Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Jenis-Jenis Novel Berdasarkan Genrenya yang Perlu Kamu Ketahui

Kompas.com - 14/04/2022, 13:00 WIB
Jenis-jenis novel Sumber Gambar: Freepik.com Jenis-jenis novel
Rujukan artikel ini:
Dikta & Hukum
Pengarang: DHIA`AN FARAH
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Novel merupakan suatu bentuk karya sastra yang berbentuk prosa, yang mengisahkan tentang interaksi dalam kehidupan seseorang, dan menonjolkan watak atau sifat dari setiap tokohnya.

Isi di dalam novel ini pastinya jauh lebih panjang dan kompleks daripada isi cerpen, dan tentunya juga tidak memiliki batasan struktural seperti halnya sebuah puisi.

Kisah yang dibahas dalam novel biasanya diawali dari sebuah peristiwa penting yang dialami oleh setiap tokoh yang terlibat di dalam novel, yang kemudian akan mengubah takdir kehidupannya.

Di dalam sebuah novel, seorang pengarang atau penulis biasanya akan berusaha semaksimal mungkin dalam memberikan arahan kepada para pembaca, agar pembaca bisa mengetahui pesan apa yang tersembunyi di dalam novel tersebut.

Sampai saat ini, peminat novel di Indonesia semakin bertambah dari hari ke hari, dan pastinya juga dari beragam usia, alasannya sebenarnya adalah karena sebagian besar pembaca sangat menikmati cerita yang disuguhkan, dan merasa cerita tersebut relate dengan kehidupan aslinya.

Novel sebenarnya juga terbagi lagi ke dalam beberapa jenis yang didasarkan pada genre yang berbeda-beda.

Apa saja jenis-jenis novel tersebut dan genre novel apa yang paling banyak diminati oleh para pembaca? Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Jenis Novel Berdasarkan Genre

Genre merupakan modal dasar pada sebuah cerita yang nantinya bisa dikembangkan menjadi cerita yang lebih luas lagi.

1. Romantis

Romantis pastinya bisa diidentikan dengan sebuah hubungan percintaan, dan novel bergenre ini berhasil menjadi salah satu genre yang disukai oleh banyak orang, karena sangat relate dengan kehidupan.

Setting novel ini bervariasi, disertai juga dengan berbagai macam intrik yang akan menimbulkan konflik dan nantinya menjadi hal penting yang harus diselesaikan oleh para tokoh yang ada di dalam ceritanya.

2. Fantasi

Novel genre fantasi adalah salah satu novel yang mampu menghipnotis para pembaca untuk bisa ikut masuk ke dalam dunia cerita yang sedang dibaca.

Para penulis novel fantasi ini biasanya menuliskan berbagai kisah yang bertolak belakang dengan kehidupan nyata, karena jalan ceritanya penuh dengan keindahan imajinasi.

3. Misteri

Novel dengan genre misteri biasanya akan menghadirkan sebuah permasalahan besar yang sangat berkaitan dengan penculikan, pembunuhan, ataupun tindakan kriminal yang pastinya membahayakan nyawa seseorang.

Di dalam novel misteri, para tokohnya akan sering sekali dihadapkan pada situasi yang berbahaya, misalnya seperti aksi kejar-kejaran dengan tokoh antagonis yang menakutkan.

Novel bergenre misteri ini biasanya punya jalan cerita yang lebih rumit dan dipenuhi teka-teki, sehingga pembaca akan lebih penasaran dan akhirnya membaca bukunya sampai halaman terakhir.

4. Horor

Novel genre horor sebenarnya hampir sama dengan novel misteri, tapi dalam novel horror, para penulis akan lebih melibatkan atau bahkan menonjolkan berbagai mitos supranatural yang siap membuat para pembacanya merinding.

Walaupun memiliki jalan cerita yang seram dan menegangkan, tapi sensasi yang dihadirkan dalam novel horor juga sangat mengasyikan dan membuat pembaca berdebar-debar sampai halaman terakhirnya.

