Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Review Novel Ours, Saat Pilihan Menjadi Childfree Dianggap Menyalahi Kodrat

Kompas.com - 07/04/2022, 19:00 WIB
Sumber Gambar: instagram.com/adrindia
Rujukan artikel ini:
Metropop: Ours
Pengarang: ANDRINDIA RYANDISZA
|
Editor Novia Putri Anindhita

Keputusan sepasang suami istri untuk memiliki ataupun tidak memiliki anak adalah hak yang seharusnya dapat dihargai, baik oleh orang-orang terdekat, termasuk keluarga.

Isu tentang childfree atau keputusan yang dibuat bersama pasangan untuk tidak memiliki anak menjadi topik yang banyak diperbincangkan saat ini.

Isu ini tampak sangat menarik untuk dikembangkan dalam sebuah cerita fiksi, yang pastinya akan memberi dampak dan sudut pandang baru untuk pembaca mengenai jalan hidup seseorang.

Novel Ours mampu menyuguhkan itu semua lewat kisah Prita dan Andi yang mungkin bagi sebagian besar masyarakat Indonesia masih terbilang tabu untuk membicarakan ataupun menerima konsep childfree, yang sebenarnya sudah menjadi hal yang lumrah di luar negeri.

Bagi kebanyakan orang Indonesia, menikah sudah pasti bertujuan untuk melahirkan keturunan alias memiliki anak, sehingga jika mendengar keputusan childfree, pastinya akan terasa janggal dan tidak biasa untuk diterima atau dibicarakan.

Ours sepertinya bisa menjadi media yang tepat untuk mendorong masyarakat Indonesia untuk mengenal keputusan untuk tidak memiliki anak alias childfree, karena setiap keputusan tersebut adalah mutlak hak seorang individu ataupun pasangan yang menjalankan sebuah hubungan.

Tidak ada yang salah mengenai memiliki anak maupun tidak, sebab yang menjalankan kehidupan tersebut adalah pihak yang bersangkutan, dan sebagai orang luar kita tidak berhak untuk menilai baik atau buruknya keputusan tersebut.

Sinopsis Ours

Ours bercerita tentang hubungan antara Prita dan Andi yang sebelum menikah telah mengambil keputusan untuk tidak memiliki anak alias childfree.

Namun, keputusan mereka itu nyatanya belum diutarakan kepada pihak keluarga Andi yang teramat sangat menginginkan mereka untuk segera mempunyai anak.

Sementara di pihak keluarga Prita sendiri sebenarnya tidak mempermasalahkan keputusannya untuk menjadi childfree, sebab hubungan antara Prita dan ibunya bisa dibilang buruk dan hanya menyisakan luka masa lalu yang membuat Prita memiliki trauma.

Maka tidak heran saat Prita mengutarakan keinginannya pada Andi untuk tidak memiliki anak ketika mereka nantinya sudah menikah.

Untungnya Andi merupakan sosok laki-laki yang pengertian dan memahami alasan Prita ingin menjadi childfree.

Namun nyatanya, keputusan mereka itu ditentang habis-habisan oleh pihak keluarga Andi, khususnya ibu Andi, yang sangat menginginkan cucu.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Padahal ibu Andi sendiri sudah memiliki cucu dari kakak Andi, tapi akibat tekanan lingkungan, ibu Andi tetap “kekeuh” jika Prita harus mengandung.

Di tengah dilema yang sedang dialami Prita dan Andi, muncul masalah lainnya yang semakin menguji prahara rumah tangga mereka yang semakin intens diberi ujian bertubi-tubi.

Mampukah Prita dan Andi melalui ini semua? Akankah keputusan mereka untuk menjadi childfree berubah?

Ulasan atau Review Buku Ours

Ours mempunyai tema yang segar dan berbeda dalam menyuguhkan cerita romansa dewasa, sebab isu tentang childfree sendiri rasanya masih terasa sangat tabu dibicarakan oleh masyarakat Indonesia.

Tema seperti ini bisa menambah insight atau sudut pandang baru bagi pembaca tentang keputusan untuk menjadi childfree yang mungkin terasa tidak biasa bagi budaya kita, tapi nyatanya ini bukan soal budaya, melainkan hak seseorang terhadap tubuh mereka.

Penulis seakan mampu menegaskan jika memiliki anak adalah tanggung jawab yang besar dan bukan hanya sekadar ajang pamer atau coba-coba agar bisa diterima serta diakui oleh lingkungan sekitar.

Keputusan Prita dan Andi tampak realistis karena ada luka di masa lalu Prita yang menguatkan keputusan mereka untuk menjadi childfree.

Ours ditulis dan dikemas dengan cara yang ringan dan sederhana, tapi mampu mengeksplorasi tema yang dewasa dengan cita rasa yang baru dan berbeda.

Tema yang diangkat dalam Ours bisa dibilang mampu menjadi angin segar bagi novel lokal yang biasanya hanya mengangkat tema yang itu-itu saja.

Jika kamu membutuhkan bahan bacaan yang baru dan menarik, Ours sepertinya akan cocok untuk dinikmati, sebab di dalamnya terdapat sebuah makna kehidupan yang membuka mata kita bahwa menikah tidak hanya sekedar untuk memiliki anak belaka.

Novel Ours bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com sekarang juga!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com