Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Penyebab Kucing Lemas Tidak Mau Makan

Kompas.com - 17/10/2022, 12:00 WIB
Kucing Lemas Tidak Mau Makan Sumber Gambar: Freepik.com Kucing Lemas Tidak Mau Makan
Rujukan artikel ini:
Job? Akulah Ahlinya Hewan Peliharaan
Pengarang: Kugil Publishing
|
Editor Ratih Widiastuty

Sebagai pencinta kucing pasti kamu setuju, melihat hewan peliharaan dalam keadaan sehat, lincah, dan memiliki nafsu makan yang baik tentu menjadi suatu kebahagiaan tersendiri.

Memang benar bila kamu sudah berkomitmen memiliki hewan peliharaan, seperti kucing sudah menjadi kewajiban sebagai pemilik untuk menjaga serta merawatnya dengan benar dengan memberinya hidup layak.

Namun, meski kamu sudah berupaya memberikan perawatan yang semaksimal mungkin, bukan tidak mungkin anak bulu atau anabul yang kamu sayangi juga bisa mengalami masalah.

Meski sudah menyediakan tempat tinggal terbaik, pemberian pakan yang bergizi, atau menjaga kebersihan, ada kalanya kucing juga bisa kurang sehat.

Salah satu masalah yang biasa terjadi dialami kucing ialah secara tiba-tiba kehilangan nafsu makan sehingga membuatnya terlihat lemas.

Jika sudah terjadi tentu sedih rasanya melihat kucing yang biasa terlihat aktif dan lincah menjadi lebih banyak diam.

Tetap tenang, kamu jangan buru-buru cemas atau sedih pasti ada solusi terbaik yang bisa diberikan agar kucing kembali menjadi sehat dan bugar.

Sebelum mengambil keputusan untuk mengembalikan kesehatannya, ada baiknya terlebih dahulu kamu mengetahui penyebab kucing lemas tidak mau makan untuk mendapatkan penanganan tepat.

Sebab, kucing lemas lemas tidak mau makan bisa disebabkan oleh berbagai faktor dan berikut penjelasannya.

Penyebab Kucing Lemas Tidak Mau Makan

1. Mengalami Stres

Hewan peliharaan juga bisa mengalami stres dan kecemasan, dan penyebab inilah yang membuat kucing lemas tidak mau makan.

Lantas apa yang membuat kucing menjadi stres, alasannya beragam mulai dari perubahan kondisi lingkungan drastis sehingga membuat tidak nyaman, pemberian makanan baru, adanya kehadiran orang atau hewan baru dikenal, kebosanan,hingga terlalu sering dimandikan.

Agar kucing tidak mengalami stres kamu bisa mengajaknya bermain, memberi makanan favoritnya, berikan perhatian dengan mengelusnya dengan lembut.

2. Adanya Masalah di Mulut

Kucing lemas tidak mau makan penyebab yang biasanya ditemui adalah karena mereka mengalami masalah kesehatan di area mulut, kerongkongan, serta pencernaan.

Hal inilah yang menyebabkan kurangnya nafsu makan kucing karena mereka mengalami kesulitan mengunyah, menelan, dan mencerna makanan dengan baik.

Sehingga kucing lebih untuk tidak makan dan pada akhirnya membuat mereka lemas karena kekurangan energi.

3. Gangguan pada Alat Gerak

Terdapat pula alasan medis yang membuat kucing lemas tidak mau makan dikarenakan adanya masalah pada alat gerak, terutama bagian kaki.

Meski menyerang alat mobilitas mereka nyatanya juga sangat mempengaruhi nafsu makan untuk itu selalu perhatikan bila kucing terlihat berjalan dengan aneh.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Umumnya kucing mengalami gangguan pada alat gerak disebabkan oleh kecelakaan, kelumpuhan karena usia semakin menua, bawaan ketika lahir, sampai penyakit distemper.

4. Permasalahan Penyakit Sistemik

Penyakit sistemik merupakan gangguan kesehatan pada salah satu organ yang berkaitan dengan sistem metabolisme tubuh, seperti jantung ginjal, hati, kekebalan tubuh, pernapasan, pencernaan, dan bukan tidak mungkin kucing juga mengalaminya.

Jika mengalami penyakit sistemik bisa dipastikan kucing tidak bernafsu untuk makan dan mengakibatkan lemas hingga sulit berdiri.

Kucing yang mengalami penyakit sistemik disebabkan karena genetik, infeksi dari virus dan bakteri.

5. Pengaruh Vaksinasi

Faktor lain yang menyebabkan kucing lemas tidak mau makan dikarenakan usah melakukan vaksinasi.

Beberapa jenis vaksin yang diberikan pada kucing bisa menimbulkan efek samping kucing jadi lemas berdiam diri.

Selain vaksinasi, pemberian obat-obatan tertentu juga bisa menyebabkan penurunan nafsu makan pada kucing.

Sterilisasi pada kucing juga bisa menyebabkan mereka jadi lemas dan tidak mau makan.

Sebelum memutuskan memiliki hewan peliharaan sudah sepantasnya kamu menanamkan komitmen untuk senantiasa merawat dan menjaga dengan sepenuh hati.

Memang akan membutuhkan pengorbanan yang tidak sedikit jika bertekad untuk menjadi pemilik dari kucing, mulai dari waktu, tenaga, dan tentunya biaya.

Meski begitu percayalah, bahwa sama seperti makhluk hidup yang ada di muka bumi ini, hewan peliharaan seperti kucing juga memiliki perasaan dan naluri yang perlu sama-sama dijaga.

Jika ingin mempelajari banyak hal seputar hewan peliharaan, kamu bisa mencari tahunya di buku Job? Akulah Ahlinya Hewan Peliharaan.

Selain memberikan informasi bagaimana cara merawat hewan, buku ini juga akan memperkenalkan berbagai jenis pekerjaan yang berkaitan dengan hewan peliharaan, seperti profesi dokter hewan, fotografer khusus hewan, dan ahli kecantikan hewan.

Namun yang terpenting yang ingin disampaikan buku ini adalah mengarahkan juga menumbuhkan rasa cinta dan kepedulian terhadap hewan.

Jika ingin membacanya, kamu bisa memesan secara online buku ini di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com