Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk Cari Tahu Apa Itu Pemasaran, Jenis, dan Fungsinya dalam Sebuah Bisnis

Kompas.com - 04/01/2022, 09:00 WIB
Sumber Gambar : Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Psychology of Money
Pengarang: Morgan Housel
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Saat akan membuka sebuah usaha atau bisnis, kita harus memperhatikan banyak sekali komponen pendukung yang nantinya bisa membantu kita mengembangkan bisnis dan meningkatkan jumlah penjualan produk atau jasa.

Dari banyaknya komponen pendukung yang ada, kita pasti sering sekali mendengar istilah “pemasaran”, karena itu menjadi salah satu komponen terpenting dalam sebuah bisnis.

Sebenarnya apa definisi dari pemasaran dan apa saja yang harus kita perhatikan dalam pemasaran? Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Pemasaran?

Secara umum, pemasaran adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau institusi bisnis sebagai upaya untuk mempromosikan suatu produk atau layanan yang dibutuhkan oleh para konsumen.

Pemasaran ini biasanya meliputi pengiklanan, penjualan, dan pengiriman produk ke perusahaan lain atau langsung kepada konsumen.

Dalam melakukan sebuah promosi biasanya perusahaan akan menargetkan orang-orang yang memang sesuai dengan produk yang ingin dipasarkan.

Untuk mengiklankan produknya, perusahaan juga bisa meminta bantuan orang-orang yang punya pengaruh besar misalnya seperti artis, public figure, atau selebgram supaya lebih mudah menarik minat masyarakat luas.

Tidak hanya itu, perusahaan juga harus memiliki strategi pemasarannya sendiri, jika ingin banyak pelanggan yang datang maka perusahaan harus menentukan desain produk yang menarik dan mudah diingat oleh konsumen.

Jenis-Jenis Pemasaran

1. Iklan

Iklan merupakan salah satu jenis pemasaran yang paling umum dan mudah ditemui dimana saja, perusahaan bisa menggunakan berbagai media untuk periklanan misalnya di televisi, surat kabar, radio, media sosial, dan billboard.

Pemasaran iklan di televisi dan media sosial adalah yang paling potensial karena masyarakat memang menggunakan keduanya dalam aktivitas sehari-hari.

2. Branding

Branding juga disebut sebagai jenis pemasaran jangka panjang karena bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan mempromosikan nama atau merek produk, logo perusahaan, menjaga kualitas produk, dan masih banyak lagi cara lain yang bisa dilakukan.

Branding bisa sangat membantu membuat produk menjadi lebih menarik dan dikenal oleh masyarakat luas.

3. Internet atau Online

Menggunakan internet untuk pemasaran produk ini mulai populer sejak era digital, tingginya minat masyarakat terhadap penggunaan internet menjadi keuntungan tersendiri.

Pemasaran melalui internet atau online ini bisa dilakukan dengan memasan iklan di website, media online, email, danFung media sosial, sementara target pasarnya juga bisa lebih mudah untuk diperkirakan karena hampir semua orang dari berbagai kalangan ini menggunakan internet dalam kehidupan sehari-hari.

4. Multi-Level Marketing (MLM)

MLM merupakan jenis pemasaran yang dilakukan dengan cara menjaring konsumen dari penjualan secara langsung, dan seringkali juga merekrut orang lain untuk dijadikan tenaga pemasarannya.

Para tenaga pemasaran ini nantinya mendapatkan komisi setelah berhasil menjual produk sesuai dengan target yang sudah ditentukan sebelumnya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Fungsi Pemasaran

1. Riset

Melalui pemasaran, kita bisa mengetahui secara detail mengenai target konsumen, kebutuhan konsumen, dan produk apa yang menjadi favorit para konsumen.

Beberapa hal yang bisa dilihat melalui riset ini biasanya berupa kepopuleran, rentang usia, jenis kelamin, jenis kebutuhan, dan masih banyak lagi.

Setelah riset berhasil ditemukan, baru nantinya kita bisa menyesuaikan produk dengan target pasar yang kita tuju.

2. Peningkatan Penjualan

Melalui pemasaran, kita bisa mencoba untuk meningkatkan penjualan produk kita yang nantinya juga bisa meningkatkan keuntungan bagi perusahaan dan bisnis yang kita jalani.

Semakin banyaknya aktivitas pemasaran yang kita lakukan maka akan semakin besar juga peluang produk dan jasa kita yang terjual kepada konsumen.

3. Pengenalan Produk

Pengenalan produk juga menjadi salah satu fungsi utama dari pemasaran, dengan adanya aktivitas pemasaran maka produk dan jasa kita akan semakin mudah dikenali oleh banyak konsumen.

Dalam pemasaran juga kita harus bisa menonjolkan keunggulan produk dan jasa yang kita punya supaya terlihat lebih menarik dibandingkan dengan produk pesaing kita.

4. Kepuasan Konsumen

Dalam pemasaran kita tidak hanya menawarkan keunggulan produk dan jasa yang kita punya saja tapi kita juga harus memperhatikan kepuasan konsumen, karena hal itu akan menjadikan bisnis kita lebih berkembang di masa mendatang.

Nah, setelah kamu memahami apa saja yang ada dalam sebuah pemasaran, kamu bisa segera mempraktekkannya ke dalam bisnis yang sedang kamu jalani.

Saat pemasaran yang kamu jalani berjalan dengan mulus dan bisnis kamu berhasil mendapatkan keuntungan yang berlimpah, kamu harus tetap bisa mempertahankan keadaan ini supaya bisnis kamu tidak jatuh.

Salah satu faktor lain yang bisa membuat bisnismu jatuh sebenarnya adalah karena kurangnya pengetahuan dalam pengelolaan keuangan.

Oleh karena itu, kamu bisa membaca buku Psychology Of Money karya Morgan Housel untuk membantu kamu mengelola keuangan dengan tepat.

Menurut buku ini, kesuksesan dalam mengelola keuangan ini juga berhubungan dengan bagaimana kamu berperilaku, walaupun kamu seorang yang jenius tapi kalau kamu tidak bisa mengendalikan emosi maka kamu akan tetap mengalami bencana keuangan.

Sebaliknya, orang biasa yang memiliki keahlian dan kestabilan emosi akan jauh lebih bisa mengatur keuangan dengan baik.

Dalam buku ini, penulis akan membagikan beberapa cerita pendek mengenai cara berpikir banyak orang mengenai keuangan yang nantinya akan membantu kamu untuk bisa mengelola keuangan bisnis dengan baik dan efektif.

Buku Psychology Of Money karya Morgan Housel ini sudah bisa kamu beli dengan mudah melalui online di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com