Cara Meningkatkan Keterampilan Membaca pada Anak

Kompas.com - 23/11/2021, 20:00 WIB
Sumber Gambar : pexels.com
Rujukan artikel ini:
Angin Dari Tebing#1
Pengarang: Clara Ng
Penulis Lika Purnama
|
Editor Ratih Widiastuty

Bagi sebagian anak, kegiatan membaca buku merupakan sebuah hal yang menyenangkan, dan selalu dinanti. Tetapi bagi sebagian yang lain, membaca bisa jadi merupakan kegiatan yang paling dihindari sebab membosankan.

Hal ini dapat terjadi berkat adanya kebiasaan. Anak yang sejak dini telah diperkenalkan dengan buku dan bacaan akan lebih muda menyukai dunia membaca dibanding anak yang hanya berhadapan dengan buku ketika sekolah.

Oleh sebab itu, jika menginginkan keterampilan membaca anak berkembang lebih cepat, maka memperkenalkan buku kepada anak sejak dini adalah suatu keharusan.

Di bawah ini telah dirangkum beberapa cara untuk meningkatkan keterampilan membaca pada anak sekaligus rekomendasi buku-buku yang bisa digunakan.

Cara Meningkatkan Keterampilan Membaca pada Anak

1. Menumbuhkan Minat Baca

Terkadang, anak akan lebih cepat merasa bosan dan tidak tertarik lagi jika langsung disodorkan berbagai macam buku pelajaran.

Untuk mengatasi hal ini, guru atau orangtua dapat menumbuhkan minat baca anak dengan menyediakan buku-buku yang menarik, ringan, menyenangkan, namun tetap memiliki nilai edukatif.

Selain itu, anda dapat mengajak anak-anak untuk mengunjungi tempat-tempat dimana buku mudah dijangkau, seperti perpustakaan atau toko buku.

Nantinya ketika minat baca sudah tumbuh dan berkembang, maka membaca buku pelajaran pun akan lebih mudah dan terasa menyenangkan.

2. Upayakan Situasi Terbaik

Membaca nampak menjadi kegiatan yang mudah, namun sebenarnya penuh tantangan bagi anak-anak.

Selain itu, kegiatan ini juga membutuhkan fokus dan konsentrasi yang tinggi. Sehingga anak membutuhkan tempat yang nyaman, memiliki pencahayaan yang baik, dan tenang agar dapat belajar dengan maksimal.

Kemudian, pastikan untuk menyediakan peralatan yang dibutuhkan demi menunjang belajar anak, seperti alat tulis, buku-buku, atau tempat duduk dan meja untuk belajar.

Sebaiknya hindari membaca di atas tempat tidur karena berpotensi untuk membuat anak salah fokus dan jadi mengantuk.

Mengupayakan situasi terbaik juga tak hanya soal fisik maupun situasi di rumah, melainkan juga terkait hal psikologis.

Hindari untuk menuntut anak terlalu berat dan memarahi mereka dengan nada tinggi serta kalimat yang kasar ketika mereka belum mampu mencapai apa yang anda inginkan sebagai orangtua.

Sebaliknya, pahami bahwa ini adalah sebuah proses yang cukup rumit dan membutuhkan kesabaran dan ketekunan serta kerja sama antara orangtua dan anak.

3. Perbanyak Berlatih

Practice makes perfect, begitu kata pepatah menyebutkan.

Dengan tekun berlatih setiap hari akan membuat keterampilan membaca pada anak menjadi berkembang.

Untuk awal mula, tidak perlu untuk menargetkan terlalu banyak hasil bacaan pada anak, sebaliknya, pastikan anak konsisten membaca setiap hari meskipun sedikit karena metode ini akan jauh lebih efektif.

Dalam prosesnya nanti, lama kelamaan tambahlah target seiring dengan berjalannya waktu.

Jika sebelumnya satu hari hanya bisa membaca setengah buku, maka kelak jika konsisten berlatih, satu hari pasti bisa menyelesaikan satu buku.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Ajak Anak Berdiskusi

Selain memberikan tugas untuk membaca, berikan pula tugas untuk merangkum hasil bacaan tersebut.

