Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah Serta Cara Memperoleh Khasiatnya

Kompas.com - 07/10/2022, 11:30 WIB
manfaat lidah buaya untuk wajah dan cara memperolehnya Sumber: vogue.in manfaat lidah buaya untuk wajah dan cara memperolehnya
Rujukan artikel ini:
Raja Obat Alami Aloe Vera…
Pengarang: Lely Noormindhawati Dan Re!media…
|
Editor Rahmad

Lidah buaya atau aloe vera tidak hanya dikenal karena khasiatnya bagi kesehatan kulit kepala serta rambut saja, tetapi, tanaman tersebut juga mempunyai segudang manfaat lainnya. Salah satunya adalah manfaat lidah buaya untuk wajah.

Habitat asli tanaman lidah buaya ini berasal dari Afrika, Asia, dan Amerika. Lidah buaya diketahui, masuk ke dalam suku Liliaceae. Di mana, selain lidah buaya, masih ada sebanyak 4000 jenis lagi tumbuhan yang tergolong ke dalam suku ini.

Kandungan Gizi Pada Lidah Buaya

Saat ini, lidah buaya banyak digunakan di dalam beberapa produk kesehatan. Mengingat, ada banyak kandungan yang terkandung dalam tanaman ini yang bagus untuk tubuh. Kandungan nutrisi yang dimiliki oleh lidah buaya di antaranya adalah vitamin, berupa vitamin B, vitamin B12, vitamin E, vitamin C. Selain itu, terdapat juga kandungan asam folat serta mineral, yaitu kalsium, sodium, magnesium, zinc, kromium selenium, serta potassium mangan.

Selain kandungan di atas, lidah buaya juga dipercaya memiliki antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi kulit dari sinar UV. Lidah buaya juga diketahui bersifat antiinflamasi, yaitu terdapat sebuah enim yang disebut dengan Bradykinase.

Di dalam tanaman ini juga memiliki banyak kandungan asam lemak, asam salisilat, serta hormon auksin dan giberelin yang kaya manfaat akan tubuh.

Melihat kandungannya saja, bukan hal aneh jika tanaman ini sangatlah berkhasiat. Termasuk manfaat lidah buaya untuk wajah.

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa kandungan di dalam lidah buaya yang memiliki peranan yang besar dalam menjaga Kesehatan dan kulit wajah. Oleh karena itu, tanaman ini juga mulai banyak dimanfaatkan sebagai bahan dasar untuk produk kecantikan.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah

manfaat lidah buaya untuk wajah dan cara memperolehnya manfaat lidah buaya untuk wajah dan cara memperolehnya

1. Melembapkan kulit wajah

Manfaat lidah buaya untuk wajah yang pertama ialah mampu melindungi kulit dari sinar matahari. Tanaman ini mengandung banyak antioksidan yang berfungsi menghalau paparan sinar UV ke kulit wajah.

Gel lidah buaya juga bersifat mendinginkan sekaligus melembabkan kulit. Meskipun bisa melindungi dari sinar matahari, tetapi penggunaan sunscreen masih tetap dianjurkan. Sebab, berdasarkan hasil riset, penggunaan lidah buaya bukan cara yang efektif untuk mencegah sengatan matahari.

2. Mencegah penuaan dini

Selain mampu melembabkan, manfaat lidah buaya untuk wajah adalah bisa melawan penuaan pada kulit wajah. Gel lidah buaya memiliki kandungan vitamin C dan E, beta-karoten yang tinggi. Oleh sebab itu, tanaman ini mempunyai sifat anti penuaan.

Lidah buaya juga mengandung zat yang mampu membantu menghilangkan noda kulit dan mengurangi garis usia. Selain itu, membantu dalam meningkatkan produksi kolagen pada tubuh serta elastisitas kulit.

3. Mengurangi infeksi

Manfaat lidah buaya untuk wajah yang selanjutnya adalah bisa mengurangi infeksi dan jerawat. Lidah buaya bersifat antimikroba yang mampu mengobati jerawat tanpa menyebabkan kerusakan di kulit.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Cara Memperoleh Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah

manfaat lidah buaya untuk wajah dan cara memperolehnya manfaat lidah buaya untuk wajah dan cara memperolehnya

1. Mengoleskan gel lidah buaya

Cara paling mudah yang bisa dilakukan untuk mencerahkan wajah adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya di area kulit. Jangan lupa untuk mencuci lidah buaya dengan bersih lebih dulu.

Gel lidah buaya bisa didapatkan dari bagian dagingnya. Lalu, oleskan gel tersebut ke wajah supaya manfaat lidah buaya untuk wajah bisa terlihat hasilnya.

2. Memakai masker wajah yang berbahan dasar lidah buaya

Manfaat lidah buaya untuk wajah bisa kamu dapatkan melalui penggunaan masker wajah yang berbahan dasar lidah buaya atau aloe vera. Misalnya dengan mencampurkan jus lidah buaya dengan air perasan lemon.

Masker dengan campuran lidah buaya dan air lemon bisa menghilangkan kotoran dan mengangkat noda di wajah.

3. Menggunakan produk dengan kandungan lidah buaya

Sekarang, sudah banyak produk kecantikan dan Kesehatan yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan dasar dalam pembuatannya. Oleh karena itu, pemakaian produk dengan bahan dasar tersebut bisa mendatangkan manfaat.

Namun, saat ingin menggunakan produk, jangan lupa untuk membaca aturan pakainya terlebih dahulu, agar mendapat hasil yang maksimal.

Itulah manfaat lidah buaya untuk wajah dan cara memperoleh khasiatnya. Sebagai tanaman herbal, lidah buaya memang sangat baik untuk kesehatan. Lidah buaya memang dikenal sebagai Tanaman Obat Keluarga (TOGA).

Gimana, penasaran dengan khasiat yang terkandung pada tanaman lidah buaya lainnya? Jika iya, kamu bisa mengetahuinya dengan membaca buku Raja Obat Alami Aloe Vera Khasiat A-Z. pada buku ini akan dijabarkan segudang manfaat yang dimiliki oleh tanaman ini.

Pasalnya, tidak hanya bagus untuk kulit wajah, tetapi tanaman lidah buaya juga memiliki khasiat untuk tubuh yang mampu mengatasi berbagai penyakit. Lidah buaya juga dapat diolah untuk menjadi aneka kuliner yang lezat dan juga bisa dijadikan sebagai bahan kerajinan tangan.

Semuanya akan kamu temukan di dalam buku Raja Obat Alami Aloe Vera Khasiat A-Z. buku ini bisa langsung kamu pesan melalui https://www.gramedia.com/

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com