Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Review Buku Kata-Kata Bijak Warren Buffet Sebagai Sentilan Kata Sindiran Buat Orang Sok Benar Dalam Berbisnis

Kompas.com - 06/08/2022, 15:30 WIB
review buku kata bijak warren buffet dream.co.id review buku kata bijak warren buffet
Rujukan artikel ini:
Kata-Kata Bijak Warren Buffet
Pengarang: David Clark & Mary…
|
Editor Rahmad

Kamu memiliki usaha bisnis bersama dengan teman? Jangan sampai menimbulkan masalah, ya. Timbulnya masalah ketika berbisnis bareng teman karena kita tidak mampu memisahkan antara hubungan pribadi dengan hubungan pekerjaan.

Memang, berbisnis bersama teman itu jauh lebih mudah dan menyenangkan dibandingkan dengan orang yang baru dikenal. Pasalnya, kita telah memahami karakter serta gaya satu dengan yang lain. Itulah juga yang menjadi modal awal untuk kita memperkuat posisi kerja sama.

Namun, sayangnya tidak semua bisnis bareng teman itu berbuah manis. Kadangkala, ada saja ujian yang datang, bahkan bisa mengancam hubungan pertemanan kamu karena kesalahan dalam mengelola bisnis atau ketidak sejalannya dalam pemikiran.

Kadangkala, teman yang menjadi partner berbisnis kita merasa sok paling benar tentang apa rencana yang baik untuk kedepannya. Inikah yang bisa menjadi boomerang tersendiri dalam bisnis kita.

Jika kamu menemukan hal yang seperti itu dalam mengelola bisnis, kamu bisa mengutip beragam kata sindiran buat orang sok benar dari orang yang telah ahli di bidang bisnis.

Buku Kata-Kata Bijak Warren Buffet bisa jadi buku pegangan kamu dalam menghadirkan kata-kata sindiran untuk orang yang sok paling paham dalam berbisnis.

Review Buku Kata-Kata Bijak Warren Buffet

Buku yang ditulis oleh Mary Buffett menghadirkan filosofi dalam berbisnis Warren Buffet yang disajikan dalam bentuk kata-kata bijak yang sangat cerdas, mudah diingat, dan juga penuh dengan humor. Di dalam buku Kata-Kata Bijak Warren Buffet, penulis mengungkapkan filosofi hidup serta strategi investasi yang menjadikan Warren Buffet serta para pemegang saham Berkshire Hathaway menjadi milyarder internasional.

Kata-kata Bijak Warren Buffet

1. “Peraturan No.1: Jangan rugi. Peraturan No.2: Jangan pernah lupa peraturan No.1”

Rahasia terbesar untuk menjadi kaya ala Warren Buffet adalah membuat uang kamu jadi berlipat ganda, semakin besar uang yang kamu miliki di awal, maka akan semakin baik.

Semakin besar kerugian kamu, maka semakin besar dampaknya terhadap kemampuanmu untuk mendapatkan uang di masa yang akan datang. Hal inilah yang tak pernah dilupakan oleh Warren Buffet. Ini juga menjadi alasan kenapa ia tetap mengendarai mobil VW Beetle yang kuno dan lama setelah ia menjadi multi jutawan.

2. “Kekayaan pribadi yang besar di negara ini tidak dibangun di atas portofolio yang terdiri dari lima puluh perusahaan. Kekayaan itu dibangun oleh seseorang yang mengenali satu bisnis yang luar biasa.”

Kunci keberhasilan Warren Buffet adalah kemampuannya dengan tepat dalam mengidentifikasi karakter ekonomi dari sebuah bisnis yang luar biasa – bisnis yang mempunyai daya saing yang tahan lama, yang tertanam sangat mendalam pada benak konsumen.

3. “Lebih mudah menjauhkan diri dari masalah daripada mengeluarkan diri dari masalah.”

Jauh lebih mudah untuk menghindari diri dari godaan untuk melanggar hukum supaya mendapatkan uang dengan cara yang mudah, daripada harus menghadapi konsekuensinya jika kamu tertangkap. Untuk menghindari diri dari masalah, kamu cukup melakukan hal yang tepat pada saat yang tepat.

Sedangkan untuk mengeluarkan diri dari masalah, kamu perlu banyak uang dan banyak ahli hukum, dan sekalipun demikian, kamu mungkin saja tetap berakhir di penjara pada waktu yang lama.

4. “Kebahagiaan tidak dapat membelikan Anda uang.”

Warren Buffet tidak pernah mencampuradukkan kekayaannya dengan kebahagiaan. Uang tidak mengubah dirinya di tingkat yang mendasar.

Ketika Warren diminta oleh beberapa mahasiswa untuk mendefinisikan arti keberhasilan, ia mengatakan bahwa keberhasilan adalah dicintai oleh orang-orang yang kamu harapkan untuk mencintai kamu.

Kamu bisa menjadi orang terkaya di dunia, tetapi cinta kasih dari keluarga dan teman-teman, kamu akan juga menjadi orang yang paling miskin.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

5. “Anda ingin belajar dari pengalaman, tetapi Anda ingin juga belajar dari pengalaman orang lain kalau bisa.”

Pengalaman adalah sebuah guru terbaik, tetapi bisa menjadi mahal kalau kamu belajar dari kesalahan kamu sendiri. Lebih baik belajar dari kesalahan orang lain. Inilah yang menjadi alasan Warren telah mempelajari dan meneliti berbagai kesalahan bisnis serta investasi orang lain, menjadi bagian dari pola pendidikannya.

Warren ingin belajar di mana mereka melakukan berbagai kesalahan sehingga ia tidak melakukan kesalahan yang sama nantinya. Strategi ini sebetulnya bertentangan dengan sekolah bisnis yang hanya mempelajari banyak cerita keberhasilan.

Dalam berbisnis dan berinvestasi, lebih banyak orang yang jatuh dibandingkan dengan mereka yang bisa berjalan dengan mudah – kamu perlu belajar bukan hanya apa saja yang perlu dilakukan, tetapi juga apa saja yang seharusnya tidak dilakukan.

Kata-kata bijak Warren Buffet di dalam buku ini mampu menginspirasimu, mempertajam pikiran, serta menawarkan beragam tips investasi yang tak ternilai, yang bisa diaplikasikan oleh banyak orang.

Kita tak akan pernah cemas dan takut akan keadaan ekonomi yang saat ini, kalau sejak awal kita mengikuti pola pikir serta saran-saran dari Warren Buffet.

Buku Kata-Kata Bijak Warren Buffet memang sangat menginspirasi sekali untuk kita semua, banyak pelajaran yang membuat kita tercengang, yang ternyata hal mudah tapi tidak pernah kita lakukan. Atau malah kita sering melakukan hal yang sebaliknya, yang membuat kita kesulitan.

Buku ini berisi 125 kata-kata bijak Warren Buffet yang dikemas dengan bahasa yang mudah, disertai dengan contoh dan cerita dalam kehidupan berbisnis dan berinvestasi Warren Buffet.

Judul Buku: Kata-Kata Bijak Warren Buffet

Penulis: David Clark

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Tebal halaman: 257 halaman

Harga: Rp36.300

Buku ini bisa langsung kamu pesan di https://www.gramedia.com/

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com