5. Komedi atau Humor

Dilihat dari namanya, novel ini pastinya mengandung unsur cerita lucu yang bisa membuat para pembacanya terhibur sampai tertawa terbahak-bahak.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Novel komedi ini memiliki kesulitannya tersendiri, karena pada dasarnya, akan lebih mudah membawakan sebuah komedi dalam film maupun sinetron, tapi dari tahun ke tahun, ternyata semakin banyak bermunculan para penulis novel komedi yang berbakat dan karyanya patut untuk diapresiasi.

6. Inspiratif

Novel inspiratif adalah novel yang bertujuan untuk menginspirasi para pembaca, jadi kisah-kisah yang dipaparkan dalam novel tersebut pastinya banyak menceritakan tentang perjuangan tak kenal lelah yang dilakukan para tokohnya.

Bentuk novel bergenre inspiratif ini tidak hanya bersifat fiksi saja, tapi bisa juga diambil dari kisah asli seorang tokoh yang memang ada dalam kehidupan nyata, sehingga inspirasi yang disampaikan dalam novelnya akan lebih mengena di hati para pembaca.

7. Sejarah

Novel genre sejarah merupakan novel yang banyak menceritakan mengenai sejarah peradaban, tempat, peristiwa, maupun seorang tokoh hebat tertentu.

Novel sejarah biasanya memiliki setting tempat ala zaman dulu, atau bisa juga menceritakan kisah di zaman ini sambil sesekali flashback pada berbagai kejadian yang terjadi di masa lalu.

8. Petualangan

Dalam novel petualangan, penulis akan lebih menitikberatkan pada alur cerita yang berkesinambungan, dialog yang banyak membahas mengenai situasi tertentu, dan latar tempat yang tergambar dengan sangat detail.

Novel bergenre petualangan ini juga biasanya memiliki alur cerita yang jelas dari awal sampai ending, tapi ada juga beberapa novel yang mengandung open ending untuk membuat pembaca penasaran, sehingga menciptakan berbagai teori yang nantinya bisa melatih daya pikir para pembacanya.

Dilansir dari laman Gramedia.com, novel dengan genre romantis ternyata masih menjadi novel yang diminati oleh kebanyakan para pecinta buku di tahun 2022, kemudian disusul dengan novel inspiratif dan novel misteri, sementara novel bergenre lainnya juga tetap memiliki pasar yang lumayan besar di Indonesia.

Salah satu novel yang sempat ramai diperbincangkan di media sosial adalah novel romantis remaja yang berjudul Dikta & Hukum karya Dhia’an Farah.

Novel ini mengisahkan tentang tokoh Dikta, mahasiswa hukum tingkat akhir yang pintar, berprestasi, dan menjadi idaman para wanita karena dianggap sebagai sosok yang sempurna.

Tokoh utama lainnya adalah Nadhira, seorang siswi SMA kelas 12 yang pemalas, keras kepala, dan sering sekali mengeluh, sifatnya ini sangat bertolak belakang dengan Dikta.

Usut punya usut, ternyata Dikta dan Nadhira sudah lebih dulu dijodohkan oleh orang tua mereka sejak masih kecil.

Walaupun memiliki sifat yang berbeda 180 derajat, tapi entah kenapa takdir selalu berhasil menyatukan mereka berdua, bahkan mereka juga bisa melengkapi satu sama lain.

Dikta yang pendiam ternyata memiliki perhatian khusus kepada Nadhira, yang lama-lama juga disadari oleh perempuan itu, hal ini pelan-pelan membuat perasaan mereka saling bertautan, walaupun ternyata Dikta punya rahasia besar yang tidak pernah ingin didengar oleh Nadhira.

Apa rahasia besar tersebut dan bagaimana kelanjutan hubungan mereka?

Hubungan Dikta dan Nadhira yang tarik ulur, membuat para pembacanya merasa gemas dan sedih di waktu bersamaan, hal inilah yang membuat novel ini menjadi salah satu novel yang populer di kalangan remaja.

Kalau kamu tertarik dan ingin membeli buku ini, kamu bisa mendapatkannya melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com