Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Untuk Menerapkan Growth Mindset Agar Bisa Berkembang Lebih Baik

Kompas.com - 01/12/2022, 12:30 WIB
cara menerapkan growth mindset Sumber: pixabay cara menerapkan growth mindset
Rujukan artikel ini:
Mindset
Pengarang: Carol S. Dweck, Ph.d.
|
Editor Rahmad

Setiap harinya, seseorang terus mengalami pertumbuhan, begitu juga dengan pola pikirnya. Seiring dengan perkembangan zaman, maka perubahan juga akan terus terjadi. Oleh karena itu, supaya tidak mengalami ketertinggalan, kamu juga harus mengimbangi perubahan.

Cara untuk mengimbanginya adalah dengan mempunyai pola pemikiran growth mindset. Dengan begitu, pikiran kamu tidak akan berjalan di tempat, sehingga memungkinkan kamu untuk bisa meraih kesuksesan sesuai dengan harapan kamu.

Growth mindset sendiri merupakan sebuah pola pikir yang harus kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari, menjalani kehidupan ini sudah pasti akan selalu ada tantangan yang perlu untuk kamu hadapi.

Untuk itu, kamu haus mengetahui juga cara mengembangkan growth mindset. Dengan pola pikir yang berkembang, akan membantu kamu untuk bisa menikmati setiap tantangan yang datang kepadamu. Lalu, bagaimana cara menerapkan growth mindset ke dalam kehidupan kamu? Berikut cara yang dapat kamu lakukan.

Cara Menerapkan Growth Mindset

cara menerapkan growth mindset cara menerapkan growth mindset

1. Jangan jadikan kegagalan sebagai hambatan

Untuk dapat menerapkan pola pikir yang berkembang ini, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menanamkan di dalam diri kamu bahwa kegagalan bukan sebuah hambatan.

Terkadang, terdapat beberapa pekerjaan yang belum berhasil kamu selesaikan dengan baik, sebaiknya kamu jangan langsung menyalahkan diri kamu. Kamu perlu menyadari bahwa itu merupakan hal wajar yang bisa terjadi di setiap perjuangan.

Cara mengembangkan growth mindset juga kamu tidak perlu terlarut dalam kesedihan atau penyesalan. Akan lebih baik jika kamu terus belajar untuk memperbaiki diri, supaya tidak gagal untuk kedua kalinya.

2. Jangan takut dan ragu dalam mencoba sesuatu yang baru

Jika kamu ingin menerapkan pola pikir growth mindset, tentunya kamu harus selalu berani dalam mencoba melakukan suatu hal baru. Misalnya, kalau kamu selama ini sering menghindar saat diminta oleh pimpinan untuk melakukan presentasi karena kamu takut gagal.

Nah, sekarang menjadi waktu yang tepat untuk kamu bisa memberanikan diri dalam mencoba hal yang belum pernah atau belum biasa kamu lakukan. Itu menjadi salah satu bukti seseorang dalam melakukan cara mengembangkan growth mindset serta menerapkannya. Yaitu dengan berani melakukan hal baru yang selama ini kamu takutkan.

3. Berhenti meminta persetujuan orang lain

Salah satu hal yang dapat menghambat kamu dalam growth mindset adalah kebiasaan kamu yang selalu meminta persetujuan orang lain jika kamu ingin melakukan sesuatu. Untuk menghilangkan kebiasaan ini, kamu bisa belajar meningkatkan kepercayaan diri kamu.

Kamu harus selalu yakin dengan kemampuan yang kamu miliki. Satu-satunya orang yang berhak dan bertanggung jawab pada kehidupan kamu adalah diri kamu sendiri. Jadi, jangan biarkan orang lain mengaturnya.

4. Terbuka terhadap kritik dan saran

Saat kamu mengalami kegagalan saat sedang berjuang untuk mencapai tujuan, maka jangan pernah ragu untuk meminta kritik atau saran dari orang lain. Gunakan hal tersebut sebagai alat untuk mengevaluasi kinerja kamu selama ini.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Pastikan untuk kamu meminta kritik dan saran dari orang yang kompeten, ya. Dengan begitu, kritik dan saran ini bisa mendorong kamu menjadi semakin semangat dan kuat lagi dalam berjuang.

Jadi, cara mengembangkan growth mindset ini bisa membuat kamu memiliki sikap terbuka dan bisa berkembang menjadi lebih baik lagi.

5. Belajar dari kesalahan orang lain

Cara mengembangkan growth mindset adalah dengan belajar dari kesalahan orang lain, dengan cara tersebut, kamu bisa mulai belajar untuk tidak membuat kesalahan yang sama.

Secara bersamaan, kamu juga akan menjadi seseorang yang bisa menghargai proses yang sedang kamu lewati. Itulah cara menerapkan growth mindset.

Itulah 5 cara yang bisa kamu lakukan dalam menerapkan growth mindset. Dengan begitu, kamu bisa menuju kepada kesuksesan kamu dengan lebih mudah.

Untuk mengubah pola pikir kamu, kamu bisa membaca buku yang berjudul Mindset karya Carol S. Dweck, Ph.d.

Buku ini akan mengajak kamu menggarap inti masalah dari kesuksesan, yaitu pikiran. Buku ini juga mengontraskan secara apik tokoh dunia yang memiliki pola pikir tetap (fixed mindset) dan pola pikir tumbuh (growth mindset).

Ternyata, tokoh yang memiliki growth mindset mampu mempertahankan kesuksesannya dan mampu hidup dengan gembira. Sebab, mereka lebih menekankan pada proses belajar dan ikhtiar daripada mengandalkan bakat serta kecerdasannya.

Buku ini mengandung banyak sekali inspirasi yang bisa membuat kamu semakin optimis, gembira, dan terampil dalam mengembangkan kemampuan diri kamu. Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com