Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rekomendasi Buku Tentang Media Sosial Terbaik Agar Bijak Menggunakannya

Kompas.com - 19/10/2022, 12:30 WIB
Rekomendasi Buku Tentang Media Sosial Photo on Gramedia.com Rekomendasi Buku Tentang Media Sosial
Rujukan artikel ini:
Menggali Pundi-Pundi Lewat Tren Sosial…
Pengarang: Astrid Savitri
|
Editor Rahmad

Apakah kamu sedang mencari rekomendasi buku tentang media sosial? Tepat sekali, saat ini kita sudah sangat akrab dengan media sosial, baik untuk kepentingan pribadi maupun bisnis.

Media sosial sebagai salah satu perkembangan teknologi sangat berpengaruh dalam kehidupan kita saat ini. Namun, dalam prakteknya banyak fenomena yang kita temukan dengan mutakhirnya media sosial ini.

Bahkan, sudah banyak penelitian yang mengungkapkan kekacauan penggunaan media sosial yang tidak bijak. Padahal, kamu bisa menggunakannya secara strategis tanpa harus merugikan orang lain maupun diri sendiri.

Itulah sebabnya, saat ini sudah banyak himbauan diet media sosial atau lebih bijak menggunakan media sosial, seperti instagram, twitter dan jenis media sosial lainnya. Beberapa orang melakukan cara hapus akun ig sementara untuk rehat dari media sosial.

Disisi lain, kamu bisa mengoptimalkan media sosial untuk berbisnis. Semua hal ini bisa kamu pelajari dengan memahami penggunaan media sosial yang tepat agar dapat melihat dunia ini dengan jenis.

Rekomendasi Buku Tentang Media Sosial

Berikut ini rekomendasi buku tentang media sosial yang bisa kamu jadikan referensi belajar menggunakan media sosial yang tepat dan bijak:

1. Menggali Pundi-Pundi Lewat Tren Sosial Media

Penulis : Astrid Savitri

Tahun Terbit : 5 April 2019

Penerbit : Mitra media Nusantara Cv

Bahasa : Indonesia

Jumlah Halaman : 232

Buku Menggali Pundi-Pundi Lewat Tren Sosial Media ini bisa jadi rekomendasi buku tentang media sosial yang cocok kamu gunakan untuk mempelajari strategi menggunakannya. Termasuk untuk branding diri atau keperluan bisnis yang potensial.

2. Media Sosial, Suatu Alternatif

Penulis : H. Das’ad Latif

Tahun Terbit : 9 Februari 2022

Penerbit : Elex Media Komputindo

Bahasa : Indonesia

Jumlah Halaman : 136

Buku Media Sosial, Suatu Alternatif ini membahas komunikasi massa dan aktivitas bersosial media lewat pendekatan ilustrasi yang sederhana. Benda-benda yang begitu familiar bagi kita ternyata merupakan bagian dari komunikasi massa.

Misalnya, menyalakan TV di kamar tidur, mencari program musik saat mengemudi, atau mengklik berita di ponsel kamu adalah semua kegiatan yang sangat terkait dengan komunikasi massa.

Namun, yang sering tidak dipahami adalah bahwa berbagai kegiatan merupakan tambahan bagi media. Televisi, radio, dan Internet, yang tampaknya merupakan produk teknologi, kini menjadi platform media.

Media sosial adalah fenomena lain yang muncul seiring dengan perkembangan teknologi dan inovasi di Internet. Media tidak hanya merupakan media baru untuk berinteraksi dan bersosialisasi.

Namun, juga memiliki dampak yang luar biasa pada banyak aspek jurnalisme, hubungan masyarakat, dan bahkan pemasaran. Buku ini menjelaskan bagaimana proses komunikasi membentuk interaksi manusia.

Ruang lingkup komunikasi, sejarah dan perkembangan ilmu komunikasi, diawali dengan berbagai media dan diakhiri dengan teori dan model komunikasi yang digagas oleh para ahli untuk menjelaskan fenomena yang terjadi selama ini.

3. Media Sosial Interaksi, Identitas Dan Modal Sosial

Penulis : Shiefti Dyah Alyusi

Tahun Terbit : 22 Juli 2016

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Penerbit : Kencana Prenada Media

Bahasa : Indonesia

Jumlah Halaman : 212

Dunia sekarang diaktifkan sendiri dan dibangun sebagai media sosial. Ada banyak cara orang dapat berjejaring melalui media sosial. Oleh sebab itu, semakin banyak orang membutuhkan jejaring sosial, maka semakin banyak juga penyedia layanan media sosial.

Padahal, jika lalu lintas media sosial melalui media sosial seperti tanah dengan lalu lintas kendaraan dalam banyak variasi, maka dunia langit kita juga sangat ramai.

Buku Media Sosial Interaksi, Identitas Dan Modal Sosial ini bisa jadi rekomendasi buku tentang Media Sosial yang cocok untuk memahami fenomena tersebut.

4. Media Sosial : Perspektif Komunikasi Budaya Dan Sosioteknologi

Penulis : Rulli Nasrullah

Tahun Terbit : 6 Oktober 2015

Penerbit : Simbiosa Rekatama Media

Bahasa : Indonesia

Jumlah Halaman : 248

Buku Media Sosial : Perspektif Komunikasi Budaya Dan Sosioteknologi ini merupakan buku pertama yang ditulis oleh seorang sarjana (Indonesia) yang khusus membahas teori dan praktik media sosial, termasuk hukum dan etika.

Media sosial memuat beberapa data dan contoh serta menjadi referensi bagi para sarjana, praktisi dan calon mahasiswa di bidang ilmu komunikasi, pemasaran, hubungan masyarakat, jurnalistik, isu-isu sosial, budaya dan politik.

5. Analisis Jaringan Media Sosial : Dasar-Dasar Aplikasi Metode

Penulis : Eriyanto

Tahun Terbit : 12 November 2021

Penerbit : Prenada Media

Bahasa : Indonesia

Jumlah Halaman : 399

Saat ini, kehidupan kita tidak bisa lagi dipisahkan dari media sosial. Media sosial memainkan peran yang semakin penting tidak hanya sebagai sumber informasi, tetapi juga sebagai sumber interaksi dan hubungan sosial kita.

Media sosial adalah area penelitian yang semakin penting untuk penelitian komunikasi saat ini dan masa depan. Salah satu metode penelitian media sosial adalah Social Media Network Analysis (SMNA).

Metode ini pada dasarnya menerapkan analisis jejaring sosial (atau jaringan komunikasi) untuk menganalisis percakapan media sosial. Metode ini mencoba menjelaskan struktur jaringan, pengelompokan, dan siapa aktor (akun media sosial) yang paling berpengaruh ketika membahas suatu topik.

Buku Analisis Jaringan Media Sosial : Dasar-Dasar&Aplikasi Metode ini memaparkan teori, metode, dan proses penelitian analisis jaringan media sosial, mulai dari perolehan data (crawling) hingga analisis data.

Buku ini juga mencakup studi kasus penelitian dan tutorial tentang tiga perangkat lunak yang banyak digunakan untuk analisis jaringan media sosial: Netlytic, NodeXL, dan GEPHI.

Buku ini juga akan membantu para praktisi, guru, dan siswa (komunikasi, politik, sosiologi, kebijakan publik, dan ilmu sosial lainnya) yang melakukan penelitian dengan menggunakan data berupa percakapan media sosial.

Nah, itulah rekomendasi buku tentang media sosial yang bisa kamu jadikan referensi belajar. Buku mana yang tertarik kamu baca? Media sosial memang jadi topik yang menarik untuk terus diperbincangkan perkembangannya.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com