Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin jadi Programmer Andal? Ini Tips Asyik Belajar Programming dari Nol

Kompas.com - 11/11/2021, 09:00 WIB
Sumber foto: Freepik
Rujukan artikel ini:
HTML, PHP, dan MySQL untuk…
Pengarang: Gregorius Agung P, Jubilee…
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Di zaman yang semakin modern, tugas komputer sekarang tidak hanya untuk mengetik dan bermain game online saja.

Kamu bisa memberikan suatu perintah kepada komputer untuk membuat sebuah program, dengan menggunakan bahasa pemrograman.

Pemberian perintah ini disebut sebagai programming.

Program yang bisa dibuat hanya dengan menggunakan layar komputer ini meliputi website khusus, aplikasi android, software, dan masih banyak program lainnya.

Untuk membuat sebuah program, kamu memerlukan pengetahuan untuk memahami bahasa pemrograman yang jumlahnya bisa lebih dari satu macam.

Tapi dari sekian banyak bahasa pemrograman yang tersedia, ada 5 bahasa yang sudah familiar dan sering digunakan untuk membuat sebuah program.

Kelima bahasa pemrograman tersebut adalah JAVA, PHP, PYTHON, C++, dan HTML.

Jika kamu tertarik dan bermimpi ingin menjadi programmer andal, kamu bisa mulai belajar memahami kelima bahasa pemrograman dasar tersebut. Temukan pula Rekomendasi Teks Editor Terbaik Programmer.

Karena tidak bisa dipungkiri, di era yang serba digital seperti sekarang, banyak sekali kantor-kantor yang membuka lowongan pekerjaan, dengan syarat harus memiliki pengetahuan dan skill programming yang baik.

Selain untuk mendapatkan pekerjaan dengan mudah, skill programming ini juga memiliki banyak manfaat untuk kehidupanmu sehari-hari.

Manfaat Memiliki Kemampuan atau Skill Programming

1. Melatih Ketelitian

Untuk membuat satu program saja, dibutuhkan banyak sekali kode bahasa pemrograman yang harus digunakan.

Jika terdapat satu kesalahan dalam penulisan kode, maka programnya tidak akan sempurna atau malah berpotensi gagal.

Oleh karena itu, ketelitian dalam membaca kode-kode pemrograman ini sangat dibutuhkan supaya tidak terjadi kesalahan yang fatal.

2. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis

Kemampuan logika ini sangat dibutuhkan dalam menulis dan membuat bahasa pemrograman, supaya program yang akan kamu buat bisa bekerja dengan baik dan sesuai yang diharapkan.

Mempelajari logika pemrograman ini juga bisa melatih kemampuan berkfikir logismu untuk bisa menghadapi permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Baca selengkapnya Syarat Berpikir Logis.

3. Melatih Kemampuan dalam Menyelesaikan Suatu Permasalahan

Dengan mempelajari bahasa pemrograman, kamu dilatih untuk bisa menyelesaikan sebuah permasalahan yang ada melalui program yang kamu buat.

Secara tidak sadar, ini juga akan melatih kemampuanmu untuk menghadapi berbagai permasalahan yang ada dalam kehidupan.

Untuk kamu yang ingin mencoba belajar memahami programming dari nol, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan nih.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Tips Belajar Programming dari Nol

1. Pelajari Satu Persatu, Jangan Terburu-buru

Untuk menjadi seorang programmer andal, kamu membutuhkan banyak sekali pengetahuan mengenai bahasa pemrograman mulai dari yang mudah sampai yang rumit.

Tapi bagi kamu yang masih pemula, usahakan untuk belajar bahasa pemrograman yang dasar dahulu, supaya kamu tidak merasa terbebani dalam belajar.

Yang terpenting adalah kamu harus menikmati prosesnya, jangan terburu-buru ingin melahap semua bahasa pemrograman yang ada, supaya kamu bisa memahami materinya dengan baik dan benar.

2. Pahami dan Seimbangi Passive dan Active Learning

Dalam mempelajari bahasa pemrograman, ada dua metode pembelajaran yang bisa kamu terapkan, yaitu passive dan active learning.

Passive learning adalah mempelajari bahasa pemrograman melalui teori dengan membaca modul atau menonton video tutorial, sementara active learning adalah belajar melalui praktik.

Untuk bisa memahami kode-kode bahasa pemrograman, kamu harus bisa menyeimbangkan kedua metode ini, supaya pembelajaranmu bisa efektif dan tidak membosankan.

Jika kamu langsung praktik tanpa mengetahui teorinya terlebih dahulu, kamu pasti akan menemukan kesulitan karena belum memiliki banyak pengetahuan, begitupun sebaliknya.

Pada umumnya, rasio efektif yang biasa digunakan adalah 2:1, yang berarti mempelajari teori selama 2 jam, kemudian mencoba mempraktikannnya selama 1 jam penuh.

Tapi rasio itu tidak bisa menjadi patokan, untuk para pemula, kamu bisa mengatur sendiri rasio efektif yang sesuai dengan jadwal pembelajaranmu.

3. Cobalah Membuat Program Sendiri

Kamu bisa coba untuk membuat sebuah program yang mudah dahulu, seperti membuat website khusus yang berisi namamu sendiri, kemudian kamu bisa menambahkan hiasan-hiasan yang unik dan menarik.

4. Perbanyak Referensi

Referensi bacaan mengenai programming ini bisa kamu cari dengan mudah di internet, atau kamu juga bisa membacanya melalui buku modul yang biasa tersedia di toko buku.

Tapi usahakan untuk mencari buku atau modul yang memiliki tutorial yang lengkap dan berurutan, supaya bisa mempermudah proses pembelajaranmu.

Bagi kamu para pemula yang membutuhkan referensi bacaan, kamu bisa gunakan buku HTML, PHP, dan MySQL untuk Pemula yang bisa menambah pengetahuanmu mengenai bahasa pemrograman dasar.

Melalui buku ini, kamu akan diajak untuk belajar membuat form dan database yang biasa dibutuhkan untuk suatu pekerjaan tertentu.

Selain itu, kamu juga bisa gunakan buku Why? Software and Coding sebagai referensi bacaan tambahan.

Walaupun ini adalah komik pendidikan untuk anak-anak, orang dewasa juga tetap bisa membacanya dalam mengenali bahasa pemrograman dengan lebih asyik, karena ilustrasi dan ceritanya yang sangat menarik untuk dinikmati.

Jadi, buku ini juga sangat cocok untuk mengenalkan bahasa pemrograman kepada anak-anak.

Buku ini dijamin akan membuat konsep belajar programing menjadi lebih menyenangkan dan mudah dimengerti.

Bagi kamu yang penasaran, kamu bisa membeli buku ini di laman Gramedia.com atau bisa membeli e-booknya secara legal di Gramedia Digital.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com