5 Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan, Mudah dan Menguntungkan

Kompas.com - 24/11/2021, 10:01 WIB
Sumber foto : Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Buku 25 Bisnis Sampingan Untuk…
Pengarang: Penerbit Andi
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Di tengah kondisi ekonomi yang mengalami penurunan akibat pandemi Covid-19, banyak masyarakat yang membutuhkan penghasilan tambahan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Bagi para karyawan yang biasanya bekerja full time dan mengandalkan gaji bulanan, sekarang terpaksa harus bekerja dari rumah dan bahkan mengalami pengurangan gaji.

Di tengah kebutuhan hidup yang semakin tinggi dan gaji yang tidak bisa menutupi kebutuhan tersebut, membuat seorang karyawan harus memutar otak dengan mencari pekerjaan sampingan yang tidak mengganggu pekerjaan utamanya.

Selain untuk mendapatkan penghasilan tambahan, usaha sampingan ini juga bisa menjadi aktivitas tambahan untuk mengisi waktu luang di kala pandemi.

Pekerjaan sampingan ini bisa dilakukan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan seseorang, yang paling penting adalah kerja keras dan konsistensi.

Sekarang sudah banyak sekali pekerjaan tambahan yang menghasilkan banyak cuan bahkan tanpa harus mengeluarkan modal awal yang besar.

Berikut ini 5 ide usaha sampingan yang menguntungkan untuk karyawan.

5 Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan

1. Usaha Kuliner Online

Usaha yang menjadikan makanan sebagai produknya pasti akan selalu menggiurkan karena berpotensi mendatangkan banyak pelanggan setiap harinya.

Kalau kamu memiliki keahlian dalam memasak makanan tertentu, kamu bisa dengan mudah membuka usaha kuliner dengan konsep pesan antar atau delivery order untuk memudahkan pelanggan dalam memesan.

Kamu juga bisa mengajak saudara atau teman untuk bekerjasama jika kamu merasa repot mengurus usahanya sendiri.

Yang perlu diingat, usahakan untuk berjualan makanan yang unik dan kreatif supaya menarik banyak peminat, misalnya seperti membuat dessert box, corn dog ala Korea, martabak karakter mini, dan masih banyak lagi.

Dengan menjalankan usaha kuliner dari rumah, kamu tidak akan kesulitan untuk membagi waktu dengan pekerjaan utamamu.

Untuk mempromosikannya juga sangat mudah, kamu bisa gunakan media sosial yang biasa digunakan oleh banyak orang.

2. Jasa Desain Grafis

Jika kamu adalah karyawan yang bekerja di perusahaan desain grafis, atau kamu memiliki keahlian dalam bidang desain, kamu bisa menghasilkan uang dengan cara membuka jasa pembuatan desain grafis.

Kamu bisa memulai dengan hal-hal yang sederhana seperti desain kartu nama, cangkir atau mug, kaos, dan desain poster.

Sebagai modal awalnya kamu hanya membutuhkan laptop atau komputer, dan aplikasi untuk membuat desainnya, yang terpenting adalah kamu harus memiliki banyak portofolio supaya mudah menarik banyak pelanggan.

Kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk promosi, atau bisa juga menggunakan website khusus yang menyediakan tempat untuk menjual desain secara online.

3. Reseller atau Dropshiper Online

Pekerjaan sampingan menjadi reseller atau dropshipper merupakan salah satu bisnis yang mudah dilakukan, karena kamu tidak perlu repot memproduksi atau membuat produk sendiri, kamu cukup menjual berbagai produk yang sudah disediakan oleh supplier.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Dengan menjadi reseller, kamu bisa mengambil keuntungan dari berbagai produk yang sudah berhasil terjual.

Yang penting, usahakan untuk selalu memprioritaskan calon pembeli dengan cara merespon pembelian mereka dengan cepat, supaya mereka betah dan tetap mau membeli produk lain dari tokomu.

4. Bisnis Hampers atau Bingkisan

Saat ini, banyak orang yang ingin memberikan bingkisan kepada orang-orang terdekat di hari spesial, tapi kebanyakan dari mereka tidak memiliki keahlian atau tidak punya waktu untuk menghiasnya sendiri.

Kamu bisa manfaatkan kesempatan ini untuk membuka usaha pembuatan hampers atau bingkisan dengan berbagai model yang unik dan menarik.

Jenis-jenis hampers saat ini sudah berkembang dan beragam, ada yang berupa kue, buah, snack, bunga, kosmetik, dan masih banyak lagi.

Target pembeli hampers ini juga tergolong luas karena banyak orang yang membutuhkannya sebagai hadiah pada perayaan tertentu seperti ulang tahun, wisuda, pernikahan, dan perayaan lainnya.

Serta yang paling penting adalah usaha hampers ini tidak terlalu membutuhkan modal yang besar dan tidak mengganggu jam kerja.

5. Jasa Les Private Online

Pandemi Covid-19 yang menerpa seluruh negara di dunia membuat pembelajaran jarak jauh menjadi salah satu solusi yang tepat supaya aktivitas pendidikan anak-anak tetap bisa berjalan.

Momentum ini bisa kamu gunakan untuk membuka jasa les private sesuai dengan keahlian dan kemampuan yang kamu miliki tanpa harus keluar modal yang besar.

Dengan menjadi guru private, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan sekaligus bisa menghemat waktu dan ongkos transportasi karena kamu tidak perlu pergi keluar rumah.

Menjadi guru private juga sangat mudah dan fleksibel karena kamu bisa menentukan sendiri jadwal mengajarmu, jadi tidak mengganggu jadwal pekerjaan utamamu.

Selain keenam ide usaha ini, masih banyak sekali jenis pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan oleh para karyawan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Buku 25 Bisnis Sampingan Untuk Karyawan: Langkah Cerdas Membengkakkan Penghasilan Sambil Tetap Bekerja karya Dyna Novitasari akan memberikan kamu banyak alternatif pekerjaan sampingan yang bisa kamu lakukan sebagai upaya untuk menambah penghasilan.

Setelah berhasil menemukan pekerjaan sampingan yang menguntungkan, kamu juga harus belajar untuk bisa mengelola keuangan dengan matang supaya uang yang kamu dapatkan tidak lewat begitu saja.

Buku Seni Mengatur Keuangan Keluarga Dalam Segala Situasi karya Richard Mahaputra akan memberikanmu beberapa tips sederhana mengenai bagaimana caranya mengatur pengeluaran dengan perencanaan yang matang.

Selain itu, buku ini juga akan mengajarkan kamu beberapa hal yang harus dilakukan jika kamu baru ingin memulai investasi, supaya tidak terjadi kesalahan yang nantinya malah membuatmu rugi.

Kamu bisa membeli kedua buku ini melalui online di laman Gramedia.com atau membeli e-booknya di Gramedia Digital.


Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.