Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Sinopsis dan Bagaimana Langkah-Langkah Penyusunannya? Simak Penjelasannya Berikut Ini

Kompas.com - 16/04/2022, 09:00 WIB
Apa itu sinopsis Sumber Gambar: Freepik.com Apa itu sinopsis
Rujukan artikel ini:
MetroPop: Ganjil Genap
Pengarang: Almira Bastari
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Bagi para pecinta film maupun novel, pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya sinopsis.

Sinopsis ini merupakan salah satu bagian yang selalu ada dalam sebuah karya, yang biasanya berisi gambaran umum atau ringkasan dari sebuah naskah, novel, film, pementasan, atau berbagai karya lainnya.

Khusus dalam novel, sinopsis biasanya ditulis dan diletakkan di bagian sampul belakang, yang sebenarnya bertujuan untuk memudahkan para pembaca yang ingin mengetahui bagaimana jalan cerita dalam novel tersebut.

Dengan adanya sinopsis, para pembaca tentunya akan lebih mudah untuk memilih dan memutuskan buku mana yang akan ia beli, sesuai dengan genre yang ia sukai.

Apa Itu Sinopsis?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, sinopsis bisa diartikan sebagai ikhtisar karangan yang diterbitkan secara bersamaan dengan karangan asli yang menjadi dasar dari sinopsis tersebut.

Lebih lengkapnya, sinopsis adalah ringkasan singkat yang akan memberi gambaran kepada para pembaca, mengenai alur cerita, genre, tokoh atau karakter dalam cerita, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya, seberapa banyak sinopsis yang bisa ditulis dalam sebuah novel?

Nah, banyaknya detail dan informasi yang diungkap dalam sinopsis ini sebenarnya tergantung dari kemauan si penulis itu sendiri.

Namun, biasanya sinopsis lebih sering ditulis secara singkat dan mengandung kalimat yang akan mengusik rasa penasaran para pembaca.

Ciri-Ciri Sinopsis

  1. Alurnya ditulis dan disusun secara berurutan, serta memiliki kronologis yang disesuaikan dengan cerita yang ada dalam novel
  2. Ditulis dengan singkat dan tidak bertele-tele, maksimal hanya satu halaman saja
  3. Gaya penulisannya pasti menggunakan gaya bahasa yang persuasif, sebagai ajang untuk mengajak dan menarik calon pembaca
  4. Konflik dan penyelesaiannya akan ditulis secara singkat dan menarik sehingga membuat pembacanya penasaran

Setelah mengetahui pengertian dan ciri-ciri sinopsis, kamu bisa mencoba untuk membuat sinopsis versimu sendiri.

Berikut ini ada beberapa langkah penyusunan sinopsis yang bisa kamu terapkan.

Langkah-Langkah Penyusunan Sinopsis dalam Novel

  1. Sebelum menulis sebuah sinopsis, kamu harus membaca naskah atau novel aslinya terlebih dahulu, supaya kamu bisa mengetahui keseluruhan ceritanya secara utuh
  2. Jangan lupa untuk mencatat gagasan pokok yang penting dalam cerita tersebut, kamu bisa menggunakan stabilo atau pulpen untuk menggaris bawahi bagian-bagian yang penting
  3. Setelah menulis gagasan pokok, kamu bisa mengembangkannya dan meringkas beberapa kalimat agar lebih tersusun rapi
  4. Jangan lupa juga untuk menggunakan kalimat yang jelas, mudah dipahami, dan pastinya bisa menggambarkan jalan cerita pada novel aslinya.
  5. Kalau kamu mau mencantumkan beberapa dialog yang diucapkan para tokohnya, jangan lupa untuk memberikan tanda kutip dan menuliskan garis besar dialognya saja
  6. Pastikan untuk selalu cermat dalam menulis sinopsis, pembuatan sinopsis tidak boleh menyimpang atau bahkan sampai mengubah isi dari novel aslinya.

Contoh Sinopsis dalam Novel

Kalau kamu masih bingung dan penasaran bagaimana sebenarnya cara menulis sinopsis yang baik dan benar, kamu bisa coba untuk membaca beberapa contoh sinopsis novel berbagai genre berikut ini:

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

1. Sinopsis Buku Ganjil Genap – Almira Bastari

Gimana rasanya diputusin setelah pacaran selama 13 tahun?

Hidup Gala yang mendadak jomblo, adiknya yang kebelet nikah, dan janjinya yang pantang menikah diatas kepala 3, membuatnya harus mencari jodoh lewat berbagai cara.

Bersama ketiga orang sahabatnya, Nandi, Sydney, dan Detira, Gala mencoba menyisir berbagai penjuru untuk menemukan pria idaman, tapi akankan dia berhasil menemukan pasangan untuk bisa menggenapi hari-harinya yang ganjil?

2. Sinopsis Buku Wizard Bakery – Gu Byeong-mo

Karena ayahnya menikah lagi setelah ibunya meninggal dunia, seorang anak laki-laki yang berusia 16 tahun, terpaksa harus tinggal serumah dengan ibu dan adik tirinya yang tidak pernah bisa akur dengannya.

Tuduhan-tuduhan tanpa bukti yang dilayangkan ibu tirinya membuatnya muak dan memilih kabur dari rumah.

Ia berlari ke sebuah toko roti dengan papan nama yang bertuliskan “Wizard Bakery”, tidak disangka, toko roti tersebut sebenarnya memiliki ajaran ilmu sihir.

Saat si anak laki-laki berada disana, ia selalu menyaksikan sikap egois orang-orang yang ingin memiliki kekuatan sihir untuk kepentingan pribadinya, tapi di sisi lain, ia juga mendapatkan kehangatan dari si tukang roti dan burung biru yang selalu memberinya hiburan.

Tapi saat polisi mulai menyelidiki toko roti itu, si anak laki-laki sadar bahwa waktunya di Wizard Bakery, tidak akan lama lagi.

Kedua buku ini memiliki sinopsis yang singkat, tapi bisa menggambarkan bagaimana jalan cerita dalam novel tersebut akan berlanjut, dan pastinya bisa memantik rasa penasaran para pembaca tentang bagaimana kisah akhir dari Gala serta si anak laki-laki tersebut.

Setelah ini, kamu bisa mulai untuk membuat sinopsis buku menurut versimu sendiri!

Kalau kamu tertarik dan penasaran bagaimana perjalanan tokoh di kedua buku ini, kamu bisa membeli buku-bukunya melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com