Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Strategi Digital Marketing Masa Kini yang Hits dan Perlu Kamu Ketahui

Kompas.com - 06/01/2022, 13:00 WIB
Sumber Gambar : Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Digital Marketing Di Era 4.0
Pengarang: RIADHUS SHOLIHIN
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Di era yang serba digital seperti sekarang, bisnis kamu akan jauh tertinggal di belakang jika tidak menerapkan prinsip digital marketing strategy yang tepat.

Hal ini sangat penting karena seorang pebisnis di zaman modern harus lebih sadar dan paham mengenai strategi digital marketing yang layak untuk diterapkan ke dalam bisnis yang sedang kamu jalankan.

Digital marketing ini sebenarnya merupakan sebuah proses untuk mempromosikan atau memasarkan produk atau bisnis kamu melalui beberapa cara lewat internet.

Jika sebelumnya kegiatan ini hanya bisa dilakukan dengan cara-cara konvensional saja, maka saat ini kamu sudah bisa melakukannya secara online, tapi sebelum melakukannya pastikan dahulu kamu memiliki pengetahuan yang cukup mengenai strategi digital marketing ini.

Untuk pembahasan lebih lanjut, yuk simak empat strategi digital marketing terbaru yang bisa kamu coba mulai dari sekarang.

Jenis Strategi Digital Marketing Terbaru

1. Search Engine Optimization (SEO)

SEO adalah sebuah strategi efektif yang bisa membuat situs website bisnis kamu muncul pada bagian atas di halaman pencarian Google.

Di dunia digital marketing, kamu bisa merekrut orang-orang yang memang cocok untuk menangani SEO, misalnya seperti para Content Writer, SEO Specialist, Copywriter, dan masih banyak lagi.

2. Pay Per Click (PPC)

PPC merupakan salah satu strategi marketing dalam bentuk iklan melalui online, iklan ini biasanya muncul di bagian atas halaman mesin pencari Google.

Kamu akan mendapatkan bayaran setiap para pengunjung mengklik link yang terhubung dengan website bisnismu.

Sebelumnya, kamu harus lebih dulu membayar iklan PPC untuk mendapatkan slot atau posisi teratas di mesin pencarian Google, tapi iklan PPC ini termasuk iklan dengan biaya yang murah dibandingkan jenis iklan lainnya.

Contoh dari PPC yang sering digunakan oleh para pebisnis ini adalah Google Adwords, Facebook Ads, Twitter Ads, dan masih banyak lagi.

Terpenting, kamu harus menyiapkan modal awal yang cukup jika ingin menggunakan strategi digital marketing yang satu ini.

3. Email Marketing

Email marketing ini merupakan salah satu strategi digital marketing yang tertua sampai sekarang masih efektif untuk menjangkau dan melibatkan para pelangganmu dimanapun mereka berada.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Hal ini terjadi karena jumlah pengguna layanan email yang selalu bertambah setiap harinya. Bahkan menurut para ahli, jumlah pengguna layanan email akan mencapai angka 4,48 triliun di tahun 2024 nanti.

Berkat kepopulerannya inilah banyak bisnis yang masih memanfaatkan email marketing sebagai tempat mempromosikan produk mereka, bahkan juga rela merogoh kocek lebih dalam untuk berinvestasi dalam email marketing.

Saat kamu sudah memiliki daftar kontak email pelanggan dan sudah mendapatkan izin untuk menghubungi mereka, kamu bisa langsung mengirimkan berbagai jenis konten, penawaran promosi, dan masih banyak lagi, atau kamu juga bisa mengirim newsletter yang bisa mereka akses hanya dalam sekali klik saja.

4. Social Media Marketing

Social media marketing menjadi salah satu contoh strategi digital marketing terbaik untuk semua jenis bisnis.

Ditambah lagi dengan adanya pandemi Covid-19 yang akhirnya membuat jumlah pengguna media sosial melonjak lebih dari biasanya, dan menjadikan media sosial sebagai media pemasaran yang paling banyak menarik para pelanggan.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk memasarkan produk ini di media sosial, misalnya dengan meng-upload foto-foto produk yang kamu jual dengan ditambahkan kalimat ajakan yang membuat pelanggan tertarik untuk membelinya.

Untuk membuat hasil foto produkmu semakin bagus, kamu bisa menggunakan tools atau aplikasi tambahan supaya konten kamu juga lebih terlihat menjual.

Kalau kamu ingin belajar lebih banyak lagi mengenai strategi digital marketing, kamu bisa membaca penjelasan lengkapnya dalam buku Digital Marketing di Era 4.0 yang ditulis oleh Riadhus Sholihin.

Menurut penulis dalam buku ini, kegiatan marketing di era digital sebenarnya tidak hanya fokus pada proses penyampaian barang dan jasa saja, tapi jangkauan dan cakupannya harus lebih luas daripada itu.

Selain penjelasan mengenai konsep dan strategi digital marketing, dalam buku ini juga kamu akan diberikan beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat konsumen puas dengan hasil produk yang kamu tawarkan.

Kamu juga akan diberikan cara-cara untuk bisa mengatasi berbagai hambatan yang ada dalam strategi digital marketing ini.

Buku dengan pembahasan yang menarik ini bisa kamu temukan dan beli di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, dapatkan bukunya dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com