tetapi pernikahan itu pasti akan datang. Bukan permasalahan siap atau tidak siap, tetapi, saat memutuskan untuk menikah, maka kamu juga harus siap melewati segala hal yang akan terjadi dalam kehidupan rumah tangga nantinya.

Sebelum menikah, kita pastinya akan meminta pendapat serta masukan dari orang yang dirasa sudah berpengalaman, termasuk kepada orang tua sendiri. Karena sejatinya, kehidupan berumah tangga tidak seindah dan semudah ucapan pernikahan yang kita dapatkan dari teman dan kerabat.

Agar lebih memahami tentang pernikahan, selain mendengarkan nasihat dari yang sudah berpengalaman, kamu juga perlu membaca buku-buku tentang pernikahan.

Berikut ini adalah beberapa judul buku yang setidaknya bisa kamu baca satu kali sebelum melakukan pernikahan.

Rekomendasi Buku Tentang Pernikahan

1. Ensiklopedi Fikih Indonesia: Pernikahan

Buku Ensiklopedi Fikih Indonesia: Pernikahan karya Ahmad Sarwat Lc., Ma adalah buku ke delapan dari 18 buku seri fiqih kehidupan. Pada buku ini pembaca akan disajikan pembahasan tentang pernikahan dalam syariat Islam, hukum-hukum yang terkait dengannya, serta semua hal yang berkaitan dengan pernikahan.

Buku ini juga menjelaskan bahwa hukum pernikahan bisa saja menjadi berbeda-beda bagi setiap pasangan tergantung dari kasusnya.

Pada buku ini, penulis juga menjelaskan tentang syariat Islam dalam menjaga garis keturunan serta kehormatan dari pihak keluarga yang menikah. Serta menjelaskan pula siapa-siapa saja yang tidak boleh dinikahi dari anggota keluarga, seperti ibu kandung, anak perempuan, saudara perempuan, keponakan, sampai saudara sepersusuan.

Buku ini sangatlah cocok bagi kamu yang akan melangsungkan pernikahan maupun pasangan yang baru saja menikah supaya tidak bingung tentang syariat atau hukum Islam tentang pernikahan.

Buku ini juga dilengkapi dengan rukun nikah, status hukum jika pasangan melakukan talak, sampai bagaimana sebuah pernikahan yang bermasalah.

2. Kado Pernikahan

Sebuah impian yang sangat didambakan oleh dua orang yang sudah menikah adalah dikaruniainya sebuah rumah tangga yang sakinah, mawaddah, dan rahmah. Agar bisa mendapatkan karunia yang sangat luar biasa itu, salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan tidak letih untuk melakukan perbaikan diri.

Karena rumah tangga tidak hanya berisikan kesenangan serta kebahagiaan saja, tetapi juga berisi persoalan dan beragam masalah di dalamnya. Maka sebagai pasangan yang sudah diikat oleh sebuah ikatan pernikahan, sebaiknya mempersiapkan kedua hal tersebut.

Buku inilah yang bisa memandu kamu dalam mempersiapkan bekal yang akan terjadi dalam sebuah pernikahan nantinya. Karena sejatinya, sebuah pernikahan juga membutuhkan sebuah ilmu di dalamnya. Buku ini akan menjelaskan tentang hak serta kewajiban diri sebagai suami, istri, ayah, maupun ibu.

Dengan panduan buku ini, kamu akan tahu bagaimana menjalani sebuah rumah tangga yang sesuai dengan tuntunan agama. Selain itu juga bisa membantumu untuk menemukan cara mendidik anak dengan benar saat kamu dikaruniai seorang anak nantinya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Kado Pernikahan Istimewa

Buku Kado Pernikahan Istimewa adalah buku panduan pernikahan yang menjadikan kisah romantisnya Rasulullah dengan istrinya dalam pernikahan. Buku ini menyajikan kisah pernikahan dari Rasulullah SAW, sehingga penulis di dalamnya menjelaskan bila meneladani sikap Rasul dalam hal pernikahan akan membuat kehidupan pernikahan yang kita jalani akan menjadi bahagia sampai akhir usia.

Selain itu, dalam pernikahan pasti ada saja masalah yang kerap muncul. Maka buku ini juga menjelaskan tentang cara untuk mengatasi masalah pernikahan yang bisa hadir kapan saja dengan cara romantis sesuai dengan yang diajarkan Rasulullah.

4. Kado Pernikahan

Buku Kado Pernikahan karya Syaikh hafizh adalah sebuah buku yang bisa menjadi panduan lengkap dan juga praktis bagi kamu yang merindukan sebuah kebahagiaan serta kesuksesan baik di dunia maupun di akhirat dalam membangun rumah tangga.

Karena betapa bahagia dan indahnya, sebuah pernikahan jika dibangun atas dasar pondasi keimanan serta kasih sayang, serta diliputi dengan semangat untuk saling memahami serta dihiasi dengan keluasan ilmu di dalamnya.

Buku ini juga dilengkapi dengan berbagai tanya jawab seputar kasus-kasus yang seringkali muncul di tengah-tengah masyarakat tentang pernikahan. Maka buku ini sangat lengkap dan sangat cocok untuk kamu baca bersama dengan pasangan.

5. Bekal Pernikahan

Buku pernikahan adalah sebuah karya kontemporer terlengkap pertama yang secara khusus membahas mengenai seluk beluk hukum serta permasalahan pra pernikahan secara menyeluruh. Buku ini ditulis oleh seorang ulama asal Mesir yang memiliki kapasitas keilmuan yang sangat diakui di dunia Islam, dan sangat dihormati.

Buku ini berisikan tentang persiapan, tata cara, serta aturan agama yang harus ditempuh saat menjelang pernikahan. Mulai dari kiat memilih pasangan, mengajukan khitbah atau lamaran, sampai cara mempersiapkan dan menggelar resepsi pernikahan secara Islami.

Isi buku yang ditulis di dalamnya merujuk pada dalil-dalil yang ada di dalam al-Quran, petunjuk Rasulullah SAW, serta pendapat para fuqaha empat mazhab. Buku ini menjelaskan tentang pernikahan secara detail dan lengkap.

Itulah beberapa rekomendasi buku yang bisa menjadi panduan kamu untuk memulai jenjang pernikahan atau untuk kamu yang baru saja menikah. Semua rekomendasi buku ini bisa kamu pesan langsung di https://www.gramedia.com/.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon


Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.