Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Jenis Kucing Peliharaan yang Paling Menggemaskan dan Mudah Untuk Dirawat

Kompas.com - 30/10/2022, 12:30 WIB
jenis kucing peliharaan yang populer Sumber: nationalgeograpgic.com jenis kucing peliharaan yang populer
Rujukan artikel ini:
Ng Kucingpedia
Pengarang: STEPHANIE WARREN DRIMMER &…
|
Editor Rahmad

Jika kamu termasuk penyayang binatang, kamu bisa mencoba untuk memelihara kucing. Kira-kira, jenis kucing peliharaan apa yang cocok bagi pemula?

Kucing adalah jenis hewan penyayang seperti anjing. Sebuah riset yang dilakukan oleh scientificamerican mengungkapkan bahwa kucing mempelajari sendiri cara mereka mengeluarkan bunyi meow yang dapat menarik perhatian manusia.

Ketika kucing mengeluarkan suara itu, artinya kucing mengajak kepada manusia untuk bermain atau ia meminta atensi dari manusia tersebut.

Jika kamu tertarik memelihara kucing, maka berikut ini adalah jenis kucing peliharaan yang paling menggemaskan dan juga mudah untuk dirawat, yang bisa menjadi pilihan kamu yang pemula untuk merawatnya di rumah.

Jenis Kucing Peliharaan yang Menggemaskan dan Mudah Dirawat

1. Kucing Ragdoll

kucing ragdoll kucing ragdoll

Kucing ragdoll adalah jenis kucing peliharaan yang populer karena sangat menyukai manusia. Saking sukanya, jenis kucing ini sering mengikuti pemiliknya di sekitaran rumah dari pagi sampai malam.

Kalau kamu mencari sahabat dengan bulu yang semi panjang dan berat sekitar 6 kg yang selalu mengikuti kamu, maka jenis kucing ini bisa menjadi pilihan untuk menjadi belahan jiwa kamu.

2. Kucing Maine Coons

kucing maine coons kucing maine coons

Jenis kucing maine coon terkenal dengan ukurannya yang besar, beratnya mencapai 13 kg. Namun, alasan lain mereka menjadi kucing ras yang populer adalah karena kepribadian kucing ini yang begitu ramah. Jenis kucing ini sangat suka bermain dan juga bergabung dengan pemiliknya apapun yang dilakukan.

3. Kucing Siamese

kucing siamese kucing siamese

Jenis kucing Siamese ini berkembang biak dengan sangat cantik. Jenis kucing ini mempunyai mata yang cerah dan memiliki bulu berwarna coklat yang khas pada bagian ekornya dan anggota tubuhnya.

Jenis kucing ini cenderung mempunyai kepribadian yang sangat santai. Mereka lebih suka berada di pangkuan pemiliknya daripada membuat masalah.

4. Kucing American Shorthairs

kucing american shorthairs kucing american shorthairs

Jenis kucing American Shorthairs ini mempunyai masa hidup yang lama. Sehingga, jenis kucing ini dapat menjadi pilihan yang tepat kalau kamu ingin memelihara kucing untuk bisa tumbuh bersama kamu.

Jenis kucing ini juga dikenal sangat manis dengan anak-anak dan juga hewan lainnya sama seperti anjing. Jenis kucing ini juga termasuk hewan yang mudah untuk dirawat. Itu artinya, jenis kucing ini cocok untuk kamu yang pemula dalam urusan memelihara kucing.

5. Kucing Sphinxes

kucing sphinxes kucing sphinxes

Jenis kucing ini termasuk ke dalam jenis kucing yang tidak berbulu. Karena tidak memiliki bulu, maka sekilas kucing ini terlihat jahat, walaupun nyatanya tidak demikian. Untuk kamu yang alergi dengan bulu kucing, jenis kucing ini bisa menjadi solusi.

Kucing sphynx termasuk jenis kucing yang menyukai perhatian dari orang-orang dan cenderung nakal saat ingin mencuri perhatian. Namun, selama kamu bersedia untuk menggaruk telinga kucing ini, maka dia akan baik-baik saja.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

6. Kucing Scottish Fold

kucing scottish fold kucing scottish fold

Mungkin kamu sudah akrab dengan jenis kucing yang satu ini yang dikenal dengan lipatan Skotlandia. Nama kucing Scottish Fold didapat dari telinga mereka yang berlipat. Jenis kucing ini adalah kucing yang memiliki ukuran berat sedang, yaitu 4 sampai 6 kg saja.

Mereka seperti terobsesi dengan pemiliknya. Kucing ini hidup untuk kasih sayang manusia dan tidak takut akan adanya suara keras. Artinya, jenis kucing ini sangat cocok untuk kamu yang tinggalnya di kota-kota besar.

7. Kucing Somali

kucing somali kucing somali

Kucing somali mempunyai bulu ombre yang khas yang memiliki empat warna yang menawan. Somalia berkembang pesat saat mereka mempunyai tuan yang mudah untuk diandalkan dan bisa memberikan banyak perhatian pada mereka. Jenis kucing ini juga sangat suka bermain dan sangat pintar.

8. Kucing Persians

kucing persians kucing persians

Jenis kucing ini sangat lucu dan memiliki paras seperti boneka. Ras kucing ini yang paling populer, karena cantik dan mempunyai kepribadian yang sangat manis. Terkadang, jenis kucing ini butuh waktu untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan baru.

Namun, mereka bisa sedikit tenang saat mereka sudah merasa nyaman di rumah tuannya. Kucing ini mempunyai bulu yang tebal, sehingga kamu harus sering menyikatnya.

9. Abyssiians

abyssiians abyssiians

Jenis kucing ini sangat cantik dan populer karena kejeniusannya. Selain itu, jenis kucing ini termasuk salah satu ras kucing yang tertua di dunia. Satu hal yang perlu kamu tahu bahwa jenis kucing ini bukan yang paling suka diemong. Mereka menyukai persahabatan manusia, tetapi mereka akan menunjukkannya hanya saat ada di dekat kamu.

10. Birmans

birmans birmans

Jenis kucing ini mudah sekali untuk dikenali karena memiliki mata biru yang khas dengan hidung coklatnya yang sangat manis. Jenis kucing ini mempunyai berbagai warna, tetapi biasanya mereka semua terlahir berwarna putih.

Kucing ini mempunyai warna bulu yang berbeda ketika mereka dewasa, kucing ini sangat manis dan pendiam, serta mudah untuk bergaul.

Itulah 10 jenis kucing yang menggemaskan dan mudah untuk dirawat jika kamu ingin memelihara kucing. Untuk kamu yang ingin mengetahui berbagai jenis kucing yang ada di seluruh dunia, kamu bisa membaca buku Ng Kucingpedia.

Buku ini menampilkan aneka kucing ras beserta dengan deskripsi lengkap mengenai kucing tersebut. Terdapat juga foto kucing serta cara memelihara kucing tersebut. Di dalamnya juga terdapat berbagai cerita dan informasi tentang kucing dan kerabatnya. Yang jelas, semuanya sangat menggemaskan.

Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com