Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menjadi Orang yang Lucu dan Disukai Banyak Orang

Kompas.com - 19/02/2022, 18:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Humor Therapy
Pengarang: BAMBANG SURYADI, PH.D.
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Menurut ilmu kesehatan, tertawa memiliki banyak khasiat yang bermanfaat bagi tubuh.

Tertawa yang muncul secara alami bisa menjadi obat herbal untuk kesehatan mental dan psikologis manusia.

Selain itu, tertawa juga ternyata bisa membantu manusia untuk meredakan stres, emosi, menghilangkan pikiran negatif, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, orang yang humoris dan bisa membuat orang tertawa biasanya akan mudah menjadi magnet untuk menghibur banyak orang di sekitarnya.

Seseorang yang mempunyai rasa humor yang tinggi juga membuatnya mudah bergaul dengan siapa saja, karena mereka bisa dengan mudah mengurangi kecemasan dan ketegangan di tengah-tengah obrolan.

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjadi orang yang lucu dan disukai banyak orang.

5 Cara Menjadi Orang yang Lucu dan Disukai Banyak Orang

1. Banyak Tersenyum, Kurangi Wajah Jutek

Langkah awal untuk menjadi orang yang lucu adalah banyak tersenyum, karena dengan tersenyum kamu akan terkesan sebagai orang yang ramah dan menyenangkan.

Senyuman juga sifatnya menular sehingga akan memudahkan kamu saat ingin berinteraksi dengan orang lain, jadi saat kamu melontarkan lelucon, orang lain juga akan ikut tertawa dan merasa terhibur.

Jika kamu sejak awal memasang wajah jutek maka orang lain akan menganggap kamu adalah orang yang galak dan bahkan mereka enggan untuk mengajak kamu mengobrol.

2. Jangan Mudah Tersinggung

Jika kamu ingin menjadi orang yang lucu, maka kamu harus bisa menjadi pribadi yang lebih santai, dan tidak mudah tersinggung atau baper.

Saat kamu terlalu serius dalam menilai segala hal yang terjadi, kamu nantinya akan kesulitan untuk melihat sisi kelucuannya dan akan menghalangi kamu untuk menjadi orang yang lucu.

Saat kamu sudah bisa berpikiran terbuka, kamu akan lebih mudah melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang, sehingga kamu juga akan mudah membuat banyak lelucon.

3. Perbanyak Menonton Film Komedi

Untuk memiliki selera humor yang bagus, kamu juga harus memperluas wawasan kamu dengan menonton film-film komedi atau menonton pertunjukan para komedian.

Kamu bisa memperhatikan bagaimana mereka membawa diri sehingga bisa dengan mudah membuat orang lain tertawa dan terhibur.

Kamu juga bisa belajar dari mereka bagaimana cara yang tepat untuk memecah keheningan di tengah obrolan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Peka dengan Berbagai Hal

Saat kamu berusaha untuk menjadi orang yang lucu, kamu juga harus ingat bahwa tidak semua hal bisa kamu jadikan lelucon, karena ada beberapa topik yang memang sensitif untuk sebagian orang.

Topik sensitif yang tetap disampaikan malah akan membuat kamu dianggap sebagai orang yang menyebalkan.

Walaupun sebenarnya ini adalah hal yang sulit karena lelucon itu bersifat subjektif, tapi kamu tetap harus memperhatikan setiap kalimat candaan yang kamu sampaikan dan kamu harus siap dengan resikonya.

5. Pantang Menyerah

Faktanya, tidak semua orang terlahir dengan sifat lucu, sehingga kamu harus mau terus belajar untuk menjadi pribadi yang humoris.

Orang-orang yang lucu juga biasanya adalah orang yang tangguh.

Saat lelucon kamu tidak lucu, kamu harus mengevaluasi dan belajar terus untuk bisa menghasilkan lelucon yang benar-benar lucu.

Jadi, saat kamu ingin menjadi orang yang lucu, kamu juga harus punya sikap pantang menyerah, karena tidak ada lelucon yang sempurna tanpa ada latihan sebelumnya.

Menjadi orang yang lucu memang kadang tidak mudah dan punya banyak tantangan, tapi mereka adalah orang yang biasanya mampu menyelamatkan dan menjadi penghibur bagi banyak orang.

Untuk mendapatkan banyak referensi lelucon, kamu bisa coba membaca buku Humor Therapy yang ditulis oleh Bambang Suryadi, PH.D.

Menurut buku ini, kehidupan tanpa humor itu bagai masakan tanpa garam, sebab banyak penelitian juga yang menunjukkan bahwa humor bisa membantu meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan mental seseorang.

Buku ini akan memberikan kamu banyak kisah lelucon yang nantinya bisa kamu jadikan referensi untuk menjadi orang yang lucu.

Pembahasan dalam buku ini juga unik karena sisi humor dan sisi akademisnya berjalan beriringan sehingga kamu tetap bisa menghasilkan humor yang lucu sekaligus cerdas.

Kalau kamu tertarik untuk membaca buku ini lebih dalam, kamu bisa membeli buku ini di Gramedia.com.

Selain itu, dapatkan juga gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Langsung klik di sini untuk dapatkan vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com