Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Review Buku The Star and I: Saat Ekspektasi Tak Selaras dengan Kenyataan

Kompas.com - 04/03/2022, 13:00 WIB
Sumber Gambar: Gramedia.com
Rujukan artikel ini:
The Star and I
Pengarang: Ilana Tan
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Pernahkah kamu merasa hampa dan kehilangan harapan saat ditinggalkan oleh orang-orang yang begitu berarti dalam hidupmu?

Jika iya, berarti kamu akan lebih memahami bagaimana perasaan Olivia Mitchell saat membaca buku ini.

Setelah sukses menerbitkan Sunshine Becomes You (2012) dan In A Blue Moon (2015), Ilana Tan kembali melanjutkan buku ketiganya dari trilogi New York yang diberi judul The Star and I.

Jeda lima tahun di antara buku kedua dan ketiga ini cukup membuat banyak penggemar Ilana Tan yang menantikan karya selanjutnya, dan dibuktikan dengan antusiasme mereka saat buku ini akhirnya rilis pada Januari 2021 lalu.

Sinopsis Buku The Star and I

Buku The Star and I ini menceritakan kisah hidup Olivia Mitchell, seorang aktris opera yang tidak pernah tahu siapa orang tua kandungnya, karena masa kecilnya dihabiskan di panti asuhan bernama West Home for Children.

Setelah beberapa lama hidup di panti asuhan, Olivia diadopsi oleh pasangan suami-istri Mitchell dan mendapatkan kasih sayang yang berlimpah, tapi hal ini tetap tidak bisa membuatnya tenang sebelum ia berhasil mengetahui siapa orang tua kandungnya.

Saat itu, Ollie–sapaan akrab nya, tiba-tiba mendapatkan tawaran pekerjaan ke New York, ia dengan senang hati menyetujuinya tanpa ragu, karena dengan cara inilah ia bisa meninggalkan Inggris dan mencari jejak keluarganya di bagian bumi yang lain.

Tapi menemukan seseorang tanpa identitas lengkap di kota sebesar New York pasti bukan hal yang mudah, bahkan sampai masa kontrak kerjanya akan berakhir, Olivia tetap belum menemukan petunjuk yang berarti.

Dengan keinginan kuat, Olivia berusaha mencari pekerjaan baru yang membuatnya bisa tetap tinggal di New York dalam waktu yang sedikit lebih lama.

Tidak sampai di situ saja, New York juga kembali mempertemukan Olivia dengan Lawrence Rex Rankin, sahabat masa kecilnya sekaligus cinta pertamanya yang sudah lama ia lupakan sejak pertemuan terakhir mereka pada sembilan tahun lalu.

Kali ini ia tidak sendirian, Rex juga mencoba membantu mencari jejak orang tuanya, tapi pertemuannya kembali dengan Rex membuatnya sadar bahwa ia sama sekali tidak pernah melupakan perasaan cintanya pada Rex.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Review Buku The Star and I

Meskipun disebut sebagai cerita trilogi, tapi jalan cerita dalam trilogi New York ini sebenarnya tidak memiliki keterkaitan satu sama lain.

Ilana Tan dikenal sebagai penulis yang ahli dalam meracik cerita romantis yang manis namun tetap menarik untuk diikuti, gaya penulisannya juga memiliki ciri khas tersendiri, terlihat sederhana tapi sangat membekas di benak para pembaca.

Selain itu, Ilana Tan juga selalu menghadirkan berbagai karakter yang loveable dan mudah untuk diingat, contohnya seperti karakter Olivia yang dikenal sebagai perempuan cantik, supel, dan punya pendirian yang kuat, sementara Rex sendiri dikenal sebagai pria yang dingin, misterius, dan bahkan terkesan kurang realistis jika pria tersebut hidup di dunia nyata.

Saat membaca sinopsisnya, pembaca pasti mengira bahwa buku ini akan fokus menyuguhkan cerita pencarian orang tua Olivia, dengan sedikit bumbu dari kisah asmara tarik ulurnya bersama Rex, padahal sebenarnya tidak.

Setelah bertemu Rex, fokus utama ceritanya sedikit buyar dan hanya mengisahkan bagaimana perjalanan asmara Olivia dan Rex yang kadang terasa bertele-tele, sementara proses pencarian orang tuanya terasa jalan di tempat.

Tapi untungnya, plot-plot menuju ending akan kembali fokus pada pencarian Olivia yang pada akhirnya berhasil menemukan titik terang tentang keberadaan orang tuanya, dan membuat penantiannya selama ini tidak sia-sia.

Tidak sampai disitu saja, pertemanan Olivia dan Rex yang diceritakan sempat renggang selama sembilan tahun juga kembali dibahas di bagian akhir buku, tapi kali ini mereka menyadari bahwa alasan utama yang membuat pertemanan mereka retak sebenarnya hanya karena kesalahpahaman dan kurangnya komunikasi.

Meskipun ada sedikit kekurangan di beberapa bagian, buku The Star and I ini sebenarnya masih layak sekali untuk dinikmati, terutama bagi kamu yang menyukai buku-buku dengan cerita yang ringan dan bisa dibaca saat santai.

Selain itu, buku The Star and I ini juga mampu menyadarkan para pembaca bahwa kehidupan memang tidak akan bisa seindah dongeng, dan semua hal yang terjadi dalam hidup ini tidak akan sesuai dengan ekspektasi kita, tapi dari kisah Olivia kita bisa belajar arti menerima dan berdamai dengan apapun yang pernah menyakiti hati kita.

Bagi kamu yang tertarik dan ingin membaca karya terbaru dari Ilana Tan, kamu bisa membeli buku ini melalui Gramedia.com atau kamu juga bisa membaca versi e-booknya melalui Gramedia Digital.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Dapatkan Diskonnya! Dapatkan Diskonnya!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com