Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Jenis Peluang Usaha yang Menguntungkan di Masa Pandemi

Kompas.com - 01/11/2021, 20:24 WIB
Sumber gambar : freepik.com
Rujukan artikel ini:
Instagram Untuk Bisnis, Hobi, Dan…
Pengarang: Jubilee Enterprise
Penulis Okky Olivia
|
Editor Novia Putri Anindhita

Melonjaknya kasus Covid-19 membuat tatanan kehidupan sosial dan ekonomi sebagian masyarakat di dunia jadi goyah, terutama pada sektor kesehatan, transportasi, dan bisnis yang ikut terpuruk.

Banyak usaha yang harus ditutup sementara akibat sepinya pembeli dan membuat sebagian masyarakat juga diberhentikan dari pekerjaannya.

Pandemi ini akhirnya membuat sebagian masyarakat jadi memutar otak dan mencari sumber penghasilan lain yang bisa memenuhi kebutuhan hidupnya.

Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, ada beberapa sektor bisnis yang menciptakan peluang bagi masyarakat dan bisa dijalankan hanya dari rumah saja, tanpa perlu proses yang berbelit-beli, namun memiliki keuntungan yang menjanjikan.

Berikut ini 4 peluang usaha yang bisa kamu jadikan bisnis di masa pandemi:

1. Bisnis Kuliner Rumahan

Kuliner merupakan salah satu bisnis di masa pandemi yang terus mengalami kemajuan dan diminati oleh banyak orang, karena tidak semua orang bisa dan punya waktu untuk memasak sendiri di rumah.

Usaha kuliner bisa menjadi salah satu alternatif bagi siapapun yang mempunyai skill dalam memasak makanan rumahan yang enak, tanpa harus menyewa tempat karena bisa dilakukan dari rumah.

Banyak sekali contoh usaha kuliner masakan rumahan yang bisa sukses di pasaran, seperti sambal, kue, keripik, dan masih banyak lagi.

Untuk bisa sukses dan menarik banyak pembeli, kuncinya terletak pada kualitas rasa makanan, bentuk pelayanan, dan strategi pemasaran yang terencana dengan baik, kemasan makanan yang menarik juga bisa menambah perhatian konsumen.

Strategi pemasaran bisnis ini juga terbilang mudah, kamu bisa mengiklankannya lewat jejaring sosial Facebook, Instagram, atau WhatsApp Status, dan yang paling penting adalah usaha dan kerja keras untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Membuka Online Shop

Banyaknya pusat perbelanjaan yang tutup akibat pandemi, membuat masyarakat Indonesia beralih ke toko online untuk membeli kebutuhan.

Online shop bisa menjadi salah satu alternatif peluang usaha modal kecil yang bisa kamu jalankan di masa pandemi, karena tidak membutuhkan sewa tempat dan kamu juga bisa menyesuaikan modal awal dengan uang tabungan yang kamu punya sebelumnya.

Barang-barang yang dijual juga bisa beragam, mulai dari alat rumah tangga, pakaian, masker, hand sanitizer, buku, alat tulis sekolah, dan masih banyak lagi, tergantung dari target pasar yang ingin kamu tuju.

Kamu bisa menjual barang-barang di berbagai marketplace atau kamu juga bisa menggunakan media sosial sebagai tempat promosi.

3. Menjadi Freelancer

Beberapa kemampuan yang bisa dijadikan modal awal bagi kamu yang ingin menjadi freelancer adalah kemampuan desain grafis, penulis artikel, copywriter, dan masih banyak kemampuan lainnya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Walaupun sebenarnya jenis usaha ini bisa kamu lakukan dari sebelum adanya pandemi, tapi dengan adanya pandemi dan semakin banyaknya pelaku usaha online, maka peran freelancer sangat dibutuhkan untuk bisa mengemas dan memnjual suatu produk supaya menarik minat konsumen.

Peran desain grafis dan copywriter sangat dibutuhkan dalam hal branding dan promosi suatu produk, ilustrasi dan logo yang unik adalah salah satu hal yang bisa dengan cepat diingat oleh pembeli.

Sedangkan untuk pemasaran dan promosi suatu produk, peran copywriter dibutuhkan untuk bisa menulis iklan dan informasi lainnya agar produk bisa laku di pasaran.

4. Tutor Bimbel Online

Ditetapkannya sistem pembelajaran jarak jauh atau online, membuat banyak orang tua khawatir jika anak-anaknya tidak bisa memahami materi dengan baik, tapi mereka juga tidak ingin jika anak-anaknya harus keluar rumah hanya untuk pergi ke tempat bimbel, maka disinilah peran bimbel online itu dibutuhkan.

Para orang tua yang sering merasa kesulitan untuk mengajari anak-anaknya, juga membutuhkan tutor bimbel untuk membantu anaknya menyelesaikan tugas dari sekolah.

Terutama bagi kamu yang memahami materi-materi pelajaran pokok seperti IPA dan IPS, bahasa Indonesia maupun Inggris, matematika, dan lainnya, bisa membuka peluangmu menjadi tutor bimbel semakin terbuka lebar.

Tidak dapat dipungkiri bahwa media sosial memang sangat memudahkan banyak aktivitas, terutama sebagai sarana promosi.

Dari riset yang diambil oleh beritasatu.com, Indonesia memiliki pengguna internet sebanyak 202,6 juta jiwa, dengan Youtube dan WhatsApp di peringkat 1 dan 2, sementara Instagram ada di peringkat ke 3.

Dengan banyaknya pengguna Instagram saat ini, kamu bisa menjadikannya sebagai tempat untuk mempromosikan usaha secara online.

Jika kamu masih pemula dan ingin mencoba belajar menggunakan Instagram sebagai ladang bisnis, kamu bisa membaca buku Instagram untuk Bisnis, Hobi, & Desain Grafis karya Jubilee Enterprise.

Buku ini akan membahas step by step bagaimana membuat akun Instagram yang cocok untuk berjualan, kamu juga akan diajarkan bagaimana caranya memilih username yang unik, membuat rencana konten yang akan di posting, mengatur bentuk desain, logo, katalog produk yang nantinya bisa dengan mudah diminati oleh banyak orang.

Untuk kamu yang ingin belajar mengenai desain grafis dan copywriting untuk bisnis, buku ini juga bisa menjadi solusinya.

Selain itu, buku Instagram Marketing untuk Pemula karya Jefferly Helianhusonfri juga bisa menjadi pilihan yang tepat.

Kamu akan diajarkan bagaimana caranya menggunakan dan memaksimalkan ads Instagram untuk bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Kamu bisa dengan mudah membeli kedua buku ini melalui laman Gramedia.com atau membeli e-booknya di Gramedia Digital.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.