Cara Mengenali Unsur-Unsur dalam Sebuah Novel

Kompas.com - 01/12/2021, 18:13 WIB
Sumber Foto: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
5cm : Aku , Kamu…
Pengarang: Donny Dhirgantoro
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Novel adalah karangan prosa yang diceritakan dalam bentuk narasi panjang, biasanya mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang-orang di sekelilingnya yang menonjolkan watak dan sifat masing-masing.

Dalam membuat sebuah novel, penulis tidak hanya sekadar membangun cerita, tapi ada unsur-unsur novel yang harus dipahami penulis supaya tulisannya bisa membentuk satu kesatuan yang utuh.

Novel harus memiliki dua unsur yang berfungsi dalam membangun jalan cerita, yaitu unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik.

Cara mengenali kedua unsur ini juga sangat mudah, yang paling penting kamu harus lebih dulu mengetahui apa saja yang menjadi bagian dari unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik tersebut.

Berikut adalah unsur-unsur dalam sebuah novel yang perlu kamu tahu.

Unsur- Unsur dalam Sebuah Novel

1. Unsur Intrinsik

Unsur intrinsik merupakan unsur utama atau pondasi yang membuat jalan cerita dalam sebuah novel bisa menjadi satu kesatuan yang utuh.

Berikut ini adalah bagian-bagian unsur intrinsik dalam sebuah karya fiksi:

  • Tema

Tema bisa didefinisikan sebagai gagasan utama dari sebuah karya sastra, ada yang menyebut juga bahwa tema adalah makna yang terkandung dalam sebuah cerita.

Sebelum masuk terlalu jauh ke dalam sebuah cerita, penulis biasanya sudah lebih dulu menentukan tema yang akan diusung dalam tulisannya.

Tema nantinya bisa disampaikan secara langsung di dalam cerita atau bahkan hanya disampaikan secara tersirat sehingga pembaca harus menafsirkannya sendiri.

Salah satu contohnya ada pada novel terbaru karya Donny Dhirgantoro yang berjudul 5 CM: Aku, Kamu, Samudera, dan Bintang-Bintang, tema utama yang diusung adalah persahabatan, impian, dan cinta.

  • Tokoh

Tokoh atau karakter juga merupakan elemen penting dalam sebuah cerita, tokoh ini bisa berupa manusia, hewan, benda mati, atau objek lainnya yang sesuai dengan jalan cerita yang akan ditulis.

Para tokoh dalam sebuah novel berfungsi untuk memperluas dan memperpanjang plot cerita, sehingga membuat ceritanya menjadi lebih menarik untuk dibaca.

Dalam novel 5 CM: Aku, Kamu, Samudera, dan Bintang-Bintang, tokoh Zafran, Genta, Arial, Ian, dan Riani berhasil menjadi nyawa yang membuat jalan cerita dalam novel ini menjadi sangat membekas di hati para pembaca.

  • Penokohan

Unsur ini digunakan para penulis untuk menggambarkan karakter setiap tokoh dalam ceritanya, yang paling mudah dilihat dari unsur penokohan ini adalah perbedaan karakter yang dibawa setiap tokoh.

Ada Zafran si seniman yang idealis, Genta si pekerja keras dan bisa jadi penyeimbang dalam grup, Arial yang pemberani kecuali sama perempuan, Ian si pelawak yang jadi kesayangan teman-temannya, dan yang terakhir, Riani si cewek baik hati yang membuat hati menjadi sejuk walaupun hanya melihat mukanya saja.

Karakter yang berbeda dari mereka menjadikan cerita persahabatan dalam novel ini terbangun dengan sempurna, setiap tokoh memiliki kepribadian yang kuat dan membuat pembaca tidak mudah melupakan setiap karakternya.

  • Latar

Waktu dan tempat yang muncul dalam setiap halaman novel bisa dikategorikan sebagai latar.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk menunjukkan waktu dan tempat, waktu bisa mencakup hari, tahun, periode, masa lalu, masa kini, masa depan, pagi hari, sore hari, dan masih banyak lagi.

Tempat juga bisa mencakup banyak area, seperti gedung, taman, gunung, pantai, suatu negara, dan masih banyak lagi.

  • Alur Cerita atau Plot

Plot atau alur cerita ini merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan suatu peristiwa yang bisa membentuk dan membangun sebuah cerita.

Berbagai peristiwa dalam novel biasanya akan saling berhubungan satu sama lain dan menjadi sebuah plot.

Seorang penulis harus mampu membangun suasana sehingga emosi para pembaca tidak hanya ada dalam satu tempat, penulis harus bisa menempatkan klimaks atau titik utama plot di bagian yang tepat.

  • Sudut Pandang

Unsur intrinsik yang satu ini juga tidak kalah penting, sudut pandang adalah arah atau cara pandang seorang penulis dalam menyampaikan sebuah cerita.

Sudut pandang memiliki beberapa macam jenis, seperti sudut pandang orang pertama, orang kedua, dan orang ketiga.

  • Amanat

Unsur intrinsik yang terakhir adalah amanat atau pesan moral yang disampaikan oleh penulis kepada para pembaca melalui ceritanya.

Amanat dalam novel biasanya tidak ditulis secara langsung, tapi tersirat dari jalan cerita yang sudah dibangun dari awal sampai akhir, hal ini bertujuan supaya para pembaca bisa memiliki pemahamannya sendiri mengenai pesan moral yang terkandung dalam sebuah cerita.

2. Unsur Ekstrinsik

Unsur ekstrinsik ini memuat nilai-nilai yang ada diluar unsur intrinsik, seperti kehidupan sosial, dan ajaran agama.

Kehadiran unsur ekstrinsik ini juga patut diperhatikan karena efeknya bisa sangat berpengaruh ke dalam sebuah cerita.

Novel 5 CM: Aku, Kamu, Samudera, dan Bintang-Bintang merupakan salah satu novel yang sangat memperhatikan unsur ekstrinsik terutama dalam bagian kehidupan sosial.

Para tokohnya beberapa kali menyinggung kehidupan sosial masyarakat yang masih banyak terjadi di sekeliling kita saat ini.

Mereka tidak menyukai orang-orang yang hobi membicarakan kecintaannya pada Indonesia, tapi masih suka membuang sampah sembarangan di alam terbuka seperti gunung atau pantai.

Buku 5 CM: Aku, Kamu, Samudera, dan Bintang-Bintang karya Donny Dhirgantoro ini menjadi salah satu novel yang unsur intrinsik dan ekstrinsiknya paling lengkap, sehingga alur ceritanya bisa tersusun dengan baik.

Para pembaca akan disuguhkan cerita petualangan seru 5 orang sahabat yang memiliki misi untuk menjelajah seluruh alam Indonesia, yang dijamin membuat pembaca jadi berangan-angan untuk bisa ikut menjajakkan kaki di tempat yang sama dengan mereka.

Tidak hanya membahas soal kekayaan alam Indonesia, novel ini juga menjadi pelengkap cerita yang belum tuntas pada buku pertama yang terbit tahun 2005 lalu dengan judul yang sama.

Jika kamu penasaran dan ingin mencoba bergabung bersama Zafran dan kawan-kawan, kamu bisa membeli buku ini melalui online di Gramedia.com atau bisa juga membaca versi e-booknya di Gramedia Digital.


Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.