Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Rekomendasi Novel Remaja Karya Almira Bastari yang Harus Kamu Baca

Kompas.com - 08/04/2022, 17:00 WIB
Rekomendasi novel remaja Almira Bestari, yaitu "Home Sweet Loan", "Ganjil Genap", dan "Resign!". Sumber Gambar: Gramedia.com Rekomendasi novel remaja Almira Bestari, yaitu "Home Sweet Loan", "Ganjil Genap", dan "Resign!".
Rujukan artikel ini:
Home Sweet Loan
Pengarang: Almira Bastari
Penulis Lika Purnama
|
Editor Novia Putri Anindhita

Almira Bastari adalah penulis novel yang memulai peruntungannya di dunia kepenulisan melalui platform Wattpad, hingga akhirnya novel pertamanya berhasil diterbitkan dan mendapatkan sambutan hangat dari pembaca.

Novel-novel Almira Bastari ini sangat unik dan memiliki tema-tema yang relate dengan kehidupan sehari-hari, sehingga setiap kali novel terbarunya dirilis, pasti tidak pernah sepi pembaca.

Selain itu, gaya penulisan dan ceritanya yang ringan memang sangat cocok untuk dibaca kalangan remaja hingga dewasa untuk mengisi waktu luang.

3 Rekomendasi Novel Remaja Karya Almira Bastari

1. Home Sweet Loan

Novel terbaru yang dirilis oleh Almira Bastari di tahun 2022 ini mengambil tema besar tentang sulitnya memenuhi kebutuhan papan, yaitu membeli rumah bagi anak-anak muda zaman sekarang.

Hal ini dikarenakan harga properti yang semakin meningkat namun tidak dibarengi dengan peningkatan gaji dan kemampuan finansial yang memadai.

Itulah kegelisahan yang dialami oleh empat tokoh utama dalam novel ini, yaitu Kaluna, Tanisha, Kamamiya, dan Danan.

Empat sahabat karib ini bekerja di perusahaan yang sama namun dengan jabatan yang berbeda-beda.

Kaluna bekerja di bagian umum, punya pekerjaan sampingan sebagai model bibir, anak bungsu yang merangkap sebagai juru serba bisa di rumah orang tuanya.

Tanisha sudah menikah, ibu satu anak yang kebetulan sedang long distance marriage demi mewujudkan mimpi beli rumah di dekat MRT yang cukup untuk keluarga kecilnya serta mertua cerewetnya jika berkunjung.

Lalu ada Kamamiya, selebgram wanna be yang punya goals membeli apartemen mewah agar Instagramable demi menunjang karirnya sebagai influencer.

Kamamiya ini tipe orang yang dari ujung rambut sampai ujung kaki harus bermerk mahal sekalipun biayanya merogoh kocek 80% dari gajinya setiap bulan.

Kemudian yang terakhir adalah Danan, anak tunggal dari orang tua kaya raya yang suka hura-hura namun akhirnya mulai mikir untuk bisa mandiri.

Novel ini menarik karena sangat realistis menceritakan kehidupan empat tokoh utama yang mewakili berbagai karakter dari anak-anak muda saat ini.

Ada yang repot menjadi sandwich generation, ada yang menyesali keputusannya nikah muda, ada yang hidup mengikuti tren dan penilaian orang lain, ada pula yang sejak lahir sudah mapan dan taunya bersenang-senang.

Perjalanan mereka mencari rumah baru sangat diwarnai lika-liku yang tidak mudah.

Sampai pada akhirnya, masing-masing dari mereka menemukan tujuan hidup baru dan rumah untuk “pulang”.

2. Ganjil Genap

Novel satu ini terinspirasi dari peraturan ganjil genap yang diterapkan di Jakarta, di mana pada hari ganjil, hanya kendaraan dengan plat nomor ganjil yang boleh melintas, begitu juga sebaliknya jika hari genap.

Tokoh utama novel ini adalah Gala, perempuan berusia 29 tahun yang mendadak jomblo karena pacarnya selama 13 tahun tiba-tiba meminta putus sepihak.

Sementara itu, Gala juga tidak ingin menikah lewat dari usia 30 karena akan dianggap perawan tua.

Lebih parahnya lagi, adiknya yang jauh di bawah usianya tiba-tiba merengek minta menikah duluan.

Karena itulah, sahabat-sahabat Gala, yaitu Nandi, Sydney, dan Detira, berusaha melakukan perjodohan supaya Gala bisa segera menemukan pasangan dan menikah sebelum lewat kepala tiga.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Proses pencarian Gala terhadap jodohnya ini sangat menarik untuk diikuti.

Gala bertemu dengan berbagai macam lelaki, mulai dari yang biasa sampai pangeran negara sebelah.

Gala juga belajar berbagai karakter yang sekaligus mendewasakan dirinya, dan mengubah mindset-nya tentang menikah lewat dari kepala tiga.

Dari kisah Gala kita akan belajar satu hal penting tentang jodoh yang ternyata tidak berkorelasi dengan usia.

Tidak ada yang salah dengan perempuan menikah setelah 30 tahun, sebab justru akan menyiksa jika memaksa menikah hanya karena tuntutan.

Gala juga mengajarkan pembacanya bahwa komitmen adalah salah satu hal penting dalam hubungan, karena akan sia-sia dan kita akan lelah sendiri jika memilih menghabiskan banyak waktu tapi dengan orang yang terus-terusan ingin lari.

3. Resign!

Tema novel dari Almira Bastari kali ini adalah kehidupan perkantoran yang keras.

Ada empat tokoh utama yang semuanya bekerja di perusahaan konsultan bergengsi di Jakarta dan keempat-empatnya berlomba-lomba untuk segera resign.

Semua ini karena mereka tidak tahan dengan suasana kantor dan bos yang dianggap tidak ada bedanya dengan monster yang bernama Tigran.

Mereka adalah Alranita, termuda tapi paling lama bertahan dalam tim bos galak.

Alranita punya alasan resign terkuat karena ia yang paling dekat dan paling tersiksa.

Lalu ada Carlo yang baru menikah dan berencana resign demi mendapatkan gaji yang lebih tinggi.

Ada Karenina, pegawai senior yang sedikit muak dengan proyek-proyek baru.

Terakhir ada Mas Andre, family man, kesayangan si bos tapi tetap ingin resign karena ingin menikmati work life balance.

Dibandingkan dengan Home Sweet Loan, dan Ganjil Genap, cerita dari Resign! ini lebih ringan dan bahkan terkesan sedikit klise.

Namun, Almira Bastari mengemas novel ini dengan sangat menarik, sehingga dasar cerita yang sederhana tetap dapat dinikmati dan membuat pembacanya greget sendiri.

Rasanya, siapapun yang pernah bekerja dan mendapat bos galak pasti akan relate dengan novel ini.

Itulah beberapa rekomendasi novel remaja karya Almira Bastari.

Dapatkan novel Home Sweet Loan, Ganjil Genap, dan Resign! hanya di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com