Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menjadi Istri yang Baik Buat Kamu yang Baru Memasuki Bahtera Pernikahan

Kompas.com - 23/02/2022, 14:00 WIB
Sumber Gambar: Canva
Rujukan artikel ini:
Psikologi Pernikahan Menyelami Rahasia Pernikahan
Pengarang: Muhammad Iqbal, Ph.D.
Penulis Renny Novita
|
Editor Novia Putri Anindhita

Harapan seorang perempuan yang baru memasuki bahtera rumah tangga adalah menjadi seorang istri yang baik.

Jika melihat arti baik dalam KBBI, baik adalah apik, patut, teratur.

Seperti juga peran yang lain, orang yang bisa memainkan peran dengan baik adalah orang yang tahu apa yang harus dilakukan dan menjalankan perannya sebaik mungkin.

Berbicara tentang kualifikasi ideal, sudah banyak buku panduan bagaimana menjadi seorang istri yang baik.

Berikut beberapa hal yang bisa menjadi panduan untuk kamu, terutama yang baru saja memasuki bahtera pernikahan.

Cara Menjadi Istri yang Baik

1. Bersikap Sesuai dengan Norma yang Berlaku di Masyarakat dan Agama

Jika ketika lajang kamu mempunyai kewajiban menjaga nama baik keluarga dan nama kamu sendiri, sekarang kamu juga harus menjaga nama baik suami, sang kepala keluarga.

Terutama jika kamu pindah ke daerah atau bahkan ke negara lain mengikuti suami bertugas, ada baiknya mengenal norma tertulis maupun tidak tertulis yang berlaku di lingkungan kamu tinggal.

Hal seperti ini tidak bisa dianggap sepele karena kenyamanan kamu dan suami dapat tergantung dari ini.

2. Menjadi Partner yang Baik bagi Suami

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar bisa menjadi partner yang baik bagi suami, diantaranya:

  • Mengerti kebutuhan suami tapi tanpa mengindahkan kebutuhan kamu. Biarkan suami jika dia ingin pergi bersama teman-temannya, sebaliknya kamu juga bisa menghabiskan waktu bersama teman-temanmu.
  • Jika dia ingin menghabiskan waktu untuk hobi, sebaiknya kamu memberikannya. Ketika seseorang mempunyai kesukaan terhadap sesuatu, dia akan tumbuh berkembang dan kalian berdua yang akan memetik hasilnya.
  • Menjadi teman baik bagi suami. Sebaiknya kamu adalah tempat pertama dia tertawa dan berkeluh kesah. Begitu pula kamu harus bersikap terhadap dia.

3. Mengenal Bahasa Cinta Pasangan

Ada lima bahasa cinta, antara lain pujian dan kata-kata, sentuhan fisik, tindakan, memberi dan menghabiskan waktu bersama.

Mengetahui seperti apa bahasa cinta suami sebagai pasangan dapat membuat hubungan menjadi harmonis karena dia merasa dimengerti.

Kamu pun sebagai istri harus bisa mengkomunikasikan apa bahasa cinta kamu kepada suami agar wadah yang berisi kebutuhan cintamu juga selalu penuh dan tercukupi.

4. Komunikasi

Membina rumah tangga bukan hanya menyatukan dua hati di dalam ikatan suci pernikahan, melainkan menjalankan babak baru kehidupan dengan menyatukan visi dan misi yang sama.

Visi misi ini adalah tujuan jangka panjang dengan kalian sebagai pengemudi dalam satu tim yang bersama-sama bergerak ke arah yang kalian ingin tuju.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Agar sebuah pernikahan berhasil, perlu adanya komunikasi yang baik antara suami dan istri, sehingga kalian tidak saling salah menduga kalau kalian bergerak masing-masing dan ke arah yang berbeda.

5. Mengetahui Peran Istri di dalam Rumah Tangga

Memasuki peran baru sama halnya dengan memasuki tempat kerja baru.

Kamu harus mengenal apa tanggung jawab dan peran dalam rumah tangga.

Ruang lingkup pekerjaannya lebih dari sekadar manajer rumah tangga yang mengurus dari mulai keperluan suami (dan nanti anak jika sudah ada), mengatur keuangan keluarga, dan segala aktivitas di rumah, melainkan juga ada kebutuhan untuk menjadi pribadi yang lebih baik tanpa melupakan identitas kamu sebagai individu.

Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan agar bisa menjadi istri yang baik adalah dengan menjadi pribadi yang lebih baik dahulu.

Contohnya seperti tidak membesarkan masalah, sehingga bisa menurunkan tingkat ketegangan dan stres.

Segera bicara dengan suami untuk menyelesaikan masalah dibandingkan membicarakan tentang suami yang justru akan menjadikan masalah baru.

Akan lebih baik jika ketika ada masalah, kita membekali ilmu, salah satunya tentang memahami pernikahan.

Selain berkonsultasi dengan ahlinya, kamu juga bisa memilih alternatif untuk membaca buku bagus tentang pernikahan, seperti misalnya Psikologi Pernikahan Menyelami Rahasia Pernikahan.

Di dalam buku ini, kamu akan menyadari bahwa menyatukan dua manusia dengan karakter berbeda dapat menimbulkan friksi ketika perbedaan tersebut semakin tajam.

Kamu akan mendapatkan tips tentang bagaimana menghadapi berbagai masalah perkawinan agar biduk rumah tangga dapat tetap berjalan dalam menghadapi badai.

Buku Psikologi Pernikahan Menyelami Rahasia Pernikahan bisa kamu dapatkan di Gramedia.com atau toko Gramedia terdekat di kotamu.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com