Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Menu untuk Bisnis Olahan Pisang yang Praktis dan Kekinian

Kompas.com - 20/03/2022, 14:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
100 Resep Makanan Laris Dijual…
Pengarang: EVI NOVRIYANTI
Penulis Okky Olivia
|
Editor Novia Putri Anindhita

Pisang merupakan salah satu jenis buah yang paling umum dijumpai di masyarakat.

Selain memiliki rasa yang enak dan manis, buah pisang juga mengandung khasiat yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Di dalam buah pisang terkandung banyak sekali protein, vitamin C, serat, mineral, dan kalium yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, karena bisa mengobati dan mencegah berbagai macam penyakit seperti jantung koroner dan tekanan darah tinggi.

Rasa pisang yang manis membuat buah ini disukai oleh banyak orang, tapi selain dimakan langsung atau digoreng biasa, buah pisang sebenarnya juga bisa diolah menjadi beragam makanan dan minuman yang tidak kalah lezat.

Selain itu, kamu juga bisa menjadikan kreasi olahan pisang ini menjadi ladang bisnis yang menguntungkan, karena saat ini bisnis kuliner menjadi salah satu jenis bisnis yang sangat diminati oleh masyarakat Indonesia.

Bagi kamu yang tertarik dan berminat untuk terjun langsung ke dunia bisnis, mungkin kamu bisa mencoba beberapa ide bisnis olahan pisang berikut ini.

5 Menu untuk Bisnis Olahan Pisang

1. Pisang Coklat (Piscok)

Pisang coklat atau piscok sebenarnya sudah lama menjadi kreasi olahan pisang yang diminati banyak orang.

Perpaduan antara buah pisang dan coklat yang manis ini membuat konsumen tergiur untuk mencicipinya.

Cara membuat pisang coklat ini pun terbilang mudah, kamu tinggal memotong buahnya kecil-kecil kemudian lumurkan dengan meses atau selai coklat, dan bungkus dengan kulit lumpia.

Saat bungkusannya sudah rapi, celupkan ke dalam minyak panas sampai warnanya kecoklatan.

2. Pisang Nugget

Cara pengolahannya hampir sama seperti pisang goreng, tapi menggunakan campuran tepung terigu dan tepung roti, sehingga membuat tekstur luarnya sedikit kasar dan renyah untuk dinikmati.

Untuk membuatnya, kamu bisa menggunakan jenis pisang kepok atau pisang raja.

Baluri pisang dengan tepung dan goreng menggunakan deep fryer sampai warnanya kecoklatan.

Setelah matang, kamu tinggal menambahkan berbagai macam varian topping di atas pisang nuggetnya, seperti coklat, keju, matcha, dan masih banyak lagi.

3. Keripik Pisang

Keripik pisang menjadi salah satu olahan pisang yang laris manis di pasaran dan bisa dipadukan dengan berbagai macam rasa seperti coklat, keju, balado, dan sebagainya.

Karena sudah banyak orang yang menjual olahan pisang yang satu ini, kamu harus coba membuatnya menjadi lebih kreatif, misalnya dengan membuat kemasan yang unik sehingga konsumen tertarik untuk membelinya.

Selain itu, kamu juga harus memastikan bahwa buah yang kamu dapat dari supplier itu punya kualitas yang bagus sehingga kamu tidak menemukan hambatan dalam proses produksinya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Es Pisang Ijo

Es pisang ijo adalah makanan khas dari daerah Makassar, Sulawesi Selatan.

Untuk membuatnya kamu membutuhkan bahan-bahan seperti adonan tepung, bubur sum-sum, es batu, sirup, dan susu cair.

Es pisang ijo ini memiliki rasa yang gurih, manis, dan menyegarkan.

Jika kamu ingin membuat warna hijaunya terlihat alami, kamu juga bisa menambahkan pewarna hijau yang biasanya didapatkan dari daun suji.

5. Bolu Pisang Kukus

Bolu merupakan salah satu jenis kue yang terkenal di Indonesia, bahkan di beberapa daerah juga kamu akan mudah menemukan kue bolu dengan ciri khasnya masing-masing.

Nah, untuk membuat kue bolu ini terlihat lebih menarik, kamu bisa menambahkan buah pisang ke dalam adonannya dan beberapa item lain seperti parutan keju dan choco chips di bagian topping.

Dengan banyaknya makanan kekinian yang ada saat ini, kreasi olahan bolu pisang kukus ini bisa kamu jadikan salah satu ide bisnis yang menguntungkan dan menghasilkan cuan.

Bisnis kuliner saat ini memang menjadi salah satu bisnis yang terkenal dan sangat diminati oleh masyarakat dari berbagai kalangan.

Dalam membuka sebuah bisnis terutama bisnis kuliner, kamu membutuhkan kreatifitas dan inovasi untuk membuat berbagai macam kreasi yang unik dan menarik, supaya bisnismu bisa tetap berkembang dan tidak mudah dikalahkan oleh kompetitor lain.

Salah satu bisnis kuliner yang mudah dan bisa kamu coba dari rumah adalah bisnis kuliner rumahan, karena kamu tidak perlu menyewa tempat dan pemasarannya pun jauh lebih mudah.

Sebagai inspirasi untuk memulai bisnis, kamu bisa menemukan beragam resep kuliner rumahan yang praktis dan laris manis dalam buku 100 Resep Makanan Laris Dijual ala Dapur Mak Evi yang ditulis oleh Evi Novriyanti dan buku 50 Resep Makanan Rumah Mudah & Enak yang ditulis oleh Sisca Susanto.

Kedua buku ini menyediakan beragam menu makanan, mulai dari makanan khas daerah, aneka kue dan jajanan pasar, dessert, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, kamu juga akan menemukan banyak resep makanan rumahan yang sudah pasti diminati banyak orang, jadi kamu tinggal membuat sedikit inovasi dan kreasi untuk membuatnya terlihat jauh lebih menarik dari biasanya.

Jika kamu tertarik dan ingin membuka bisnis kuliner, kedua buku resep ini bisa kamu jadikan sebagai pedoman.

Kamu bisa mendapatkan kedua bukunya melalui Gramedia.com atau membaca versi e-booknya melalui Gramedia Digital.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com