Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Menyenangkan Belajar Fisika

Kompas.com - 11/11/2021, 19:00 WIB
Sumber foto: Pexels
Rujukan artikel ini:
100% Jawara Fisika, Libas Habis…
Pengarang: Samekto Budi Pramono
Penulis Lika Purnama
|
Editor Almira Rahma Natasya

Fisika adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang meneliti tentang semesta dan bagaimana ia bekerja.

Beberapa ilmuwan fisika yang terkenal dan berpengaruh diantaranya adalah Galileo Galilei yang disebut sebagai Bapak Fisika Modern, Albert Einstein si Genius yang menemukan persamaan E=mc2, Isaac Newton dengan penemuan terkenalnya tentang gravitasi, dan Thomas Edison yang membantu seluruh dunia menjadi terang dengan penemuan lampu pijarnya.

Fisika termasuk salah satu ilmu sains yang menarik, sebab setiap muncul teori baru bukan hanya membawa jawaban melainkan juga teka-teki baru yang harus dipecahkan.

Sehingga selama alam semesta masih ada, maka belajar fisika juga tak akan ada habisnya.

Sayangnya, sama seperti matematika, fisika juga kerap dianggap menakutkan dan dikenal sangat sulit bagi sebagian murid karena memiliki banyak rumus serta hitungan yang kompleks.

Hal ini ternyata berpengaruh dan membuat belajar fisika seolah terasa sangat berat dan seperti mustahil dilakukan.

Padahal, fisika juga erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari, tentu akan sangat menguntungkan jika dapat memahaminya, bukan?

Ternyata, ada hal-hal yang bisa dilakukan agar belajar fisika terasa menyenangkan, lho, langsung saja simak tips-tipsnya berikut ini.

6 Tips Menyenangkan Belajar Fisika

1. Pikiran Mempengaruhi Perilaku

Benarkah fisika sulit? Sebetulnya tidak juga. Sulit tidaknya suatu hal tergantung bagaimana kamu memandangnya.

Sayangnya, banyak yang berpikir bahwa belajar fisika adalah hal yang rumit, tidak menyenangkan, dan bikin sakit kepala, sehingga mempelajarinya pun menjadi sulit bahkan bisa memunculkan rasa malas.

Dalam rumpun Ilmu Psikologi terdapat terapi CBT atau Cognitive Behavioral Therapy yang memungkinkan merubah perilaku dengan cara memperbaiki pemikiran yang keliru.

Sehingga bila mengacu pada konsep CPB ini, agar memunculkan semangat belajar fisika menjadi lebih lancar, kamu perlu menghilangkan pemikiran bahwa fisika itu tidak mudah.

2. Belajar dari Dasar

Belajar ilmu pasti yang selalu terkait dengan rumus memerlukan usaha yang keras dan proses yang tidak sebentar.

Sama seperti ketika bayi baru lahir, tak mungkin langsung bisa berlari, kan? Bayi akan belajar tengkurap, duduk, merangkak, berjalan perlahan, baru kemudian bisa berlari.

Belajar fisika juga sebaiknya dimulai dengan mempelajari bab paling dasar terlebih dahulu agar memiliki pemahaman yang baik sehingga ketika mengerjakan persoalan yang rumit, kamu tidak kebingungan.


Baca juga: Fisika Kuantum


3. Pahami, Bukan Menghafal

Dalam proses belajar fisika, kamu tak bisa hanya dengan menghafal rumus, misalnya rumus gaya F = m x a.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Tetapi, kamu perlu juga mengerti seluk beluk rumus tersebut, bahwa gaya adalah salah satu besaran turunan dan memiliki satuan newton (N), sekaligus familiar dengan istilahnya; F = gaya, m = masa benda, dan a = percepatan.

Dengan mengerti suatu rumus atau materi secara menyeluruh akan membantu kamu untuk lebih memahami dan membantu ketika mengerjakan soal-soal nanti yang biasanya terdapat modifikasi.

4. Mencatat dan Membuat Rangkuman

Salah satu metode yang ampuh untuk membantu memahami materi adalah dengan metode membuat rangkuman dan mencatat manual.

Ketika mencatat, kamu tak hanya membaca namun juga menuliskan ulang seluruh bacaan itu ke dalam kertas.

Nah, proses menulis ulang inilah yang bisa membantu kamu untuk mengingat kembali materi tersebut.

5. Perbanyak Latihan Soal

Kadangkala, satu rumus bisa dimodifikasi menjadi puluhan tipe soal yang berbeda.

Sayangnya ketika ujian, kita tidak bisa menebak tipe soal manakah yang akan muncul nantinya.

Karena itu sangat disarankan untuk memperbanyak latihan mengerjakan soal-soal dengan tipe dan kesulitan yang berbeda-beda.

Sebab semakin banyak kamu berlatih mengerjakan soal dengan tipe-tipe yang berbeda, maka kemampuan dan pemahaman kamu akan semakin meningkat.

6. Cari Referensi yang Menyenangkan

Belajar yang efektif tentu saja membutuhkan sumber atau referensi yang valid.

Untungnya sekarang telah banyak tersedia media online seperti Youtube dimana kamu bisa menemukan konten-konten menarik untuk belajar fisika.

Namun, bila kamu lebih suka membaca, ada banyak pula judul-judul buku yang bisa kamu coba untuk dijadikan referensi belajar.

Salah satunya adalah buku 100% Jawara Fisika karya Taufik Hidayat, sangat cocok untuk kamu yang sedang duduk di bangku SMA dan isinya begitu lengkap untuk mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional.

Buku ini berisi materi dasar sampai akhir dengan penjelasan yang mudah dimengerti, contoh soalnya bervariasi, dan dilengkapi juga dengan pembahasannya.

Jika kamu lebih suka belajar dengan gambar yang lucu dan menarik, bosan dengan buku teks yang penuh dengan tulisan, mungkin buku Kartun Fisika karya Larry Gonick bisa kamu coba.

Buku Kartun Fisika dilengkapi dengan ilustrasi semacam komik, penjelasannya disisipi humor, dan disertai penjelasan grafis yang membuat konsep terasa lebih mudah dimengerti.

Kalau kamu penasaran dengan kedua buku tersebut, kamu bisa mengunjungi laman Gramedia.com untuk membeli buku fisiknya, atau kamu dapat membaca e-booknya secara legal di Gramedia Digital.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com