Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rekomendasi Buku tentang Ilmu Sosial Budaya Terbaik untuk Memahami Fenomena Sekitar

Kompas.com - 18/10/2022, 15:30 WIB
Rekomendasi Buku tentang Ilmu Sosial Budaya Photo on Gramedia.com Rekomendasi Buku tentang Ilmu Sosial Budaya
Rujukan artikel ini:
Ilmu Budaya Dasar Social Culture
Pengarang: Prof. Dr. M. Munandar…
|
Editor Rahmad

Apakah kamu sedang mencari referensi tentang ilmu sosial budaya? Dalam praktiknya, kajian ilmu sosial sangat berhubungan erat pula dengan kajian budaya. Terutama membahas tentang hubungan masyarakat yang juga berhubungan dengan budaya.

Kamu mungkin menemukan banyak fenomena sosial budaya dalam kehidupan bermasyarakat sekitarmu, seperti konflik antarbudaya karena sikap etnosentrisme.

Fenomena etnosentrisme adalah salah satu contoh sikap atau pandangan yang meremehkan masyarakat dan kebudayaan lain.

Kamu mungkin juga pernah menemui beberapa orang yang memiliki kecenderungan demikian terhadap budaya lain yang bukanlah dari kelompoknya.

Untuk mengurai dan memahami fenomena seperti contoh tersebut, kamu bisa menggunakan buku tentang ilmu sosial budaya sebagai referensi.

Ada beberapa rekomendasi buku tentang ilmu sosial budaya yang cocok dibaca untuk memahami berbagai fenomena masyarakat tersebut.

Rekomendasi Buku tentang Ilmu Sosial Budaya

Berikut ini rekomendasi buku tentang ilmu sosial budaya yang bisa kamu jadikan referensi belajar fenomena masyarakat di sekitarmu:

1. Ilmu Budaya Dasar Social Culture

Penulis : Munandar Sulaeman

Tahun Terbit : 21 Desember 2018

Penerbit : Refika Aditama

Bahasa : Indonesia

Jumlah Halaman : 276

Buku Ilmu Budaya Dasar Social Culture ini menyajikan berbagai pemikiran dan pembicaraan di sekitar kebudayaan yang menunjang terciptanya suatu wawasan ilmu budaya dasar.

Hal ini jadi penting sebagai bekal para mahasiswa tingkat dasar untuk membangun suatu nilai dan pola pikir yang konstruktif positif bagi setiap generasi di lembaga pendidikan.

2. Manusia Kebudayaan & Masyarakat : Ilmu Sosial Budaya Dasar

Penulis : Urbanus Ura Weruin

Tahun Terbit : 26 November 2016

Penerbit : Pustaka Mandiri

Bahasa : Indonesia

Jumlah Halaman : 238

Buku Manusia Kebudayaan & Masyarakat : Ilmu Sosial Budaya Dasar ini menawarkan cara pandang yang berbeda tentang hubungan antara manusia. alam, masyarakat dan kebudayaan karena reļ¬‚eksi terhadap hubungan tersebut bertolak dari pemahaman terhadap manusia dalam keseluruhan dimensinya.

Titik tolak ini sudah seharusnya dikembangkan lebih lanjut karena rambu-rambu mata kuliah ilmu Sosial Budaya Dasar yang ditawarkan Dirjen Pendidikan Tinggi (DIKTI) selalu menyertakan manusia sebagai benang merah yang menjadikan setiap pokok bahasan.

Mata kuliah ilmu Sosial Budaya Dasar tidak sekadar perpaduan dari dua mata kuliah yang dulunya terpisah (ISD dan IBD), sehingga kita kemudian selalu tergoda untuk membahas konsep-konsep pokok ilmu-ilmu sosial dan ilmu-ilmu budaya.

Dengan memperhatikan tujuan mata kuliah ini seperti yang digariskan oleh DIKTI, judul yang paling tepat untuk mata kuliah ini adalah Ilmu Sosial Budaya Dasar, dan bukan Ilmu Sosial dan Budaya Dasar.

3. Filsafat Kebudayaan : Proses Realisasi Manusia

Penulis : Budiono Kusumohamidjojo

Tahun Terbit : 1 September 2017

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Penerbit : Yrama Widya

Bahasa : Indonesia

Jumlah Halaman : 200

Buku Filsafat Kebudayaan : Proses Realisasi Manusia ini menegaskan bahwa Filsafat Kebudayaan adalah kritik kebudayaan. Buku ini mencoba mengarungi di antara kedua kutub ekstrim dilematis di atas sambil cenderung berat pada keinginan memetakan substansi yang bernama kebudayaan dalam konstelasi dunia-manusia mutakhir.

Buku ini memetakan permasalahan mendasar dari kebudayaan dengan refleksi filosofis secara sistematik dan komprehensif. Ada berbagai ilustrasi konkret yang membuat konteks pembicaraan dalam buku ini jadi terasa aktual.

Alur penjelasannya yang jelas dan tangkas akan memudahkan pembaca mencerna semua konsep teori yang ditawarkan dalam buku ini

4. Komunikasi Antarbudaya Di Era Budaya Siber

Penulis : Rulli Nasrullah

Tahun Terbit : 21 Sep 2012

Penerbit : Prenada Media Group

Bahasa : Indonesia

Jumlah Halaman : 200

Dewasa ini, internet sudah benar-benar mengubah wajah dunia dan mengubah banyak hal. Ada hal yang sebelumnya terbatasi oleh kondisi dan medan geografis, sekarang jadi perlahan mengabur, menjadikan pertukaran informasi yang bisa dilakukan sepanjang waktu.

Buku Komunikasi Antarbudaya Di Era Budaya Siber ini menunjukkan kondisi yang ada saat ini semakin mengaburkan batasan antarbudaya, mengubah cara berkomunikasi antarbudaya, dan secara langsung maupun tidak menghadirkan percampuran budaya.

5. Komunikasi Budaya Memahami Komunikasi Antarmanusia Dan Antarbudaya

Penulis : Ngalimun

Tahun Terbit : 14 Agustus 2020

Penerbit : Perama Ilmu

Bahasa : Indonesia

Jumlah Halaman :244

Komunikasi Antarbudaya atau intercultural communication merupakan sebuah proses pertukaran pikiran dan makna antara orang-orang atau kelompok yang berbeda budaya.

Ketika komunikasi terjadi pada orang-orang berbeda bangsa ini, maka kelompok ras atau komunitas bahasa, komunikasi tersebut disebut komunikasi antarbudaya(KAB).

Pada dasarnya, komunikasi antarbudaya mengkaji tentang budaya yang berpengaruh pada aktivitas komunikasi, makna pesan verbal dan nonverbal berdasarkan budaya bersangkutan, kelayakan komunikasi, kapan mengkomunikasikannya, dan cara mengkomunikasikannya melalui verbal maupun nonverbal.

Semua hal tersebut dijelaskan lengkap dalam buku Komunikasi Budaya Memahami Komunikasi Antarmanusia Dan Antarbudaya ini.

Nah, itulah rekomendasi buku tentang ilmu budaya yang bisa jadikan referensi belajar. Mana buku yang tertarik kamu baca? Untuk menguraikan fenomena masyarakat, kamu tentu butuh dasar teori untuk menjelaskannya secara ilmiah dan valid.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon




Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com