Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rekomendasi Novel yang Cocok Dibaca Saat Sedang Galau

Kompas.com - 18/03/2022, 16:00 WIB
Sumber Gambar: Pexels.com
Rujukan artikel ini:
Mirai
Pengarang: MAMORU HOSODA
|
Editor Almira Rahma Natasya

Ketika perasaan sedih dan patah hati hadir, dibutuhkan sebuah distraksi yang akan membantu mengalihkan perasaan tersebut, salah satunya dengan membaca novel yang cocok dibaca saat galau.

Membaca novel akan sedikit mengalihkan pikiran kita dari realita yang tengah kita rasakan, sehingga perasaan galau dalam hati bisa sedikit terlupakan dengan menikmati cerita fiksi yang dihadirkan.

Pilihan cerita yang dibaca juga berperan penting dalam mengelola perasaan galau yang kamu rasakan, apakah kamu ingin membaca cerita yang menambah kesedihan atau malah ingin merasa bahagia dengan cerita yang menyenangkan, itu semua tergantung pada cara kamu dalam mengelola emosi.

Sedikit hiburan yang dihadirkan dalam sebuah novel akan membawa ke dalam pengalaman membaca yang mampu mengembalikan mood atau emosi kamu ke dalam perasaan yang jauh lebih baik tergantung pada bacaan yang kamu pilih.

Maka dari itu, penting sekali untuk menemukan novel yang tepat untuk mengatasi perasaan galau yang hadir agar tidak berkembang lebih jauh menuju ke keadaan sedih dan patah hati yang lebih mendalam lagi.

Rekomendasi lima novel berikut ini semoga saja bisa membantu kamu dalam meredakan perasaan galau yang hadir.

Novel yang Cocok Dibaca Saat Galau

1. Mirai – Mamoru Hosoda

Novel ini bercerita tentang seorang balita bernama Kun yang tidak bisa menerima kehadiran adik perempuannya yang baru lahir bernama Mirai, karena perhatian kedua orang tuanya jadi hanya tercurah untuk Mirai saja.

Kecemburuan Kun pada akhirnya membawanya pada petualangan aneh penuh pelajaran yang dia lalui bersama sosok Mirai dari masa depan yang sudah remaja.

Petualangan tersebut mampu membuat Kun mulai menerima dan memahami keberadaan Mirai dalam kehidupannya.

Ceritanya yang ditawarkan dalam Mirai tergolong hangat dan sederhana, sehingga akan memperbaiki mood kamu yang sedang galau dengan menyimak tingkah laku Kun dan Mirai yang menggemaskan.

2. Convenience Store Woman – Sayaka Murata

Bercerita tentang Keiko yang sudah bekerja selama 36 tahun di sebuah minimarket, bisa dibilang pekerjaannya tersebut sudah menjadi bagian di dalam hidupnya yang tidak bisa hilang dan terpisahkan.

Namun, orang-orang di sekitar Keiko berpendapat jika pekerjaan Keiko sebagai pegawai minimarket di usianya yang sudah sangat matang dianggap tidak normal dan tidak sesuai dengan standar masyarakat.

Keiko pun mulai merasa apa sebenarnya yang dianggap normal dan tidak normal di mata masyarakat selama ini?

Membaca novel ini akan menambah sudut pandang kamu akan standar kehidupan yang diberikan masyarakat selama ini nyatanya tidaklah selalu bagus untuk diikuti, sebab sering kali hanya memberikan derita dan kecewa.

Novel ini akan mengajak kamu merenungkan kembali tentang pilihan hidup dan menjadi bahagia.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Naga, Jangan Bucin! – Andhyrama

Jika kamu butuh sesuatu yang bikin tertawa di saat sedang galau, novel ini bisa jadi solusinya, sebab di sini kamu akan mengikuti perjalanan seorang siswa SMA bernama Naga yang mempunyai tingkah laku yang super konyol dan bucin.

Saking bucinnya, Naga sampai rela melakukan apa saja untuk pujaan hatinya, hingga suatu hari ia harus bertukar peran dengan seorang pangeran dari negeri lain yang mengubah kehidupan Naga secara drastis.

Andhyrama mampu menawarkan humor ala remaja yang bisa menggelitik perut saat dibaca, sekaligus memberikan jalan cerita remaja yang ringan dan sederhana sehingga sangat menghibur di saat galau menerpa.

4. School Nurse Ahn Eunyoung – Chung Serang

Walaupun premis ceritanya tentang kisah horor, tapi sosok hantu yang ditampilkan dalam novel ini justru bukan sosok yang mampu bikin bulu kuduk bergidik ngeri, namun malah membuat gelak tawa karena bentuknya yang menggemaskan.

Bercerita tentang seorang suster sekolah bernama Ahn Eunyoung yang memiliki kemampuan khusus dalam melihat dan membasmi makhluk-makhluk astral yang sering mengganggu.

Cara Eunyoung dalam membasmi makhluk-makhluk astral ini juga tergolong kocak, karena menggunakan pedang dan pistol mainan.

Kamu akan menemukan kisah Eunyoung yang dirangkai seperti kumpulan cerpen dalam usahanya untuk membasmi berbagai gangguan makhluk astral yang ada di sekitarnya, sehingga rasa galau dalam hati bisa ikut terbasmi melalui cerita Eunyoung ini.

5. The Antagonist Program – Aranindy

Bercerita tentang sebuah acara reality show perjodohan yang mempertemukan Galen Devabrata yang diperebutkan oleh dua orang perempuan, Mari Sahir dan Elora Pratista, yang masing-masing dari mereka harus mampu mengambil hati dan simpati dari Galen.

Selain harus mampu mengambil hati Galen, Mari dan Elora juga harus mengambil simpati orang-orang lainnya dengan menunjukkan sikap dan kelakuan mereka di hadapan kamera yang biasanya mampu memutarbalikkan keadaan yang sebenarnya.

Ide ceritanya yang menarik akan membawa kamu ke dalam pengalaman membaca yang baru dan unik.

Apalagi kamu juga akan dibuat geregetan melihat usaha Mari dan Elora dalam memperebutkan hati Galen.

Kelima novel ini bisa menjadi amunisi yang pas untuk kamu saat sedang merasa galau.

Novel-novel ini mampu jadi bacaan yang bisa mengalihkan hingga mengubah mood jadi lebih baik.

Kelima novel ini bisa kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com