Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Belajar Biologi yang Efektif Menuju Ujian Nasional

Kompas.com - 06/12/2021, 12:08 WIB
Sumber Foto : Freepik.com
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Bagi pelajar yang saat ini duduk di bangku kelas 12, saat-saat menjelang Ujian Nasional adalah saat yang paling krusial.

Banyak dari mereka yang merasa panik ketika membayangkan akan mendapat pertanyaan yang sulit.

Tak hanya itu, mereka juga merasa takut karena waktu yang mereka gunakan dalam memahami materi masih terasa kurang.

Walaupun sudah menghabiskan waktu belajar hampir tiga tahun, tetap saja tidak bisa menjamin apakah mereka bisa menyerap semua materinya dengan baik.

Khusus para pelajar SMA, mereka juga diharuskan untuk memilih salah satu materi pelajaran pilihan, yang akan mereka kerjakan dalam Ujian Nasional.

Bagi pelajar SMA jurusan IPA, mereka wajib memilih salah satu mata pelajaran diantara Biologi, Fisika, atau Kimia.

Begitupun dengan jurusan IPS yang harus memilih antara Sejarah, Geografi, Ekonomi, atau Sosiologi.

Hal ini sering membuat dilema tersendiri, dan butuh waktu lama bagi mereka untuk menentukan mata pelajaran apa yang akan dipilih.

Walaupun sebenarnya setiap mata pelajaran memiliki tingkat kesulitan yang sama, hanya saja pemahaman masing-masing individunya berbeda.

Saat sudah memilih salah satu, mereka harus belajar untuk mengingat semua materi yang sudah mereka pelajari sebelumnya, dari kelas 10 sampai kelas 12.

Untuk para pelajar yang memilih Biologi sebagai mata pelajaran pilihan dalam Ujian Nasional, itu berarti mereka harus memahami semua materinya dari awal (Dasar-Dasar Manusia) sampai materi akhir (Evolusi manusia dan Bioteknologi). Baca selengkapnya Cabang Ilmu Biologi.

Tentunya hal ini akan sangat menguras waktu, tenaga, dan pikiran.

Apalagi bagi mereka yang biasanya hanya mengandalkan sistem belajar SKS (Sistem Kebut Semalam) atau belajar di saat menjelang ulangan kenaikan kelas saja.

Walaupun sebenarnya, tidak pernah ada kata terlambat untuk orang yang mau belajar dan berusaha.

Setiap pelajar pasti bisa memahami materi dengan baik, asalkan mereka mengetahui bagaimana cara-cara belajar yang efektif, yang bisa membantu mereka untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam Ujian Nasional.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Berikut ini adalah tips efektif yang bisa dipraktikkan agar bisa memahami materi dengan baik:

1. Niatkan Hati dan Pikirkan Tujuan Utama

Niat adalah sesuatu yang berasal dari dalam hati, dan harus dimiliki oleh tiap individu saat ingin melakukan sesuatu, termasuk dalam hal belajar.

Saat ingin memulai proses belajar, kamu harus terlebih dahulu tahu apa tujuanmu dalam belajar, supaya kamu memiliki alasan untuk semangat dan tidak malas-malasan.

2. Belajar dari Dasar, Jangan Ditelan Sekaligus

Dalam film Habibie-Ainun 3, ada salah satu dialog yang diucapkan oleh pemeran utama, yang cocok dengan tips yang satu ini.

“Sebuah bangunan yang berdiri dengan kokoh, dibangun dengan hanya diawali oleh satu butir pasir kecil”.

Sama dengan belajar, kamu tidak bisa langsung masuk ke tengah materi atau langsung mau melahap habis semua materinya sekaligus, karena hal itu hanya akan membuatmu stress.

Step by step adalah hal yang terpenting, di awal kamu harus belajar dasar-dasarnya dulu, baru kemudian masuk ke materi selanjutnya.


Baca juga: Tips Belajar Daring


3. Buat Rangkuman yang Menarik Sesuai Versimu Sendiri

Setelah kamu selesai membaca semua materi, kamu bisa menulis rangkumannya untuk membantu kamu lebih mengingat materi yang sudah dipelajari sebelumnya.

Jika kamu sering menjelajah di media sosial, kamu pasti sering menemukan akun-akun studygram yang bisa memberikan kamu referensi bagaimana membuat catatan rangkuman yang menarik, supaya menambah semangatmu dalam belajar.

4. Perbanyak Latihan Soal

Saat kamu merasa sudah mantap dalam memahami suatu materi, kamu bisa menguji pemahamanmu dengan mengerjakan latihan soal, hal ini juga berguna supaya kamu terbiasa untuk memahami tipe-tipe soal yang nanti akan kamu hadapi dalam Ujian Nasional.

Sebagai referensi dalam memahami materi Biologi, kamu bisa menggunakan buku Super Coach Pola Belajar Siswa Mandiri edisi Biologi yang dibuat dalam 3 versi untuk materi kelas 10, 11, dan 12.

Atau kalau kamu ingin memiliki satu buku yang lengkap dengan materi dan latihan soal, kamu bisa menggunakan buku Rumus Ekspress, Kuasai Biologi dengan Cepat dan Mudah.

Buku ini memberikan kamu akses gratis untuk bisa menonton video pembahasan materi yang bisa dengan mudah kamu scan melalui barcode yang sudah tersedia di dalam bukunya.

Atau kalau kamu masih merasa kurang dalam latihan soal, kamu bisa mengunduh aplikasi khusus soal-soal yang juga bisa kamu scan melalui barcode yang sudah disediakan.

Kalau kamu tertarik dan ingin memiliki bukunya, kamu bisa membeli buku fisiknya di laman Gramedia.com atau bisa juga membeli e-booknya lewat Gramedia Digital.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com