Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atom: Pengertian, Jenis, Teori, dan Cara Penomorannya

Kompas.com - 12/10/2022, 14:30 WIB
Atom Photo by Hans on Pixabay Atom
Rujukan artikel ini:
Buku Pengayaan Kimia: Atom, Ion,…
Pengarang: Ibnu Shohib
|
Editor Rahmad

Apa itu atom? Kamu mungkin tidak asing dengan istilah atom dan sebagian orang menganggapnya sesuatu hal yang mengeringkan. Berbicara soal atom tidak jauh hubungannya dengan molekul senyawa yang akan menjabarkan pengertian atom.

Memahami Apa Itu Atom?

Tentu saja keberadaan atom tidak lepas dari setiap pembahasan molekul dan senyawa. Konsep atom, partikel terkecil dari materi, pertama kali diciptakan oleh Democritus. Menurutnya, semua benda dapat diuraikan menjadi partikel terkecil yang tidak dapat diuraikan lebih lanjut, yakni disebut atom.

Seiring waktu, ilmu pengetahuan juga berkembang karena partikel dasar atom ditemukan dalam bentuk proton, elektron, dan neutron. Atom terbentuk dari partikel dasar ini.

Partikel elementer ini memiliki muatan positif dan negatif, tetapi beberapa tidak memiliki muatan dan memiliki massa yang berbeda.

Biasanya, proton memiliki muatan positif dan elektron memiliki muatan negatif, sedangkan neutron tidak bermuatan atau netral. Hal ini karena proton bergabung dengan elektron, sehingga mengubah sifatnya menjadi netral.

Jenis-jenis Atom

Kamu pasti mengerti bahwa karena ukurannya, atom sangat kecil sehingga sulit dilihat dengan mata telanjang. Namun berkat alat yang sangat canggih yang disebut mikroskop, kita dapat melihat bahwa atom berukuran kurang dari 10 miliar milimeter.

Hal yang sama berlaku untuk partikel lain seperti elektron, yang sekitar 1/100.000 atom. Seperti jenis-jenis atom berikut ini:

1. Proton

Proton adalah partikel yang bermuatan positif yang terdapat dalam inti atom. Proton ini biasanya dilambangkan dengan huruf P dan memiliki massa 1 sma (satuan massa atom). Muatan proton adalah +1, yang juga sebanding dengan 1,602 x 10-19 coulomb.

Setiap unsur harus mengandung atom tertentu dengan jumlah proton yang berbeda. Misalnya, hidrogen memiliki satu proton. Kemudian kita memiliki lithium, yang memiliki tiga proton. Lalu ada natrium, yang memiliki sekitar 11 proton, dan seterusnya.

2. Neutron

Kata neutron berasal dari bahasa Latin netral dan berarti kebebasan. Di sisi lain, simbol neutron adalah n dan massa neutron sesuai dengan 1 sma (satuan massa atom).

Contohnya Helium memiliki dua neutron. Kemudian kita memiliki lithium, yang memiliki tiga neutron. Ada juga natrium, yang memiliki 11 neutron.

3. Elektron

Partikel yang menyusun benda dengan massa paling ringan adalah elektron. Sebuah elektron memiliki massa hanya 1/1.840 sma (satuan massa atom). Oleh karena itu, elektron sering dianggap tidak bermassa. Namun, elektron memiliki muatan negatif sebesar 1,602 x 10-19 coulomb.

Teori Atom Dalton

Pada tahun 1803, seorang fisikawan dan kimiawan bernama John Dalton mengajukan teori bahwa materi harus terdiri dari atom. Dari teori ini disimpulkan bahwa atom adalah bagian terkecil dari unsur. Atom cenderung memiliki sifat netral, juga dikenal sebagai tidak memiliki muatan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Teori atom Dalton mencakup empat hal penting seperti berikut ini:

  1. Semua materi terdiri dari partikel terkecil yang disebut atom
  2. Atom tidak dapat lagi dibuat, dihancurkan, atau dipecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil
  3. Atom-atom dari unsur yang sama memiliki sifat dan massa yang sama
  4. Atom yang unsur berbeda memiliki sifat dan massa yang berbeda pula

Cara Penomoran dan Massa Atom

Apakah kamu tahu bahwa atom tidak selalu ditulis menurut abjad, seperti yang biasa dilakukan? hal tersebut karena atom memiliki massa. Jumlah proton dan neutron dalam nukleus kemudian diikat bersama dan biasanya nomor yang sama.

Massa proton dan neutron juga kira-kira sama dan jumlah mereka juga kira-kira sama dengan massa atom. Massa elektron sangat kecil sehingga tidak menambah banyak massa atom secara keseluruhan. Berikut inilah nomor atom dan massanya:

1. Nomor Atom (Z)

Jumlah proton yang dikandung atom disebut nomor atom, diikuti dengan simbol Z. Nomor atom ini adalah properti dari unsur. Atom memiliki sifat yang netral, sehingga jumlah protonnya sama dengan jumlah elektron.

Nomor atom juga menunjukkan jumlah elektron. Nomor atom ini biasanya ditulis sedikit sebelum lambang unsur. Contohnya Notasi untuk atom oksigen adalah 8 karena atom oksigen memiliki 8 proton dan 8 elektron.

2. Nomor Massa (A)

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa massa atom sangat kecil bahkan bisa dianggap nol. Oleh karena itu, massa atom ditentukan oleh massa inti dalam istilah proton dan neutron.

Jumlah massa proton dan neutron disebut nomor massa dan kira-kira sama dengan massa atom. Contohnya Atom oksigen memiliki nomor atom 8 dan nomor massa 16. Oleh karena itu, atom oksigen mengandung 8 proton dan 8 neutron.

Buku Pengayaan Kimia: Atom, Ion, Dan Molekul yang ditulis Ibnu Shohib bisa kamu jadikan referensi untuk banyak belajar tentang atom. Buku ini membahas tuntas berbagai hal yang berkaitan dengan molekul senyawa, termasuk atom.

Buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com