Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Anti Galau, Lakukan 5 Kegiatan Positif Ini Setelah Putus Cinta

Kompas.com - 08/12/2021, 18:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Hidup Antigalau: Menata Karier dan…
Pengarang: Juhyung Kim
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Putus cinta memang bukan hal yang mudah dan mungkin terasa sangat menyakitkan, bahkan bisa membuat banyak orang memilih untuk berdiam diri di kamar merenungi kesalahan serta larut dalam kesedihan selama berhari-hari.

Bagian yang paling berat selanjutnya adalah menjalani hari-hari tanpa kehadirannya lagi, yang membuat rasa kesepian menyerang dan membuat kamu tidak tahu harus berbuat apa.

Tapi jika kamu terus berdiam diri dan tenggelam dalam kesedihan terus menerus, kamu malah akan susah move on dan mengalami galau berkepanjangan.

Walaupun kamu merasa sedih, kamu tidak boleh diam di tempat dan membiarkan kesedihan itu terus tumbuh hingga membuat hidup jadi berantakan.

Untuk mengatasinya, kamu harus menemukan kegiatan-kegiatan positif yang bisa membuat kamu kembali bangkit dan pelan-pelan bisa melupakan kegalauanmu.

Berikut ini lima kegiatan positif yang bisa kamu lakukan untuk terbebas dari rasa galau setelah putus cinta. Baca selengkapnya Tips Mengatasi Galau.

5 Kegiatan Positif Setelah Putus Cinta

1. Menghabiskan Waktu Bersama Teman

Mungkin saja kamu terlalu banyak kehilangan waktu bersama teman-teman karena sebelumnya terlalu sibuk berpacaran.

Setelah berhasil lepas darinya, kamu jadi memiliki lebih banyak waktu untuk berkumpul dan bermain bersama teman-temanmu.

Teman bisa jadi salah satu senjata yang ampuh untuk membantu kamu cepat move on, karena tidak jarang dari mereka yang bisa memberikan kamu nasihat dan kata-kata bijak sehingga kamu tidak lagi memikirkan hal-hal yang sudah terjadi di masa lalu.

2. Puasa Media Sosial

Walaupun kamu sudah block semua akun media sosial mantan pacarmu, tapi itu tidak membuat kamu langsung bisa melupakan kesedihan.

Ketika kamu melihat berbagai postingan orang lain yang terlihat bahagia, kamu akan merasa seolah-olah hanya kamu saja yang bersedih dan merasa kesepian, padahal apa yang ditunjukkan di media sosial itu tidak semuanya benar.

Nah, daripada kamu sibuk melihat hidup orang lain, ada baiknya kamu puasa dari sosial media untuk sementara dan cobalah untuk bersosialisasi di kehidupan nyata, yang dijamin bisa membuat kamu lebih bahagia.


Baca juga: Kata-kata Galau


3. Buat Dirimu Produktif

Kalau kamu ingin cepat menghilangkan perasaan galau dalam dirimu, kamu bisa belajar untuk menjadi individu yang lebih produktif dari sebelumnya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Kamu bisa memanfaatkan banyak waktu luangmu untuk melakukan berbagai kegiatan yang bermanfaat, seperti membersihkan rumah, belajar, mengerjakan tugas, atau melakukan hobi lain yang bisa membuat kamu lebih bahagia.

4. Mencari Hiburan Baru

Daripada terus berdiam diri di kamar, kamu bisa mencoba untuk mencari hiburan keluar dan pergi berlibur ke tempat-tempat favoritmu.

Selain itu, menonton konser musik, menonton bioskop, ke toko buku, menonton video Youtube juga bisa menjadi hiburan yang ampuh untuk mengobati rasa sedihmu.

5. Evaluasi Diri

Mengevaluasi diri bukan berarti kamu menyalahkan diri atas semua yang sudah terjadi, tapi menyadari kesalahan di masa lalu dan mencoba untuk memperbaikinya saat ini.

Evaluasi ini sangat penting bagi diri kamu dan bahkan bagi hubungan baru kamu di masa depan.

Oleh karena itu, kamu tidak boleh malu untuk mengakui kesalahan dan mencoba untuk memperbaikinya, karena hal itu akan sangat bermanfaat bagi diri kamu sendiri.

Daripada kamu terjebak dalam perasaan galau dan sedih terus menerus, ada baiknya kamu mulai menata dan memperbaiki diri demi masa depanmu sendiri.

Melalui buku Hidup Antigalau: Menata Karier dan Masa Depan di Umur 20-an karya Juhyung Kim, kamu akan disadarkan bahwa hidup tidak melulu soal masa lalu tapi kamu juga harus memikirkan mimpi dan tujuan kamu di masa depan.

Buku ini juga mengatakan bahwa masa mudamu saat ini yang akan menentukan seperti apa arah hidupmu kedepannya.

Melalui buku ini kamu akan diarahkan bagaimana caranya menata kehidupan sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

Selain itu, kamu juga bisa baca buku Move On! : Sesungguhnya, Segala Sedih akan Berganti Bahagia karya Mawila Pertiwi.

Buku ini sangat cocok untuk kamu yang sedang berusaha move on dari perasaan sedih dan galau yang berlarut-larut.

Semua pertanyaan kamu mengenai putus cinta akan terjawab dalam buku ini dan membuat kamu lebih bahagia dalam menjalani hari-hari kedepan.

Bagi kamu yang tertarik, kedua buku yang super menarik ini bisa kamu dapatkan melalui online di Gramedia.com.

Selamat membaca!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com