Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 8 Keutamaan Melaksanakan Shalat Bagi Umat Muslim

Kompas.com - 19/08/2022, 10:30 WIB
keutamaan shalat Photo by Levi Meir Clancy on Unsplash keutamaan shalat
Rujukan artikel ini:
Fadhilah 'Amal : Keutamaan Shalat,…
Pengarang: MAULANA MUHAMMAD ZAKARIYA AL-KANDAHLAWI
|
Editor Rahmad

Shalat lima waktu adalah ibadah wajib bagi umat islam. Kita manusia harus berlomba-lomba dalam beribadah dan berbuat kebaikan bagi sesama makhluk. Allah juga menjanjikan tempat terbaik disisi-Nya di akhir zaman bagi hamba-hambanya yang selalu berbuat baik kepada sesama dan beribadah dengan khusyuk setiap hari.

Umat muslim juga sebaiknya secepat mungkin untuk memberikan prioritas kepada ibdah ini. Sholat tepat waktu memiliki banyak keutamaan yang jarang disadari atau disepelekan orang. Sungguh, keutamaan yang Allah berikan kepada seorang hamba yang shalat tepat waktu ketika adzan dikumandangkan bukanlah hal biasa.

Keutamaan Melaksanakan Shalat

Memahami rukun shalat dan syarat sahnya saja belum cukup sebelum kamu benar-benar melaksanakannya. Kebiasaan sholat lima waktu bagi sebagian orang mungkin masih sulit dilakukan.

Padahal ada keutamaan melaksanakan shalat bagi umat muslim yang dijanjikan oleh Allah seperti berikut ini:

1. Shalat Tepat Waktu Lebih Dicintai Allah Melebihi Berbakti pada Orang Tua dan Berjihad

Berdasarkan Hadist Riwayat Bukhari Muslim menyebutkan bahwa, “Amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah shalat pada waktunya, berbakti kepada orang tua dan jihad di jalan Allah.”

Hal ini membuktikan bahwa Allah sangat mencintai shalat tepat waktu sebagai bentuk kecintaanmu kepada Allah yang menciptakan hamba-hamba-Nya. Itu artinya kamu akan mengingat dan mengutamakan panggilan Allah kepada dunia dan segera mengesampingkan sisa masalah dunia.

2. Dapat Tempat Di Surga

Diriwayatkan oleh Abu Daud dari Abu Qatadah bin Rib'i mengungkapkan bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda:

“Allah Ta’ala berfirman: “Sesungguhnya Aku mewajibkan umatmu sholat lima waktu, dan Aku berjanji bahwa barangsiapa yang menjaga waktu-waktunya pasti Aku akan memasukkannya ke dalam surga, dan barangsiapa yang tidak menjaganya maka dia tidak mendapatkan apa yang aku janjikan”.

Kecintaan Allah kepada hamba-hamba-Nya yang sering shalat tepat waktu, juga dibuktikan dengan janji-Nya untuk mengganjar mereka berupa surga. Kebahagiaan adalah keindahan surga yang abadi di akhirat.

Disiapkan Allah bagi hamba-hamba-Nya yang selalu mengingat-Nya dan menyegerakan shalat di awal waktu. Allah tidak pernah mengingkari janji-Nya kepada hamba-hamba-Nya.

Oleh karena itu, selalu shalat lima waktu adalah salah satu cara agar kita, hamba-hamba Allah, mendapat pahala dalam bentuk surgawi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Dosanya Diampuni Bagai Daun yang Berguguran

Allah akan mengampuni dosa hamba-hamba-Nya jika mereka ikhlas dan tepat waktu dalam shalatnya. Seberapa besar Allah mengasihi mereka yang mengesampingkan hal-hal di dunia ini?

Bertemu Tuhan di waktu yang terbaik adalah di awal waktu, atau saat adzan pertama kali dikumandangkan.

4. Dapat Pahala Kebaikan yang Amat Besar

Dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: “…Seandainya orang-orang mengetahui pahala adzan dan barisan sholat (shaf) pertama, lalu mereka tidak akan memperolehnya kecuali dengan ikut undian, niscaya mereka akan burundi. Dan seandainya mereka mengetahui pahala menyegerakan shalat pada awal waktu, niscaya mereka akan berlomba-lomba melaksanakannya. Dan seandainya mereka mengetahui pahala shalat Isya dan Subuh, niscaya mereka akan mendatanginya meskipun dengan jalan merangkak.” (HR. Bukhari)

5. Dapat Kemuliaan

Utsman bin ‘Affan RA berkata: “Barang siapa selalu mengerjakan sholat lima waktu tepat pada waktu utamanya, maka Allah akan memuliakannya dengan sembilan macam kemuliaan, yaitu dicintai Allah, badannya selalu sehat, keberadaannya selalu dijaga malaikat, rumahnya diberkahi, wajahnya menampakkan jati diri orang shalih, hatinya dilunakkan oleh Allah, dipermudah saat akan menyeberang Shirath (jembatan diatas neraka) seperti kilat, dia akan diselamatkan Allah dari api neraka dan Allah Akan menempatkannya di surga kelak bertetangga dengan orang-orang yang tidak ada rasa takut bagi mereka dan tidak pula bersedih hati.

6. Mengangkat Derajat Seorang Hamba

“Barangsiapa bersuci di rumahnya lalu dia berjalan menuju salah satu dari rumah Allah (yaitu masjid) untuk menunaikan kewajiban yang telah Allah wajibkan, maka salah satu langkah kakinya akan menghapuskan dosa dan langkah kaki lainnya akan meninggikan derajatnya.” (HR Bukhari dari Abu Hurairah RA).

7. Shalat Jadi Cahaya di Dunia dan AKhirat

”Kesucian itu separuh dari iman, (ucapan) Alhamdulillah (Segala puji hanya bagi Allah) memenuhi timbangan, (ucapannya) Subhanallah (Maha Suci Allah), dan Alhamdulillah (Segala Puji hanya bagi Allah) keduanya memenuhi apa yang ada di antara langit dan bumi, shalat adalah cahaya.”(HR Bukhari dan Muslim dari Abu Malik Al Asy’ari RA).

8. Didoakan Malaikat

Malaikat senantiasa akan mendoakan seseorang selama berada di tempat sholatnya dan belum berhadas. Malaikat berkata, “Ya Allah ampunilah dia, ya Allah rahmatilah dia.”

Buku Fadhilah ‘Amal: Keutamaan Shalat, Puasa Ramadhan, dan Al-quran yang diyulis Maulana Muhammad Zakariyya Al-kandahlawi mengupas seputar keuntungan mengerjakan shalat. Buku ini juga dilengkapi dalil-dalil al-Quran dan as-Sunnah tentang keutamaan ibadah wajib tersebut.

Shalat adalah ibadah utama yang perlu dipahami oleh umat muslim. Itulah sebabnya buku ini tentu cocok untuk kamu yang ingin belajar tentang rukun shalat, sunnah, dan dasar hukum lainnya yang lengkap tentang shalat.

Buku ini sendiri bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com