Minimal menceritakan kembali secara lisan atau tulisan apa yang telah mereka baca, seperti inti cerita atau hikmah yang dapat dipelajari dari cerita tersebut.

Metode ini akan berguna untuk menguji apakah anak memahami apa yang mereka baca atau tidak. Selain itu, metode ini juga membantu anak agar mengingat dengan jelas informasi yang baru saja mereka dapatkan.

Rekomendasi Buku Anak-Anak untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca

1. Serial Angin Dari Tebing – Clara Ng

Clara Ng adalah salah satu penulis yang terkenal banyak menuliskan buku-buku untuk dewasa dan juga anak-anak.

Serial Angin Dari Tebing ini merupakan salah satu buku untuk anak karyanya yang pertama terbit pada tahun 2020.

Buku ini bercerita tentang 13 anak dan sebuah sekolah yang berada jauh di bibir tebing. Ada banyak kisah dan cerita yang menyertai anak-anak tersebut dengan sekolahnya.

Beberapa diantaranya yang menggemaskan adalah potongan-potongan kisah dari hewan-hewan seperti kucing kecil dan induknya, cicak dan rembulan, ulat dan persoalan tidurnya, sapi dan tariannya, dan masih banyak lagi.

Tiga belas anak dalam sekolah tebing tersebut memiliki karakter yang kuat. Belum lagi hewan-hewan dan benda-benda di buku ini yang juga terasa hidup, serta tambahan tokoh ibu guru yang menginspirasi.

Buku Serial Angin Dari tebing ini penuh dengan ilustrasi cantik yang digambar oleh Yustina Antonio.

Tak hanya akan belajar meningkatkan keterampilan membaca, buku ini juga akan membawa anak-anak untuk berimajinasi dan belajar memetik hikmah dari setiap kisah yang disajikan.

Saat ini, terdapat dua buku pada serial ini, yaitu Serial Angin Dari Tebing #1 dan Serial Angin Dari Tebing #2.

2. Fun Encyclopedia - Fabianus Bayu

Fabianus Bayu merupakan seorang komikus dan 2D designer yang memiliki minat pada keanekaragaman hayati dan kampanye pelestarian flora dan fauna, oleh sebab itu ia menyusun buku ini juga dengan misi yang sama.

Fun Encyclopedia memiliki dua buku yang telah terbit, diantaranya adalah Fun Encyclopedia: Fauna Darat Nusantara dan Fun Encyclopedia: Fauna Air Nusantara.

Buku ini memang dirancang untuk memperkenalkan satwa fauna air dan fauna darat Indonesia kepada anak-anak dengan cara yang menyenangkan.

Karena itu, sebagai pembuka buku, terdapat komik strip lucu yang diharapkan bisa membuat anak-anak semakin tertarik untuk membaca.

Kemudian, buku ini juga dibekali ilustrasi yang menarik, penuh warna, serta imajinatif. Sehingga membaca buku ini benar-benar akan sesuai dengan judulnya, yaitu fun alias menyenangkan.

Tidak termasuk buku yang tebal, serial Fun Encyclopedia ini masing-masing hanya memiliki sekitar 96 halaman dengan 15 fauna yang dibahas di setiap bukunya.

Buku ini memang dirancang dengan singkat, padat, dan jelas, sehingga anak-anak tidak akan cepat bosan.

Serial Fun Encyclopedia sangat direkomendasikan untuk dijadikan sebagai salah satu buku latihan meningkatkan keterampilan membaca, sekaligus media untuk mendapatkan pengetahuan tentang fauna-fauna yang ada di Indonesia.

Itulah cara untuk meningkatkan keterampilan membaca pada anak sekaligus rekomendasi buku-buku yang dapat digunakan.

Buku serial Angin Dari Tebing karya Clara Ng dan Fun Encyclopedia karya Fabianus Bayu kini tersedia dan bisa didapatkan dengan mudah secara online di Gramedia.com. Atau kunjungi Gramedia Digital untuk membaca e-booknya secara legal.


Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.