Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rekomendasi Novel Remaja untuk Mengisi Waktu Luang

Kompas.com - 05/11/2021, 18:00 WIB
Sumber foto: Pexels
Rujukan artikel ini:
Dikta & Hukum
Pengarang: DHIA`AN FARAH
Penulis Lika Purnama
|
Editor Almira Rahma Natasya

Terlalu banyak di rumah saja, lama kelamaan akan membuat rasa bosan semakin meningkat, sehingga butuh aktifitas tambahan untuk mengisi waktu luang.

Membaca novel mungkin dapat menjadi salah satu solusinya.

Selain menyenangkan, membaca novel juga memiliki manfaat.

Kisah-kisah yang ada dalam novel, konflik, sekaligus pemecahan masalahnya, seringkali lekat dengan kehidupan sehari-hari sehingga bisa dijadikan sarana untuk belajar.

Lewat membaca novel, kita sebenarnya juga sedang mempelajari berbagai macam karakter tokoh yang sesungguhnya juga ada di dunia nyata.

Nah, agar kamu tidak kebingungan menentukan judul novel yang menarik, berikut adalah 5 rekomendasi novel remaja untuk mengisi waktu luang.

5 Rekomendasi Novel Remaja

1. Dikta & Hukum - Dhia`An Farah

Novel best seller ini diangkat dari sebuah alternative universe (AU) yang semula ditulis oleh akun Twitter dengan username @Kejeffreyan atau yang akrab disapa Teh Ara.

Respon pembacanya sangat baik, kurang lebih ada 217 ribu likes, 77 ribu retweet, serta 50 juta lebih tagar Dikta & Hukum bertengger di TikTok.

Dikta & Hukum bercerita tentang seorang mahasiswa hukum tingkat akhir bernama Dikta yang digambarkan dengan visual Doyoung NCT, dan seorang perempuan kelas 12 bernama Nadhira.

Sebagai siswa kelas 12 yang cukup mager, Nadhira memang bisa dibilang beruntung karena mengenal Dikta yang meskipun memiliki karakter dingin namun pintar dan bersedia membantu tugas-tugasnya.

Dikta dan Nadhira terlibat sebuah perjodohan oleh orangtuanya yang saling mengenal. Namun perjodohan tersebut tidak bisa diterima oleh Nadhira yang memiliki kekasih, dan Dikta yang baru saja putus cinta karena diselingkuhi.

Meskipun dalam lisan keduanya sepakat menolak perjodohan tersebut, namun justru kedekatan mereka berdua seperti menyiratkan hal lain.

Ditulis dengan bahasa yang ringan namun mendalam, novel ini disebut-sebut sukses membuat air mata pembacanya mengalir deras karena cerita yang mengiris hati.

Dikta ternyata memiliki penyakit yang cukup parah dan menjadikan Nadhira sebagai salah satu sumber semangat hidupnya.

Selain kisah percintaan Dikta dan Nadhira, novel ini juga memberikan pesan menyentuh kepada semua orang agar berhati-hati dan selalu menjaga kesehatan.


Baca juga: Jenis Novel


2. Kisah Untuk Geri - Erisca Febriani

Apakah kamu salah satu penggemar Dear Nathan? Jika iya, maka novel Kisah untuk Geri yang juga ditulis oleh Erisca Febriani ini patut kamu jadikan bacaan selanjutnya.

Novel ini bercerita tentang Dinda, seorang anak koruptor yang kehidupannya jungkir balik setelaha ayahnya ditangkap oleh KPK.

Dinda yang semula hidup mewah, memiliki power dan berlindung di belakang nama besar ayahnya mendadak harus hidup di kontrakan kecil dan menghadapi perundungan dari teman-temannya di sekolah sebagai balasan atas perundungan yang ia lakukan sebelumnya.

Singkatnya, Dinda adalah “tukang bully yang di-bully”.

Demi mengatasi hal ini, Dinda memiliki ide untuk memacari laki-laki paling ditakuti di sekolah, seorang badboy bernama Geri. Meskipun mengejar cinta Geri adalah hal paling gila yang mungkin pernah Dinda lakukan.

Ericsca menuliskan novel Kisah untuk Geri ini dengan sangat ringan, bahasanya mudah dipahami, kisahnya percintaan khas dunia SMA seperti halnya Dear Nathan dan Hello Salma.

Berkat antusiasme pembaca yang luar biasa baik dari ketika masih di Wattpad maupun telah menjadi novel, membuat cerita ini akhirnya diangkat menjadi sebuah web series.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Serial Detektif Kaga - Keigo Higashino

Keigo Higashino adalah salah satu penulis novel yang paling terkenal dan paling laris di Jepang.

