Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Keutamaan Shalat tahajud, Bahagia dan Berkah Hidup Dunia dan Akhirat

Kompas.com - 22/11/2022, 08:30 WIB
keutamaan shalat tahajud Photo by pixabay.com/ashiqraazz  keutamaan shalat tahajud
Rujukan artikel ini:
Dahsyatnya Shalat Tahajud : Meraih…
Pengarang: Irma Mutiara Sholiha
|
Editor Rahmad

Shalat tahajud adalah shalat sunnah yang memiliki keutamaan bagi mereka yang menunaikannya. Cara shalat tahajud yang dilakukan pada sepertiga malam ini tidak pernah ditinggalkan Nabi Muhammad SAW.

Mereka yang konsisten melakukannya akan memperoleh keutamaan shalat tahajud dari Allah. Diberinya kebahagiaan dan keberkahan hidup di dunia dan akhirat oleh Allah SWT.

Berdasarkan keutamaan shalat tahajud ini tentu sangat sayang disayangkan kalau kita melewatkan shalat tahajud. Namun, terkadang untuk melakukannya, kita kesulitan untuk bangun malam dan menunaikannya.

Keutamaan Shalat Tahajud

Shalat tahajud menyimpan berbagai kehormatan, keutamaan, keberkahan, kedamaian dan kebahagiaan sangat tinggi yang hanya bisa dirasakan oleh orang yang bersujud di hadapan Allah.

Berikut ini keutamaan shalat tahajud bagi mereka yang menunaikannya dengan khusyuk:

1. Membawa Ke Tempat Yang Terpuji Di Sisi Allah SWT

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sholat tahajud memiliki manfaat dan keutamaannya dengan tekun dan ikhlas, hanya untuk ridha Allah.

Memperoleh tempat yang terpuji, tempat yang istimewa di mata Allah SWT, merupakan impian yang patut dikejar oleh seorang muslim yang taat.

2. Mendekatkan Diri kepada Allah

Keutamaan shalat tahajud selanjutnya adalah dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT. Ini adalah kebiasaan orang-orang shaleh dengan mendekatkan diri pada Allah untuk memohon ampun padanya.

3. Menjadi Rendah Hati

Shalat tahajud adalah sebuah cerminan ketenangan pikiran dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Keheningan inilah yang dapat membuat kita jadi lebih rendah hati.

4. Percepatan Pencapaian dan Kepastian Tujuan

Karena doa-doa dan ikhtiar yang mengiringi shalat tahajud diberikan oleh Allah SWT, maka sholat tahajud harus dilakukan di samping usaha. Maka, Allah akan senantiasa memberi kita tujuan dan keamanan untuk membuat hidup kita lebih mudah.

5. Menjaga Ketampanan dan Kecantikan

Hampir semua orang di dunia ini mendambakan ketampanan dan kecantikan. Melalui terapi shalat tahajud, seseorang dapat mencapai apa yang diinginkannya tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.

Kepastian kecantikan melalui shalat tahajud tidak hanya menciptakan kecantikan lahiriah, tetapi juga kecantikan batin.

6. Bisa Menjaga Kesehatan

Sholat tahajud tidak diragukan lagi sebagai obat terbaik untuk berbagai penyakit. Oleh karena itu, mereka yang terbiasa tahajud memiliki daya tahan tubuh dan tidak mudah terserang penyakit.

7. Menghilangkan Rasa Malas dan Syahwat

Sholat tahajud adalah salah satu cara menghilangkan rasa malas dan syahwat. Melakukan shalat tahajud di pagi hari akan memudahkan seseorang dalam mempersiapkan diri untuk menyambut hari. Lagi pula, musuh terbesar manusia adalah rasa malas dan nafsu tersebut.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Melakukan sholat tahajud bisa menjadi sedikit sulit seperti pada saat seseorang tertidur lelap. Godaan untuk tidur pasti sangat besar pada masa itu.

Oleh karena itu, orang yang bangun dari tidurnya untuk melaksanakan shalat tahajud berarti telah memilih untuk menahan godaan.

8. Jadi Orang Istimewa Di Mata Allah

Barangsiapa yang melaksanakan sholat tengah malam dianggap sebagai orang yang Istimewa di mata Allah SWT. Hal ini karena shalat ini dilakukan pada malam hari dan merupakan waktu yang khusus dan khusyu bersama Allah SWT.

9. Mencegah Dosa dan Menghapus Kejahatan Diri

Sholat tahajud bisa mencegah seseorang untuk melakukan dosa dan bisa menghapus dosanya. Hal ini karena terjadi pada malam hari ketika banyak dosa dan kejahatan dapat terjadi di malam hari, seperti keserakahan untuk mencuri dan membunuh.

10. Usir Setan yang Menggodamu

Setan selalu mencoba mengganggu orang dengan berbagai cara. Salah satunya adalah memberikan bisikan dan godaan untuk tidak shalat tahajud seperti ingin tidur, saya lelah, dan lain sebagainya.

Dengan membiasakan shalat tahajud, ia berhasil mengusir setan-setan yang mengganggu shalatnya.

11. Bimbingan Husnul Khotimah

Semua makhluk hidup pasti mati. Husnul Khotimah akan menemukan kita masih dalam keadaan Islam ketika nyawa kita diambil oleh Allah SWT. Keadaan Husnul Khotimah ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan bagi orang-orang beriman.

Jika seseorang meninggal dalam keadaan Husnul Khotimah, pasti Allah akan menjamin kalau dirinya akan masuk surga. Mereka yang mengamalkan shalat tahajud akan selalu mengingat Allah.

Sebab, kematian akan datang kapan saja dan di mana saja tanpa dicegah atau disadari oleh manusia. Oleh sebab itu, dengan terus mengamalkan tahajud, diharapkan dapat mencapai Husnul Khotimah.

12. Diijabah Doanya

Sholat tahajud termasuk dalam Ibadah Sunnah Tama dan merupakan salah satu media yang paling efektif untuk menyampaikan keinginan kita kepada Allah SWT. Kita bisa berdoa dan berharap agar panggilan hidup sejahtera, keluarga damai dan iman yang kuat mengalir ke dalam diri kita.

Buku Dahsyatnya Shalat Tahajud : Meraih Kebahagiaan & Keberkahan yang ditulis Irma Mutiara Sholiha bisa kamu jadikan referensi belajar tentang keutamaan shalat tahajud. Ada banyak manfaat dari sholat sunnah ini jika ditunaikan.

Buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com