Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Jenis-jenis Gaya dalam Fisika, Kenali Sifat dan Contohnya

Kompas.com - 12/09/2022, 12:31 WIB
Jenis-jenis Gaya dalam Fisika Photo by geralt on Pixabay Jenis-jenis Gaya dalam Fisika
Rujukan artikel ini:
Fisika Dasar Ed 7 Jld.…
Pengarang: Halliday, Resnick, Walker
|
Editor Rahmad

Gaya adalah bagian dari materi dalam fisika dasar. Simbol satuan yang digunakan dalam setiap rumus gaya ditentukan dari setiap hukum fisika. Dalam fisika, gaya mendorong dan menarik. Gaya dapat menggerakkan benda yang bebas atau tidak dibatasi.

Juga, konsep gaya dalam fisika adalah besaran dengan besar dan arah tertentu. Gaya adalah sebuah interaksi yang jika bekerja sendiri-sendiri maka akan menyebabkan perubahan keadaan gerak suatu benda.

Gaya dapat mempengaruhi gerakan, posisi, atau perubahan bentuk benda. Kamu mungkin sudah tidak asing dengan beberapa hukum gaya dalam ilmu fisika yang sudah mulai dikenalkan sejak bangku menengah pertama.

Namun ada beberapa gaya dalam fisika yang mungkin tampak asing bagimu, padahal dekat dan sering kamu temukan contoh prakteknya dalam kehidupan sehari-hari. Simak jenis-jenis gaya dalam fisika lengkapnya berikut ini:

Jenis-jenis Gaya dalam Fisika

Gaya merupakan bagian integral dari kehidupan manusia. Gaya berasal dari banyak hal. Seperti gerakan tubuh, mereka menggerakkan sesuatu untuk menyelesaikan pekerjaan. Gaya selalu menyertai aktivitas manusia.

Sebuah benda tetap dalam keadaan itu jika masih diam atau dalam gerakan linier beraturan sampai gaya diterapkan. Hukum kedua menyatakan bahwa gaya eksternal yang bekerja pada tubuh menghasilkan percepatan.

Percepatan atau perubahan kecepatan tubuh dalam arah gaya. Besarnya percepatan akan berbanding lurus dengan besarnya gaya dari luar. dan berbanding terbalik dengan jumlah materi dalam benda tersebut.

Ketika suatu benda menerima gaya dari benda lain, kedua benda tersebut melakukan gaya. Gaya adalah gaya benda pertama sama dengan gaya pertama. Prinsip aksi dan reaksi ini menjelaskan banyak hal.

Jelaskan mengapa suatu gaya cenderung mengubah bentuk suatu benda, terlepas dari apakah gaya tersebut menggerakkan benda tersebut. Berikut ini jenis-jenis gaya dalam fisika yang bisa kamu pahami dan kenali contohnya dalam praktek kehidupan sehari-hari:

1. Gaya Normal

Gaya normal adalah gaya reaksi yang terjadi ketika suatu benda diletakkan. Posisi benda tegak lurus bidang. Besarnya gaya normal yang bekerja pada suatu benda ditentukan oleh besarnya gaya lain. Sebuah gaya bekerja pada benda secara bersamaan.

Contohnya seperti buku yang diletakkan di permukaan. Permukaan kemudian memberikan gaya ke atas pada buku. Misalnya, seseorang bersandar di dinding.

Kemudian dorong orang yang bersandar pada dinding. Gaya dorong yang diberikan adalah horizontal. Ini adalah contoh gaya normal.

2. Gaya Otot

Kekuatan otot adalah jenis atau jenis kekuatan yang dimiliki oleh suatu organisme dengan otot. Gaya otot ini muncul untuk koordinasi. Koordinasi terjadi antara struktur otot dan rangka tubuh.

Kekuatan otot termasuk dalam kelompok kekuatan kontak. Misalnya, ketika seseorang mengangkat beban. Otot-otot tubuh diatur agar mampu mengangkat beban. Itulah yang dapat membantu seseorang mengangkat beban.