Ia banyak menuliskan novel dengan genre misteri dan memenangkan beragam penghargaan.

Kini, novel-novel Keigo Higashino telah diterjemahkan secara luas di seluruh negara-negara Asia.

Beberapa novelnya yang juga sangat laris di Indonesia adalah seri petualangan Detektif Kaga yaitu Pembunuhan di Nihonbashi (Newcomer), dan Malice (Pembunuhan Sang Novelis).

Novel Newcomer bercerita tentang Detektif Kaga yang baru mendapatkan kasus pertamanya setelah pindah tugas ke kota Nihonbashi. Kaga memiliki misi untuk mengungkap siapa pelaku pembunuhan seorang wanita.

Kaga melakukan wawancara kepada setiap orang yang bersangkutan dengan detail kecil yang ditemukan di TKP. Selama penyelidikan, kamu seolah akan diajak berkeliling kota Nihonbashi, dari satu pintu ke pintu yang lain.

Uniknya, tak hanya kasus pembunuhan yang selesai, Kaga secara tidak langsung juga membantu menyelesaikan permasalahan setiap keluarga yang ia datangi.

Jika novel Newcomer berfokus untuk menemukan pelaku pembunuhan, novel Malice justru berbeda.

Pelaku pembunuhan ditemukan di awal cerita, namun yang justru dicari adalah apa motif yang dimiliki pelaku sehingga ia memutuskan untuk membunuh korban.

Kalau kamu senang membaca petualangan-petualangan menarik dari seorang detektif untuk mengupas kasus yang penuh dengan plot twist, maka novel-novel Keigo Higashino ini sangat layak untuk dicoba.

Bahasanya sederhana, ceritanya sangat dekat dengan keseharian, sehingga selain menantang juga dapat menimbulkan kesan heartwarming.

4. Serial Bumi - Tere Liye

Nama Tere Liye tentu tidak asing lagi bagi book lovers di Indonesia. Novelis satu ini telah melahirkan banyak karya-karya yang menjadi best seller dan dicetak berulang kali.

Dari sekian banyak novelnya yang telah diterbitkan, salah satu karya terbaik dari Tere Liye adalah serial Bumi.

Novel ini menceritakan tentang petualangan tiga tokoh utamanya yaitu Seli, Raib, dan Ali menjelajahi dunia paralel untuk melawan kejahatan dengan kekuatan super yang mereka miliki.

Seli bisa mengeluarkan petir, Raib bisa menghilang, dan Ali yang sangat jenius ketika marah bisa berubah menjadi beruang raksasa.

Ceritanya sangat seru, dan Tere Liye menuliskan petualangan panjang ini dengan sangat baik hingga membuat pembaca dapat benar-benar merasa berpetualang menjelajahi klan-klan dunia lain.

Saat ini telah ada 11 buku yang terbit, diantaranya adalah Bumi, Bulan, Matahari, Bintang, Komet, Komet Minor, Ceros Batozar, Selena, Nebula, Lumpu, Si Putih, dan akan terus bertambah lagi.

Untuk memulainya, kamu bisa mencoba membaca buku pertamanya yang berjudul Bumi dan mengikuti petualangan mereka dari kisah Raib dan buku PR matematika miliknya.

5. Novel Harry Potter – J. K. Rowling

Jika kamu adalah penggemar film Harry Potter, tentu kamu sudah tahu jika kisah Harry Potter dan sekolah sihir Hogrwarts yang begitu melegenda diadaptasi dari novel best seller karya J. K. Rowling.

Novel ini pertama kali terbit versi UK pada tahun 1997 dan rampung pada tahun 2007. Karena mendapat sambutan yang sangat baik dari penggemarnya di seluruh dunia, novel Harry Potter akhirnya diterjemahkan ke berbagai bahasa, salah satunya bahasa Indonesia.

Harry Potter versi novel memiliki kisah yang lebih lengkap, bahkan ada banyak detail-detail di buku yang tidak dicantumkan dalam film, seperti yang paling mencolok adalah tentang hubungan asmara Harry Potter dan Ginny Weasley.

Sehingga jika kamu seorang potterhead, rasa-rasanya akan kurang lengkap jika belum membaca bukunya.

Untuk mengisi waktu luang, kamu bisa memulai membaca dari buku pertamanya yaitu, Harry Potter dan Batu Bertuah.

Jika kamu penasaran dengan rekomendasi novel-novel di atas, kamu bisa membelinya secara online melalui website atau aplikasi Gramedia.com dan mendapatkan penawaran menarik. Serta beberapa buku juga sudah tersedia di Gramedia Digital untuk kamu baca e-booknya secara legal. Selamat membaca!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com