Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Review Buku Mirai, Kehadiran Anggota Keluarga Baru yang Membawa Kecemburuan

Kompas.com - 27/03/2022, 18:00 WIB
|
Editor Ratih Widiastuty

Biasanya, saat ada kehadiran anggota keluarga yang baru lahir akan membawa kebahagiaan bagi anggota keluarga lainnya.

Tapi tidak demikian dengan seorang bocah kecil yang biasanya menganggap hadirnya adik dalam hidup justru malah akan menyedot atensi orang tuanya.

Anak kecil biasanya belum mengerti akan perasaan berbagi dan memberi, sehingga di saat muncul sosok bayi di kehidupannya, mereka langsung merasa marah dan cemburu.

Hal ini juga yang coba diperlihatkan dalam novel Mirai yang ditulis oleh Mamoru Hososda, di mana sang tokoh utama, Kun, seorang balita yang harus menerima kehadiran adik bayi perempuan bernama Mirai yang mulai mencuri perhatian kedua orang tuanya.

Sebelum diadaptasi menjadi sebuah novel, Mirai sendiri sudah terlebih dahulu dibuat dalam bentuk visual, yakni film animasi yang terbilang sukses di pasaran yang disutradarai oleh Mamoru Hosoda sendiri.

Tidak mengherankan jika Mirai dialihwahanakan ke dalam bentuk novel, sebab memang kekuatan cerita yang ada di dalamnya mampu memberikan emosi yang kuat, baik dalam bentuk visual maupun tulisan.

Menariknya, cerita yang dihadirkan dalam bentuk tulisan justru terasa lebih menantang untuk dirasakan, sebab tidak adanya bentuk visual mengharuskan pembaca untuk berimajinasi di dalam benak akan berbagai kejadian yang memunculkan emosi selama proses membaca.

Sinopsis Novel Mirai

Bercerita tentang sebuah keluarga kecil yang tinggal di kota Isogo, Jepang, yang terdiri dari ayah, ibu, dan seorang anak laki-laki bernama Kun yang mendapatkan perhatian sekaligus kasih sayang berlimpah dari kedua orang tuanya tersebut.

Namun, saat Kun memasuki usia empat tahun, Mirai muncul dalam kehidupannya sebagai adik perempuan yang baru lahir ke dunia.

Menurut pandangan Kun, Mirai telah mencuri perhatian serta kasih sayang orang tuanya dari dirinya.

Untuk mendapatkan kembali atensi kedua orang tuanya, Kun pun mulai berulah dan bertingkah dengan membuat hal-hal yang memicu amarah kedua orang tuanya, bahkan Kun sampai tega untuk menyakiti Mirai demi mendapatkan perhatian orang tuanya yang mulai teralihkan dengan kehadiran Mirai.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Hingga suatu hari, muncul sosok Mirai dari masa depan yang sudah beranjak remaja untuk memberitahu Kun jika sikapnya yang sering merajuk dan berulah adalah tindakan yang salah dan keliru.

Mirai yang muncul dari masa depan ingin menunjukkan kepada Kun jika penilaiannya selama ini terhadap keluarganya adalah salah besar, dan Kun bisa tahu serta memahami apa yang dilakukan kedua orang tuanya selama ini untuk membuat Kun bahagia, alih-alih mengabaikannya hanya karena kehadiran Mirai.

Pada akhirnya, dimulailah petualangan Kun dan Mirai di dunia ajaib yang absurd untuk membuka mata dan hati Kun yang tertutup rasa iri dan cemburu terhadap Mirai, agar mampu melihat ketulusan dan kasih sayang sesungguhnya yang diberikan keluarganya selama ini.

Review Novel Mirai

Mirai berhasil memadukan dua cerita yang berbeda antara slice of life dengan sedikit unsur fantasi di dalamnya, yang mampu membawa pembaca ke kondisi emosi yang bergejolak dengan melihat tingkah laku Kun yang menggemaskan sekaligus bikin mengurut dada.

Membaca Mirai akan memberikan efek mendamaikan hati dan pikiran, dengan melihat tingkah polos Kun dan keluarga kecilnya yang hangat, sederhana, dan penuh kasih sayang, sehingga aura harmonis yang ditunjukkan seakan mampu tersalurkan dengan baik pada pembaca.

Novel ini dapat kamu baca dalam sekali duduk saja, sebab ceritanya yang ringan dan sederhana akan mampu menghipnotis sekaligus membuat candu untuk dapat terus dibaca serta dinikmati, sehingga rasanya tidak dibutuhkan durasi waktu yang lama untuk melahap habis jalan ceritanya.

Mirai adalah jenis bacaan yang bisa dinikmati oleh siapa saja, karena ceritanya sendiri terasa dekat dan hangat.

Apalagi jika sudah berhubungan dengan keluarga, sudah bisa dipastikan akan melibatkan air mata di dalamnya.

Di saat kamu membutuhkan rehat dan ketenangan di tengah hiruk pikuk kehidupan, rasanya Mirai akan menjadi bahan bacaan yang cocok untuk dicoba, sebab kesederhanaan yang ditawarkan seakan mampu menjadi obat penenang yang mendamaikan hati dan pikiran.

Bagi kamu yang ingin membaca Mirai, buku ini bisa langsung dipesan di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com