Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Adalah Makna Lambang Sila Ke 3 Pancasila yang Perlu Kamu Tahu

Kompas.com - 28/10/2022, 10:30 WIB
makna lambang sila ke 3 Sumber: twitter.com makna lambang sila ke 3
Rujukan artikel ini:
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Pengarang: Muhammad Ridha Iswardhana
|
Editor Rahmad

Pancasila merupakan dasar negara. Sebagai dasar negara, setiap butir pada Pancasila mempunyai makna yang begitu penting bagi masyarakat. Dalam Pancasila, terdapat lima simbol yang melambangkan semua sila.

Salah satunya adalah lambang sila ke 3 yang juga mempunyai makna penting dan harus diamalkan oleh setiap masyarakat Indonesia. Sila ke 3 sendiri berbunyi ‘Persatuan Indonesia’ dengan lambang sila ke 3 yaitu pohon beringin yang tentunya memiliki sebuah arti penting.

Sebagai sebuah bangsa yang besar dengan beragam agama, suku, ras, dan juga budaya, maka Indonesia memerlukan adanya persatuan yang dapat membuat negara Indonesia tetap berdiri tegak. Lalu, seperti apa makna dari lambang sila ke 3 Pancasila? Simak ulasannya berikut ini.

Makna Lambang Sila Ke 3

1. Pohon Beringin

Lambang sila ke 3 adalah sebuah pohon beringin besar dengan warna dasar putih. Simbol tersebut tentunya dipilih memiliki makna yang berkaitan dengan isi dari Pancasila sila ke 3 dan bangsa Indonesia.

Pohon beringin adalah salah satu jenis pohon yang dapat tumbuh sangat besar dibandingkan dengan pohon-pohon yang lainnya. Dengan ukuran pohon yang besar inilah, pohon beringin dapat kita lihat dari jarak jauh dan akan menjadi terlihat sangat indah.

Keistimewaan pohon beringin itu sendiri menggambarkan bangsa Indonesia beserta dengan keberagaman budaya yang begitu indah serta istimewa untuk bisa disaksikan dan dinikmati oleh banyak orang dari mana pun.

Selain itu, pohon beringin yang besar juga dapat menjadi tempat untuk berteduh dengan rasa yang nyaman dan juga sejuk. Hal tersebut dianggap sama halnya dengan bangsa Indonesia yang selalu dirindukan dengan negaranya yang penuh dengan ketenangan dan kenyamanannya.

2. Akar Tunggang

Ketika kamu mengamati lambang sila ke 3 pada pohon beringin, terdapat bagian akar yang terlihat seperti akar tunggang. Akar pada tumbuhan sendiri mempunyai fungsi untuk bisa menopang tumbuhan itu sendiri.

Lalu, ketika tumbuhan itu semakin membesar, maka akar yang ada pada pohon tersebut juga harus semakin kuat untuk bisa menopang pohon tersebut.

Jadi, sama halnya dengan pohon beringin, akar pada tanaman ini juga harus memiliki kekuatan besar dan juga kokoh, sehingga mampu menopang pohon yang sangat besar itu.

Maka dari itu, lambang sila ke 3 dengan pohon beringin ini adalah sebuah wujud serta harapan agar bangsa Indonesia bisa saling berusaha untuk bisa menjaga persatuan dan juga kesatuan.

3. Akar Menjalar

Selain mempunyai akar tunggang, pohon beringin juga mempunyai akar yang menjalar. Uniknya, akar menjalar yang ada pada pohon beringin ini dapat menjalar ke berbagai arah. Akar yang menjalar ini sangat membantu proses pertumbuhan pada pohon beringin.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Hal ini tidak terlepas dari fungsi akar menjalar yang menyerap air dan udara. Semakin banyaknya air dan udara yang terserap ke dalam pohon beringin, maka pohon beringin bisa menjadi tumbuh lebih besar lagi.

Jadi, akar menjalar pada lambang sila ke 3 memiliki makna sebagai keberagaman Indonesia yang mampu memperkuat serta mempersatukan bagsa Indonesia. Dengan kata lain, untuk menjaga kesatuan serta persatuan bangsa, maka kita harus menjaga dan memelihara keberagaman tersebut.

4. Warna Dasar Putih

Lambang sila ke 3 terdapat warna putih sebagai warna dasar nya yang memperjelas keindahan dari lambang pohon beringin. Dengan kata lain, warna putih pada lambang tidak saling bertabrakan dengan warna lainnya.

Jadi, bukan hanya pohon beringin saja yang mempunyai makna, warna dasar putih pada pohon beringin juga. Warna dasar putih pada lambang sila ke 3 melambangkan sebuah kesucian, kemurnian, dan kejujuran. Ketiga hal tersebut memiliki kaitan yang erat dengan harapan bangsa Indonesia.

Nah, itu tadi beberapa makna dari lambang sila ke 3 Pancasila yang perlu untuk kita semua pahami dan diterapkan di dalam kehidupan kita sehari-hari. Untuk mempelajari makna lain dari Pancasila beserta lambangnya, kamu bisa membacanya melalui buku yang berkaitan dengan Pancasila.

Seperti buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Buku ini mampu memberikan wawasan dan memperkuat jiwa Pancasila bagi setiap pelajar atau mahasiswa untuk bisa mewujudkan sebuah cita-cita yang berdasarkan pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

Buku ini sudah diurutkan secara sistematis supaya bisa mudah untuk dipelajari dan juga dipahami oleh setiap pembacanya. Dengan buku ini, diharapkan pembaca bisa menjelaskan, memahami, serta mengaplikasikan Pancasila dan kewarganegaraannya dalam kesehariannya.

Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com