Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Quotes Islami yang Dikutip dari Beberapa Ayat Suci Al-Qur’an, Mampu Berikan Kedamaian Hati

Kompas.com - 15/06/2022, 12:00 WIB
Rujukan artikel ini:
Daily Dose Of Light
Pengarang: A. Fuadi
|
Editor Ratih Widiastuty

Kehidupan kerap memberikan ujian, sehingga kita merasa lelah, khawatir, dan mengeluh akan dinamika dunia yang seolah-olah mempermainkan umat manusia.

Faktanya, kehidupan tidaklah serumit apa yang digambarkan manusia, tapi perilaku manusia itu sendirilah yang memperumit kehidupannya.

Ketika kita mulai mempersulit kehidupan dengan berbagai hawa nafsu yang ada, jalan yang bisa kita pilih ialah dengan kembali mengingat agama dan Tuhan yang Maha Esa.

Bagi umat Islam, salat dan membaca Al-Qur’an adalah obat paling mujarab untuk meredakan tekanan kehidupan yang sangat menyiksa.

Melalui salat, kita bisa berkeluh kesah sekaligus meminta pertolongan dengan berdoa kepada Allah SWT, dan tidak lupa juga untuk selalu mengucap syukur akan berkah dan rahmat yang sudah kita peroleh dari-Nya.

Dengan membaca Al-Qur’an, kita juga bisa menemukan kedamaian dan ketenangan melalui ayat-ayat suci yang terdapat di dalamnya.

Setiap ayat yang ada di dalam Al-Qur’an mampu menjadi penerang yang membimbing umat-Nya untuk selalu berada di jalan yang benar seberat apa pun masalah yang dihadapi.

Mungkin bagi sebagian besar dari kita masih sangat jarang membaca dan mendalami makna yang ada di dalam ayat-ayat suci Al-Qur’an, tapi tidak ada salahnya bagi kamu untuk mulai membacanya setelah ibadah salat untuk mendapatkan ketenangan hati.

Agar kamu dapat lebih bersemangat lagi untuk rajin membaca kitab suci Al-Qur’an, baca beberapa quotes Islami berikut ini yang dikutip dari ayat-ayat suci Al-Qur’an.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium


Baca juga: Motto Hidup Islami


Quotes Islami dari Beberapa Ayat Suci Al-Qur’an

  • “Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (Q.S Al-Insyirah: 5-6)
  • “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.” (Q.S. Ibrahim [14:7])
  • “Jangan kamu merasa lemah dan jangan bersedih, sebab kamu paling tinggi derajatnya jika kamu beriman.” (Q.S. Ali Imran: 139)
  • “Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk.” (Q.S. Huud: 114)
  • “Agar kamu tidak bersedih hati terhadap apa yang luput dari kamu dan tidak pula terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai terhadap orang yang sombong dan membanggakan diri.” (Q.S Al-Hadid: 23)
  • “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” (Q.S Al-Baqarah: 286)
  • “Dan barangsiapa berbuat kesalahan atau dosa, kemudian dia tuduhkan kepada orang yang tidak bersalah, maka sungguh dia telah memikul suatu kebohongan dan dosa yang nyata.” (Q.S An-Nisa': 112)
  • “Dan berbuat baiklah karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.” (Q.S Al-Baqarah: 195)
  • “Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.” (Q.S Al-Hadid: 20)
  • “Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?” (Q.S Ar-Rahman)
  • “Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan salat. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (Q.S Al-Baqarah: 153)
  • “Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena ulah tangan manusia.” (Q.S Ar-Rum: 41)
  • “Tiap-tiap yang berjiwa pasti akan merasakan mati.” (Q.S Ali Imran: 185)
  • “Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong.” (Q.S An-Nahl: 23)
  • “Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang bingung, lalu Dia memberikan petunjuk.” (Q.S Ad-Duha: 7)
  • “Maka jangan sekali-kali membiarkan kehidupan dunia ini memperdayakan kamu.” (Q.S Fatir: 5)
  • “Tetapi kalian lebih memilih kehidupan dunia. Padahal kehidupan akhirat lebih baik dan lebih kekal.” (Q.S Al-A'la: 16-17)
  • “Sesungguhnya Allah tidak berbuat zalim kepada manusia sedikit pun, akan tetapi manusia itulah yang berbuat zalim kepada diri mereka sendiri.” (Q.S Yunus: 44)

Baca juga: Kata Mutiara Pagi Hari Islami


Semoga beberapa ayat suci Al-Qur’an ini bisa menjadi sumber penenang dan pengingat bagi kamu, untuk selalu bisa menjalani dan mensyukuri setiap lika-liku kehidupan ini.

Namun, jika kamu menginginkan lebih banyak lagi ayat-ayat suci Al-Qur’an yang bisa menjadi obat penenang hati dan jiwa, buku ini akan sangat cocok untuk kamu miliki dan baca.

Buku Daily Dose of Light yang ditulis oleh salah satu penulis best seller Indonesia, A. Fuadi, berisi kutipan-kutipan ayat suci Al-Qur’an yang disertai dengan ilustrasi yang asyik dan memanjakan netra.

Selain mampu menjadi obat penenang dengan membaca kutipan-kutipan ayat suci Al-Qur’an di dalamnya, ilustrasinya pun turut serta membuat lebih terang, tenang, senang, dan lapang.

Dalam sekali duduk, kamu akan menemukan ketenangan batin yang luar biasa membantu menjernihkan pikiran, dan memperingan beban kehidupan yang mampu dikemas dengan apik melalui buku yang sederhana, tapi dampaknya sangatlah luar biasa.

Buku ini bisa kamu beli di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com