Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Review Buku Kita Pergi Hari Ini: Anak-Anak dan Kucing dalam Fantasi

Kompas.com - 01/02/2023, 10:28 WIB
Buku Kita Pergi Hari Ini Sumber Gambar: Canva Buku Kita Pergi Hari Ini
Rujukan artikel ini:
Kita Pergi Hari Ini
Pengarang: Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie
|
Editor Almira Rahma Natasya

Tak punya cukup waktu dan uang untuk membiayai tiga anak dalam satu keluarga, sepasang suami istri memutuskan untuk memanggil pengasuh untuk menjaga anak-anak mereka selagi mereka bekerja dari siang sampai malam.

Tapi bagaimana jika anak-anak yang dijaga adalah anak-anak yang tidak biasa dan pengasuhnya lebih tidak biasa?

Dalam 185 halaman, Anda akan terpukau oleh dunia absurd nan menakjubkan gubahan Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie dalam buku Kita Pergi Hari Ini.

Petualangan Ajaib di Kota Ajaib dalam Buku Kita Pergi Hari Ini

Kisah dalam buku ini dibuka dengan memperkenalkan sebuah kota yang diberi nama Kota Suara yang dihuni banyak anak-anak bersuara berisik.

Salah satu keluarga yang tinggal di kota tersebut adalah keluarga Bapak dan Ibu Mo, serta ketiga anaknya, yaitu Mi Si Sulung, Ma Anak Kedua, dan Mo Yang Paling Kecil.

Dikisahkan bahwa Bapak dan Ibu Mo tidak punya cukup uang dan waktu untuk mengurus sendiri ketiga anaknya.

Mereka juga tidak bisa membayar pengasuh dari Kota Suara, sehingga mereka membutuhkan ‘Cara Lain’ untuk menjaga ketiga anaknya.

Yang dimaksud dengan Cara Lain ternyata adalah pengasuh, dan pengasuh tersebut adalah Kucing Luar Biasa dari Kota Terapung Kucing Luar Biasa, bernama Nona Gigi.

Nona Gigi kemudian menemani ketiga anak tersebut bermain setiap harinya, memberi mereka makan, menemani mereka tidur, dan mengajari mereka banyak hal.

Serba-serbi kelakuan ketiga bersaudara Mo dihadapi Nona Gigi dengan sabar dan perhatian.

Mi Si Sulung adalah anak yang sangat nakal dan rewel, Ma Anak Kedua adalah anak perempuan yang sangat manis, dan Mo Yang Paling Kecil adalah bayi serbatahu yang berbicara dalam bahasa Perancis.

Ketiga anak ini lalu berkenalan dengan anak kembar yang baru menjadi tetangga mereka, bernama Fifi dan Fufu.

Suatu hari, bersama Nona Gigi, kelima anak ini kemudian melakukan perjalanan ke kota asal Nona Gigi, yaitu Kota Terapung Kucing Luar Biasa.

Deskripsi perjalanan mereka sungguh luar biasa ajaib.

Mereka bertransportasi dengan Kereta Air, melalui Dapur Pertama dan Dapur Kedua, singgah di Sirkus Sendu, kemudian naik Air untuk sampai ke Kota Terapung Kucing Luar Biasa.

Kisah petualangan mereka lalu ditutup dengan penemuan kelima anak tersebut akan sesuatu yang ganjil di Kota Terapung Kucing Luar Biasa.

Siapakah Nona Gigi sebenarnya? Apa yang mereka temukan di Kota Terapung Kucing Luar Biasa?

Unsur kejutan dalam perjalanan mereka sukses membuat para pembaca ternganga!

Hal-Hal Menarik dalam Buku Kita Pergi Hari Ini

Jika Anda sudah pernah membaca buku-buku Ziggy, Anda tentu tidak akan terkejut atau kesulitan memahami narasi dari penulis unik ini.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Namun, jika ini kali pertama Anda berkenalan dengan karya Ziggy, jangan khawatir karena kepiawaian Ziggy mengolah kata takkan mengecewakan Anda.

Ziggy memiliki kemampuan untuk mendeskripsikan fantasinya dengan narasi yang unik dan enak dibaca.

Ketika membaca kalimat demi kalimat, gambaran akan apa yang sedang berlangsung dalam cerita akan membuat Anda sendiri takjub.

Lima karakter utama dalam cerita ini, Mi, Ma, Mo, Fifi, dan Fufu, memiliki karakter yang ajaib dan lucu.

Kelakuan-kelakuan mereka mewakili kelakuan anak-anak pada umumnya, nakal, kepo, sok tahu, manis, sopan, semuanya digambarkan pada kelima karakter utama ini.

Kemudian karakter Kucing Luar Biasa yang digambarkan sebagai makhluk superior di ‘dunia’ ini juga mudah dibayangkan, karena selain dilengkapi ilustrasi, kelakuan Kucing Luar Biasa ini juga mirip manusia.

Hal yang paling unik dari buku ini adalah footnote yang menjelaskan beberapa hal ajaib yang Ziggy ciptakan.

Ia mengarang-ngarang suatu fakta absurd dan menjelaskan dengan absurd bagaimana hal itu bisa terjadi.

Adanya footnote ini justru menjadi faktor menarik yang akan menarik minat Anda untuk terus membaca.

Memahami Anak-Anak dari Dua Sudut Pandang melalui Buku Kita Pergi Hari Ini

Dalam bukunya ini, Ziggy membuat kita melihat anak-anak dari dua sudut pandang, yaitu sudut pandang anak-anak dan sudut pandang orang tua.

Kita terkadang melihat kelakuan anak-anak menjengkelkan, padahal mereka sendiri tidak mengerti bahwa apa yang mereka lakukan menjengkelkan.

Ziggy seakan mengingatkan pada kita, bahwa jurang yang memisahkan sudut pandang anak-anak dan sudut pandang orang tua sangatlah besar.

Sebagai orang yang lebih tua, selayaknya kitalah yang berusaha untuk menyamakan sudut pandang kita, kemudian mengajarkan mereka hal yang benar.

Dalam cerita ini, keresahan Ziggy tentang anak-anak yang ditelantarkan juga tersirat dan menambah nilai luar biasa dalam buku ini.

Buku Kita Pergi Hari Ini karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie adalah karya yang sangat unik dan menghibur.

Lagi-lagi, Ziggy berhasil membuat pembaca tersenyum, tertawa, sedih, dan terkejut ketika membaca cerita yang ia sajikan.

Membaca buku ini akan memberikan Anda pengalaman membaca yang sama sekali baru dan sangat segar, serta memperkenalkan Anda pada gaya bercerita Ziggy yang unik, yang akan membuat Anda ketagihan!

Segera dapatkan buku ini di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com