3. Gaya Pegas

Gaya pegas adalah gaya yang dihasilkan oleh pegas. Pegas di sini adalah pegangan elastis. Karena pegas bergerak, gaya pegas dapat terjadi. Gaya pegas juga berkaitan erat dengan gaya elastis dengan Hukum Hooke. Contohnya pada peregangan dan docking.

Memungkinkan bentuk untuk kembali ke bentuk aslinya setelah gaya diterapkan. Misalnya, seseorang yang melakukan panahan. Saat hendak menembak, ia mengeluarkan tenaga berupa seseorang menarik anak panah.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Gravitasi

Gravitasi adalah salah satu jenis gaya gravitasi. Gravitasi ini menarik semua benda bermassa. Kereta berjalan di atas tanah. Contoh paling sederhana adalah gravitasi di Bumi.

Tanpa gravitasi, semua benda di Bumi akan melayang. sama dengan alam semesta. Oleh karena itu, bumi menarik semua benda yang ada.

5. Gaya Gesekan

Gesekan adalah berbagai gaya yang dihasilkan oleh kontak. Sentuhan terjadi secara langsung antara dua permukaan suatu benda. Gesekan selalu dalam arah yang berlawanan. Arah gaya gesek akan selalu berlawanan dengan arah gerak benda.

6. Listrik

Gaya listrik adalah jenis gaya yang timbul dari suatu benda bermuatan listrik. Sebuah benda bermuatan menciptakan medan listrik. Fans adalah contoh utama. Aliran arus menyebabkan kipas menjadi energi kinetik dan berputar.

7. Gaya Mesin

Gaya mesin merupakan daya yang dihasilkan oleh kerja suatu mesin. Contohnya termasuk mesin sepeda motor, mobil, dan elektronik.

Mekanik dinilai sangat efektif dalam mempermudah pekerjaan manusia. Itu karena orang tidak perlu menghabiskan gaya penuh untuk menggunakannya.

8. Gaya Magnet

Gaya magnet adalah jenis gaya dalam fisika hasil dari gaya elektromagnetik. Salah satu dari empat kekuatan besar berdasarkan alam. Gaya magnet disebabkan oleh pergerakan muatan listrik.

9. Ketegangan

Gaya tegangan adalah berbagai gaya yang menggunakan tali, kawat, atau kabel sebagai salurannya. Sebuah gaya dihasilkan ketika Anda menarik sebuah benda.

Menarik dilakukan oleh gaya yang bekerja dari ujung yang berlawanan. Benda yang dimaksud adalah benda di ujung kabel yang berlawanan arah.

10. Gaya Hambatan Udara

Gaya hambat ini merupakan gaya gesek khusus. Gaya ini bertindak sebagai benda yang bergerak di udara. Hambatan udara adalah hal biasa. Contohnya adalah pemain ski yang menuruni bukit, sky driver, atau objek dengan permukaan yang besar.

Besarnya gaya gesekan ditentukan oleh permukaan benda. Seperti kehalusan atau kekasaran permukaan suatu benda.

Pertama kali diterbitkan pada tahun 1960, Fisika Dasar yang ditulis Halliday-Resnick-Walker adalah salah satu buku fisika yang paling banyak digunakan di dunia. Buku ini sudah diterjemahkan dalam 40 bahasa yang berbeda.

Di Indonesia sendiri, Buku Fisika Halliday ini telah lama menyandang predikat sebagai buku unggulan dalam mata kuliah Dasar-dasar Fisika. Selama bertahun-tahun, buku Fisika Dasar Halliday telah diakui di Indonesia sebagai 'Kitab Suci' bagi mahasiswa matematika dan teknik yang mempelajari Fisika Dasar di tahun pertama mereka.

Menggabungkan materi berkualitas tinggi dengan presentasi yang menarik, buku ini memberi siswa pemahaman yang mendalam tentang konsep fisika dasar dan kemampuan untuk menerapkan pemahaman konseptual untuk menyelesaikan masalah kuantitatif dengan lancar.

Buku ini sendiri bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com