Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Asal-Usul Frasa Tidak Semudah Itu Ferguso yang Viral di Media Sosial

Kompas.com - 16/05/2022, 16:01 WIB
Tidak Semudah Itu Ferguso Sumber Gambar: brilio.net Tidak Semudah Itu Ferguso
Rujukan artikel ini:
Kamus Pintar Super Gaul, for…
Pengarang: Yusup Priyasudiarja
|
Editor Almira Rahma Natasya

Bagi kamu para pengguna aktif media sosial Instagram dan Twitter, mungkin sudah tidak asing lagi ketika mendengar frasa "Tidak semudah itu, Ferguso."

Frasa unik ini memang sempat viral beberapa waktu yang lalu dan bahkan masih sering digunakan di media sosial hingga saat ini.

Apakah kamu juga termasuk ke dalam salah satu orang yang senang menggunakan frasa atau meme yang lucu ini?

Jika iya, pernahkah kamu bertanya-tanya dari mana asal mula ungkapan ini berasal?

Bagi kamu yang penasaran, berikut adalah asal-usul frasa "Tidak semudah itu, Ferguso" dan makna yang ada di baliknya.

Mengenal Asal-Usul Frasa Tidak Semudah Itu Ferguso

Pada awal tahun 2000-an, pertelevisian Indonesia sempat diramaikan dengan beragam telenovela asal Meksiko yang populer dan digemari oleh masyarakat, salah satunya adalah Marimar.

Telenovela ini mengisahkan mengenai seorang gadis miskin bernama Marimar yang tinggal bersama dengan kakek dan neneknya di sebuah gubuk kecil yang berada di tepi pantai.

Marimar kemudian saling jatuh cinta dengan seorang pria kaya bernama Sergio hingga keduanya memutuskan untuk menikah.

Namun sayangnya, hubungan mereka tidak berjalan mulus sebab ayah dan ibu tiri Sergio menentang keras rencana pernikahan tersebut karena menganggap Marimar tidaklah sepadan dengan keluarga mereka.

Meskipun telenovela ini berfokus pada kisah cinta antara Marimar dan Sergio, namun anjing peliharaan Marimar yang bernama Pulgoso juga tak kalah menarik perhatian penonton karena keunikannya yang bisa berbicara layaknya seorang manusia.

Dari sinilah asal mula nama Ferguso berawal, yaitu pelesetan dari nama anjing peliharaan Marimar yang bernama Pulgoso.

Frasa ini pertama kali digunakan oleh seorang pengguna Twitter dengan nama akun @mahasiswikupu2 yang membuat caption seperti berikut ini.

Tidak Semudah Itu Ferguso Tidak Semudah Itu Ferguso

Ungkapan yang unik tersebut kemudian menarik perhatian banyak orang, sehingga dengan cepat memperoleh ribuan retweet serta like yang membuat tweet dan frasa "Tidak semudah itu, Ferguso" menjadi viral.

Warga Twitter dengan kreatif lalu mengedit unggahan foto dari tokoh kartun Tom yang disematkan dalam tweet tersebut dengan menambahkan frasa "Tidak semudah itu, Ferguso" dan menggunakannya sebagai meme untuk saling berbalas cuitan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Kini tidak hanya nama Ferguso saja yang kerap digunakan, tetapi juga nama-nama dari karakter telenovela Meksiko lainnya, seperti Esmeralda, Maria, Diego, Rosalinda, dan lain-lain.

Makna dari Frasa Tidak Semudah Itu Ferguso

Setelah mengetahui asal-mula frasa unik yang populer ini, apakah kamu juga telah memahami maksud dari penggunaan kalimatnya?

Nah, jika belum, frasa "Tidak semudah itu, Ferguso" merupakan sebuah ungkapan yang digunakan untuk menyinggung atau menolak niatan orang lain yang ditujukan kepada kita.

Sebagai contoh, tweet di atas yang menggunakan frasa ini sebagai bentuk penolakan untuk meminjamkan tugas kepada temannya yang ingin menyontek.

Selain sebagai bentuk penolakan, frasa ini juga telah berkembang menjadi sebuah sindiran bahwa sesuatu sering kali tidak berjalan semudah yang diharapkan oleh seseorang.

Sebagai contoh jika kamu sedang berkeluh-kesah karena merasa lelah dengan banyaknya tugas yang diberikan oleh dosen dan berharap bisa berubah menjadi tokoh anime saja, maka orang lain akan membalas kegalauan yang kamu rasakan tersebut dengan menyertakan meme "Tidak semudah itu, Ferguso."

Nah, itulah beberapa fakta unik terkait asal-mula "Tidak semudah itu, Ferguso" dan bagaimana kamu bisa menggunakan frasa tersebut dalam sebuah percakapan.

Tidak hanya bahasa Indonesia saja yang memiliki "bahasa gaul" seperti frasa "Tidak semudah itu, Ferguso", namun bahasa Inggris pun mempunyai bahasa kekinian atau yang biasa disebut dengan slang.

Kamus Pintar Super Gaul, For Daily Conversations Inggris – Indonesia yang ditulis oleh Yusup Priyasudiarja bisa menjadi panduan bagi kamu untuk mengenal istilah-istilah kekinian dalam bahasa Inggris yang akan membuat kamu jadi lebih up to date.

Kamus setebal 408 halaman ini dengan lengkap memuat beragam ekspresi asyik khas bahasa gaul dalam bahasa Inggris yang banyak digunakan oleh generasi milenial saat ini.

Ketika bermain media sosial, kamu mungkin sering menjumpai singkatan-singkatan gaul seperti LOL, OOTD, CMIIW, ASAP, dan lain-lain.

Di dalam buku ini, penulis pun tidak lupa untuk membagikan daftar singkatan ekspresi gaul seperti contoh-contoh di atas yang akan membantu kamu dalam memahami dan menambah perbendaharaan kata, sehingga kamu bisa jadi lebih luwes untuk mengobrol dalam bahasa Inggris di media sosial.

Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan contoh-contoh kalimat percakapan mengenai idiom, slang, serta peribahasa gaul dalam bahasa Inggris yang akan semakin memudahkan kamu dalam memahaminya.

Kamu bisa mendapatkan Kamus Pintar Super Gaul, For Daily Conversations Inggris – Indonesia dengan mudah di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com