Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Jualan Makanan yang Terlaris, Kekinian, dan Menghasilkan Banyak Cuan

Kompas.com - 27/03/2022, 19:19 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Roti Buatan Rumah Klasik dan…
Pengarang: Diah Nimpuno
Penulis Okky Olivia
|
Editor Novia Putri Anindhita

Bisnis makanan saat ini memang terbukti laris manis dan akhirnya banyak dicoba oleh para penggiat bisnis.

Di Indonesia sendiri, riset dari Statista menyatakan bahwa pendapatan dari bisnis makanan sendiri diprediksi akan terus mengalami peningkatan hingga 10,79% sampai tahun 2025, sehingga membuat bisnis ini punya peluang yang cukup tinggi di pasaran.

Semakin lama, rasa yang lezat dan kreativitas tidak hanya menjadi patokan utama dalam berbisnis kuliner, kamu juga harus selalu memperhatikan dan memanfaatkan tren makanan yang sedang populer dan bisa terjual laris manis tanpa harus menggunakan modal yang besar.

Karena itulah, berikut ini ada beberapa ide jualan makanan yang kiranya bisa menghasilkan banyak cuan dan memiliki prospek yang sangat cerah bahkan sampai beberapa tahun ke depan.

Ide Jualan Makanan Terlaris dan Kekinian

1. Ayam Geprek

Dalam beberapa tahun terakhir, ayam geprek mulai menjadi salah satu menu makanan kekinian yang sering dijadikan sebagai menu pilihan untuk makan siang maupun makan malam.

Salah satu alasan makanan ini digandrungi oleh banyak orang adalah karena porsinya yang mengenyangkan serta pilihan sambal dalam berbagai level pedas yang sangat menggugah selera.

Ayam geprek ini sebenarnya pertama kali diperkenalkan oleh seorang penjual ayam goreng tepung bernama Ibu Ruminah di wilayah Yogyakarta.

Ayam berlapis tepung yang dicampur dengan sambal ulek ini punya level kepedasan yang bisa disesuaikan dengan keinginan pembeli, bahkan saat ini kamu juga bisa membuatnya jadi lebih kreatif dengan menambahkan keju leleh di atas sambalnya untuk semakin menambah keunikan rasa.

2. Corndog

Jenis makanan ringan yang berasal dari negeri ginseng ini punya konsep yang sangat sederhana dan mudah untuk dibuat.

Kamu cukup menyediakan beberapa bahan seperti sosis, tepung, potongan kentang, dan tusukan sate, setelah itu buatlah beberapa buah tusukan sosis dan masukkan ke dalam larutan tepung.

Setelah baluran tepungnya sudah merata, jangan lupa juga untuk membalurkan potongan kentang dan goreng dalam minyak panas sampai warnanya kecoklatan.

Makanan yang satu ini sangat tepat untuk dijadikan pilihan karbohidrat sebagai penunda lapar.

3. Dessert Box

Berbagai aneka varian dessert box saat ini cukup digandrungi masyarakat luas, selain karena rasanya yang manis, dessert box juga tidak membosankan karena bisa dikreasikan dalam berbagai macam bentuk dan isian.

Cara pembuatannya juga terbilang sederhana, kamu tinggal membuat kombinasi lapisan kue, krim kocok (whipped cream), dan ulangi terus hingga tiga sampai empat lapis.

Untuk bagian toppingnya, kamu bisa tambahkan krim keju, potongan cokelat, potongan buah, dan masih banyak lagi.

Dessert box ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai kudapan atau bingkisan kepada anggota keluarga, selain itu kamu juga bisa mempromosikannya dengan mudah melalui online atau marketplace.

4. Taco

Sebuah makanan tradisional yang berasal dari Mexico ini termasuk salah satu makanan yang populer di dunia dan kini juga menjadi menu andalan di beberapa restoran fast food.

Taco ini dibuat dari kulit tortilla yang empuk, diisi dengan sayuran, daging, keju, jalapeno, dan saus yang bisa disesuaikan dengan selera pembeli.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Selain itu, taco juga memiliki bentuk yang tidak terlalu besar sehingga sangat cocok dijadikan makanan cepat saji.

Seiring dengan perkembangan zaman, taco saat ini sudah memiliki banyak sekali variasi seperti pilihan kulit tortilla yang lembut atau keras, dan tambahan item lainnya.

Di Indonesia sendiri, menu taco asli Mexico ini bisa dibeli di restoran Taco Bell yang sudah mulai beroperasi di Jakarta sejak satu tahun lalu.

5. Churros

Makanan berbentuk mirip sayuran kecipir berwarna cokelat ini menjadi salah satu makanan kekinian yang bisa laris manis di pasaran.

Dengan rasa yang legit, churros ini bisa dibuat dengan bahan-bahan yang sederhana seperti telur, tepung, mentega, dan air, dengan ukurannya yang kecil.

Churros ini sangat cocok untuk dijadikan camilan.

Walaupun cara pembuatannya sangat mudah, masih banyak orang yang lebih tertarik untuk membelinya daripada harus repot-repot membuatnya sendiri, sehingga bisnis makanan kekinian yang satu ini sangat tepat untuk kamu coba.

Itulah beberapa menu makanan kekinian yang dijamin laris dan bisa menghasilkan banyak cuan.

Tapi sebenarnya, masih banyak sekali ide menu makanan lain yang bisa kamu coba, misalnya seperti menu roti dan kue yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai makanan pencuci mulut dan dijamin laris manis.

Jika kamu tertarik dan ingin mencoba untuk berjualan jenis makanan penutup ini, kamu bisa coba membaca buku Roti Buatan Rumah Klasik dan Kekinian karya Diah Nimpuno dan buku Cake Kekinian Favorit karya Meida Felici.

Dalam buku Roti Buatan Rumah Klasik dan Kekinian kamu akan diajarkan bagaimana caranya membuat kreasi roti dengan peralatan baking seadanya tapi tetap bisa menyajikan menu roti seenak toko kue ternama.

Seringkali orang-orang memang agak kesulitan untuk membuat roti karena kekurangan peralatan yang memadai, tapi melalui buku ini kamu akan diberikan banyak sekali petunjuk dan resep yang sangat mudah dalam membuat aneka jenis roti yang lezat.

Selain resep dan proses pembuatannya, kamu juga akan diberi tahu apa saja kekurangan dari menu olahan roti tersebut dan bagaimana solusi untuk tetap membuatnya enak dikonsumsi dan rasanya tidak mengecewakan.

Sedikit beranjak dari roti, kamu juga bisa membuat menu cake yang kekinian dan dapat kamu temukan resepnya dalam buku Cake Kekinian Favorit.

Dalam buku ini kamu akan diberikan 25 resep cake yang kekinian dan terkenal di media sosial, misalnya seperti cheese cake, choco truffle, carrot cake, bubblegum chiffon, roll cake black forest, panna cotta, dan masih banyak lagi menu varian lainnya.

Penulis dalam buku ini ingin menunjukkan berbagai macam cara untuk bekerja di dunia tata boga dan bagaimana ia mengurus berbagai pesanan makanan yang beragam, jadi saat kamu ingin terjun ke dunia bisnis, kamu sudah merasa benar-benar siap.

Untuk mendapatkan beragam menu makanan yang unik dan kekinian ini, kamu bisa membeli kedua buku ini melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com