Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembangkan Hobi yang Menghasilkan Cuan, Simak Ide Bisnis Makanan Kekinian Berikut Ini!

Kompas.com - 20/12/2021, 11:11 WIB
Sumber Gambar : Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Gurih- Gurih Club Hits di…
Pengarang: Dhila Sina
Penulis Okky Olivia
|
Editor Novia Putri Anindhita

Bisnis kuliner menjadi salah satu bisnis yang tidak ada matinya, bahkan di masa pandemi Covid-19 pun bisnis ini masih laris manis.

Adanya fakta bahwa setiap manusia pasti membutuhkan makanan setiap harinya, akhirnya membuat bisnis makanan ini masih bisa terus bertahan sampai sekarang.

Dengan adanya inovasi yang berkelanjutan, bisnis makanan menjadi semakin berkembang dan menghasilkan banyak menu-menu baru kekinian yang menjadi favorit masyarakat Indonesia.

Bagi kamu yang hobi memasak, membuka bisnis makanan kekinian bisa kamu jadikan sebagai ladang keuntungan yang menjanjikan.

Berikut adalah beberapa ide bisnis makanan kekinian yang bisa kamu coba.

5 Ide Bisnis Makanan Kekinian

1. Corndog

Makanan sederhana ini berasal dari Korea Selatan yang terbuat dari bahan sosis dibalut dengan tepung dan potongan kentang.

Cara membuatnya pun sangat mudah, kamu hanya tinggal menggulung sosis dengan tepung dan dibalurkan dengan potongan kentang, baru kemudian digoreng dalam minyak yang panas sampai matang kecoklatan.

Walaupun termasuk dalam makanan yang sederhana, tapi potongan kentang yang menempel pada corndog ini bisa menjadi salah satu pilihan karbohidrat sebagai penunda lapar.

Selain itu, kamu juga bisa membuat corndog varian manis yang diisi dengan keju, sementara untuk topping nya kamu bisa gunakan topping coklat atau green tea yang sekarang sedang trend.

2. Dessert Box

Saat ini dessert box sedang digandrungi di tengah masyarakat.

Selain karena rasanya yang manis, dessert box juga tidak membosankan karena bisa kamu kreasikan menjadi berbagai varian.

Kamu bisa mengkombinasikan lapisan kue yang lembut, whipped cream, dan layer bagian atasnya bisa kamu tambahkan krim keju, green tea, potongan cokelat, dan masih banyak lagi.

Selain itu, dessert box juga bisa dijadikan sebagai kudapan hantaran atau bingkisan ulang tahun karena kemasannya yang praktis dan menarik.

3. Rice Bowl

Sesuai dengan namanya, rice bowl biasanya dikemas dalam sebuah wadah yang berbentuk menyerupai mangkok.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Isi lauk pauk dalam rice box nya pun beragam sesuai dengan keinginan dan minat para pembeli.

Kamu juga bisa menambahkan sayuran dan kerupuk sebagai menu pendamping.

Khusus makanan kekinian yang satu ini, kamu bisa mencoba untuk mempercantik kemasannya dan menggunakan kemasan yang ramah lingkungan.

Semakin unik dan menarik, menu buatanmu akan semakin membuat para pembeli tertarik untuk membelinya.

4. Churros

Dikutip dari luvne.com, ternyata makanan ringan asal Spanyol ini berhasil menjadi makanan yang menarik banyak minat masyarakat Indonesia.

Dengan teksturnya yang renyah dan rasa yang manis dari taburan gula dan saus coklat, membuat menu makanan yang satu ini laris manis di pasaran.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya juga tidak terlalu banyak, kamu hanya tinggal menyiapkan tepung, telur, mentega, dan air, serta tambahan gula halus atau saus cokelat sebagai topping tambahannya.

Walaupun cara pembuatannya tidak terlalu sulit, masih banyak orang-orang yang memilih untuk membeli daripada harus repot-repot membuatnya sendiri. Hal ini bisa kamu jadikan sebagai peluang bisnis yang menghasilkan keuntungan.

5. Es Kopi Literan

Sampai saat ini brand es kopi semakin banyak bermunculan di media sosial, banyak juga gerai-gerai yang mengadakan berbagai diskon dan promo-promo yang menarik untuk memikat para pembeli.

Bagi para penikmat kopi, inovasi es kopi literan ini bisa menjadi pilihan yang menarik, karena mereka bisa menyimpannya dulu di kulkas dan menikmatinya saat sedang bersantai di rumah, dan yang pasti stoknya juga tidak akan cepat habis dibandingkan dengan es kopi yang biasanya disajikan dengan gelas plastik.

Sebelum memulai bisnis ini, kamu bisa lebih dulu melakukan eksperimen untuk menemukan resep kopi terbaik dan menemukan ciri khas yang bisa membuat orang-orang mengingat dan menyukai es kopi buatanmu.

Untuk ide-ide menu makanan kekinian lainnya, kamu bisa mencarinya dalam buku Gurih- Gurih Club Hits di Instagram- Resep Jajanan & Camilan Laris Dijual karya Dhila Sina.

Buku ini berisi 60 resep jajanan dan camilan kekinian yang saat ini sedang hits serta disukai para penikmat kuliner seperti Tahu Jeletot, Bakso Aci, Lumpia Basah, Otak-Otak Bakar, Tahu Gulung, dan masih banyak lagi.

Selain menyediakan resep makanan, buku ini juga akan memberikan kamu sedikit tips mengenai cara penjualan makanan kekinian ini lewat Instagram yang bisa langsung kamu praktekkan.

Kamu juga akan diajarkan bagaimana caranya melakukan food photography supaya makanan yang kamu jual bisa terlihat cantik dan menarik, sehingga bisa membuat pembeli tertarik ingin mencobanya.

Jika kamu tertarik dengan buku ini, kamu bisa membelinya melalui online di Gramedia.com. Selamat membaca!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com