3 Tips Belajar Membaca untuk Anak SD dan TK dengan Mudah dan Efektif

Kompas.com - 22/11/2021, 20:56 WIB
Sumber Foto : Pixabay
Rujukan artikel ini:
Mudah Belajar Membaca Metode Segitiga…
Pengarang: Kang Yuswan
|
Editor Ratih Widiastuty

Pada tahap perkembangan manusia, seorang anak di masa-masa awal kehidupannya membutuhkan pengajaran dasar yang perlu diasah sebagai bekal keterampilan.

Orang tua memiliki peran vital dalam mempersiapkan, mengajari, dan membentuk keterampilan dasar anak.

Sebagai orang tua yang baik tentunya wajib memperhatikan perkembangan dasar untuk si buah hati.

Terlebih lagi jika sang buah hati sudah memasuki usia taman kanak-kanak atau sekolah dasar, di mana salah satu keterampilan dasar yakni membaca sangat perlu dilatih.

Tak jarang, bagi anak usia dini merasa kesulitan untuk belajar membaca sehingga para orang tua perlu tahu berbagai metode agar si kecil mampu menguasai cara membaca dan membuat kegiatan belajar jadi menyenangkan.

Belajar membaca bukanlah proses alami yang terjadi dengan sendirinya, karena hal ini adalah proses yang kompleks sehingga membutuhkan pengajaran yang tepat dari berbagai strategi.

Untuk menempuh proses ini memang tidak mudah, orang tua harus memahami sifat dan karakter anak agar proses belajar membaca jadi lebih optimal.

Kabar baiknya, meskipun membaca itu sendiri adalah proses yang kompleks, langkah-langkah yang dapat diambil untuk membangun keterampilan ini cukup sederhana dan mudah.

Nah, bagi Anda para orang tua, tips berikut ini dapat menjadi pilihan untuk mengajari anak membaca.

Tips Mudah Mengajari Anak Membaca

1. Seringlah Mengajak Anak untuk Berbicara

Meskipun berbicara biasanya dianggap sebagai keterampilan berbicara saja, namun nyatanya itu tidak benar.

Seorang anak pada usia dini memiliki otak yang seperti seperti spons.

Mereka menyerap segalanya, sepanjang waktu, termasuk kata-kata yang Anda ucapkan.

Sering berbicara dengan anak dengan melibatkan keterampilan mendengarkan dan mendongeng dapat meningkatkan kosakata si kecil.

Cara ini juga dapat membantu mereka membentuk kalimat, menjadi terbiasa dengan kata-kata baru dan cara penggunaannya, serta mempelajari cara menggunakan konteks.

Keterampilan ini sangat membantu anak Anda dalam perjalanan membaca mereka, sekaligus memberi Anda kesempatan untuk menciptakan momen yang berharga dengan buah hati

2. Jadikan Suasana Menyenangkan

Diusahakan agar anak Anda tidak merasakan tekanan apapun ketika harus belajar membaca.

Membaca adalah tentang bersenang-senang dan menjelajahi dunia (nyata dan imajiner) melalui teks, gambar, dan ilustrasi.

Dalam hal membaca, lebih baik bagi anak Anda untuk santai dan fokus pada apa yang mereka pelajari daripada terjebak dalam situasi yang stres.

Meski konsistensi latihan diperlukan, tetaplah berfokus pada kualitas daripada kuantitas.

Anda dapat menjadwalkan belajar membaca bagi anak selama 15 menit setiap harinya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Bermain Permainan Kata

Melibatkan anak Anda dalam membaca tidak harus hanya tentang buku.

Permainan kata bisa menjadi cara yang bagus untuk melibatkan keterampilan anak Anda.

Salah satu permainan membaca yang dapat Anda lakukan bersama anak misalnya menggunakan kartu atau sticky note.

Untuk kegiatan ini, tuliskan kata-kata yang familiar pada catatan sticky note kemudian tempelkan catatan itu ke dinding.

Selanjutnya, mintalah Anak Anda mengucapkan salah satu kata dan melempar bola ke catatan sticky note yang cocok.

Keterampilan membaca tak hanya cukup diraih dengan beberapa cara di atas, Anda juga perlu memilih bacaan yang bagus sebagai media pembelajaran bagi anak.

Demi melengkapi strategi agar sang buat hati dapat belajar membaca dengan cepat dan efektif, Anda dapat menggunakan rekomendasi buku belajar membaca untuk anak-anak berikut ini.

Rekomendasi Buku untuk Belajar Membaca

1. Mudah Belajar Membaca Metode Segitiga AIU

Materi dalam buku ini sangat bagus dan cocok untuk anak-anak usia dini yang baru belajar membaca.

Keunggulan buku ini terletak pada bagan segitiga bunyi (bagian dari huruf vokal).

Metode ini memudahkan anak di mana mereka dapat mengasosiasikan ingatannya dengan bagan tersebut apabila lupa mengingat huruf atau suku kata yang telah dipelajari.

2. 15 Menit Belajar Membaca Anak Pintar

Buku ini berisi tentang materi bacaan yang memasukkan berbagai macam aktivitas-aktivitas kecerdasan untuk anak.

Diantaranya kecerdasan visual-spasial, yaitu dengan melatih si kecil menguasai ruang dan objek, kemudian kecerdasan kinestetik yang melatih si kecil menggerakkan dan menyelaraskan anggota tubuh.

Lalu ada kecerdasan interpersonal di mana melatih si kecil dalam berhubungan sosial, baik dengan teman sebaya maupun orang dewasa.

Buku ini tidak hanya melatih keterampilan membaca, tetapi juga memberikan konteks-konteks ilmu lain dalam kegiatan membaca sehingga anak Anda dapat meningkatkan kecerdasan linguistiknya melalui hal-hal yang dapat dipelajari di sekitarnya.

3. Metode Kilat 45 Hari Jago Membaca

Buku ini dapat menjadi pilihan untuk mengasah kemampuan anak dalam membaca, berisi metode yang efektif dalam mengajarkan anak secara mudah dan cepat.

Dilengkapi dengan cara membaca per huruf, per kata, dan cara merangkai kata, buku karangan Umi Fauzah ini sangat cocok sebagai bahan ajar.

Selain itu, materi membaca juga diselingi dengan permainan-permainan unik yang bersifat edukatif untuk lebih memudahkan anak belajar membaca.

Materi dalam buku ini disusun dengan menarik dan dilengkapi gambar penuh warna yang akan membuat anak Anda senang, tetap bersemangat, dan kegiatan belajar membaca jadi mengasyikkan.

Buku ini memberi alternatif pembelajaran membaca yang efektif, praktis, dan mudah dengan pola pembelajaran dan materi yang variatif.

Ayo dukung si kecil untuk menguasai keterampilan membaca dengan cepat. Anda bisa mendapatkan buku-buku di Gramedia.com sekarang juga!


Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.