Mengenal Seluk Beluk Manajemen Pemasaran, Cari Tahu di Sini

Kompas.com - 25/07/2022, 12:00 WIB
Manajemen Pemasaran
Sumber Gambar: Pexels.com Manajemen Pemasaran
Rujukan artikel ini:
Manajemen Pemasaran
Pengarang: Hery , S.E .,…
|
Editor Ratih Widiastuty

Setiap perusahaan atau pelaku bisnis harus memiliki strategi dan rencana dalam memasarkan produk agar dapat dikenal dan dijangkau oleh konsumen.

Tugas tersebut biasanya diemban oleh manajer pemasaran atau biasanya yang lebih dikenal dengan sebutan marketing management.

Manajer pemasaran merupakan salah satu jenis manajemen yang dibutuhkan seluruh bisnis terkait produk dan jasa yang dipasarkan agar dapat lebih dikenal oleh konsumen, sehingga penting bagi perusahaan untuk mengerti dan memahami perihal marketing management ini.

Saat ini tren dunia digital semakin membuat dunia pemasaran mulai beralih ke digital marketing, yang akan semakin memudahkan tugas manajer pemasaran untuk memasarkan produk dan jasa yang ingin ditawarkan oleh perusahaan kepada konsumen.

Hampir semua sektor bisnis yang ada kini memilih jalur digital marketing sebagai sarana untuk mempromosikan produk dan jasa yang ditawarkan, karena memang banyak manfaat dan keuntungan yang bisa diperoleh darinya.

Tugas yang dipikul oleh manajer pemasaran tidak hanya sebatas dalam memperkenalkan produk dan jasa saja, mereka juga harus menganalisis serta mengukur strategi proses pemasaran dalam suatu perusahaan untuk mencapai target yang diinginkan supaya laba atau keuntungan bisa didapatkan.

Oleh karenanya, peluang untuk bekerja sebagai seorang manajer pemasaran sangat terbuka lebar, karena saat ini hampir seluruh perusahaan membutuhkan perannya demi melancarkan penjualan dan pendapatan yang dihasilkan.

Akan tetapi, jika ditilik secara lebih jauh apa sebenarnya manajer pemasaran itu sendiri? Fungsi apa saja yang dapat dijalankannya? Untuk lebih tahu jawaban selengkapnya, simak penjelasannya berikut ini.

Definisi Manajer Pemasaran

Manajer pemasaran atau marketing management ialah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian untuk program-program yang telah dibentuk dalam menciptakan, membangun, dan menjaga pertukaran yang menghasilkan keuntungan melalui konsumen yang disasar untuk mencapai tujuan-tujuan perusahaan.

Manajer pemasaran merupakan sebuah bentuk usaha membuat rencana dan menjalankannya yang terdiri dari kegiatan mengorganisasi, memberikan arahan, mengawasinya, dan mengendalikan kegiatan dalam suatu perusahaan untuk dapat mencapai target dan tujuan perusahaan agar dapat lebih efektif dan efisien.

Manajer pemasaran sangat bergantung pada rancangan perusahaan dalam menyesuaikan kebutuhan pasar, khususnya target konsumen yang diinginkan, yang selama prosesnya meliputi harga, distribusi, hingga pelayanan.

Oleh karena itu, sangat penting sekali bagi perusahaan untuk dapat memantau manajer pemasaran agar mampu memberikan layanan terbaik dan memuaskan kepada konsumen, sehingga bisa berdampak pada pendapatan perusahaan.

Fungsi Manajer Pemasaran

1. Menganalisis Pasar

Aktivitas pemasaran dan penjualan dapat membantu manajer pemasaran dalam melihat dan menganalisis bagaimana permintaan yang dibutuhkan oleh pasar akan produk yang dipasarkan, untuk membuat konsumen semakin tertarik dengan produk maupun jasa yang ditawarkan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

2. Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar adalah aktivitas pemasaran yang bisa dilakukan secara lebih terarah dalam membagi suatu pasar ke dalam kelompok-kelompok yang berbeda, di mana dalam masing-masing kelompok mempunyai ciri yang hampir mirip antara satu sama lainnya.

3. Menetapkan Pasar Sasaran

Menetapkan pasar sasaran mempunyai arti sebagai memberikan nilai keaktifan pada setiap bagian yang kemudian memilih suatu bagian pasar atau lebih untuk dilayani.

Salah satu hal yang menentukan kegiatan ini ialah nilai bagian pasar dan pertumbuhan, seperti data mengenai usia konsumen.

4. Penempatan Pasar

Penempatan pasar adalah kegiatan identifikasi posisi pesaing yang sudah ada sebelum memutuskan penempatannya sendiri.

5. Perencanaan Pemasaran

Perencanaan pemasaran adalah aktivitas pemasaran yang dilaksanakan oleh suatu perusahaan melalui koordinasi dan arahan supaya tujuan perusahaan bisa tercapai, baik secara umum maupun khusus.

Setelah mengetahui dan memahami tentang definisi dari manajer pemasaran beserta fungsinya, mungkin kamu masih ingin mengorek lebih dalam lagi tentang bidang pekerjaan yang satu ini.

Untungnya, terdapat sebuah buku mengenai marketing management yang akan sangat sesuai untuk memuaskan dahaga kamu tentang profesi yang satu ini.

Buku Manajemen Pemasaran yang ditulis oleh Hery, S.E., M.Si., CRP., RSA., CFRM. ini akan memberikan penjelasan dan pemahaman yang jauh lebih mendalam dan mendetail tentang dunia marketing management yang diminati oleh banyak orang.

Buku ini terdiri dari enam bab yang masing-masing bagiannya akan membahas mengenai seluk beluk dunia manajemen pemasaran dengan pembahasan yang dibuat secara ringan dan sederhana, sehingga mudah untuk dipahami.

Bagi kamu yang tertarik untuk masuk atau menjalani profesi ini, maka buku Manajemen Pemasaran adalah pilihan yang tepat untuk berkenalan dan mempelajarinya.

Bukunya sendiri bisa kamu beli dan dapatkan melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon


Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.