Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjalankan Hobi Sambil Menghasilkan Uang, Simak Tips Memulai Bisnis Tanaman Hias Berikut Ini

Kompas.com - 14/03/2022, 09:20 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Aglaonema | S14097
Pengarang: Leman
|
Editor Ratih Widiastuty

Banyaknya waktu yang dihabiskan di rumah selama pandemi Covid-19 membuat banyak orang mulai mencari hobi baru supaya tidak merasa bosan.

Salah satu hobi yang banyak digemari oleh masyarakat saat ini adalah merawat dan memelihara tanaman hias.

Mengamati perkembangan tanaman mulai dari bibit hingga tumbuh menjadi tanaman hias yang cantik dan memanjakan mata bisa memberikan kepuasan serta kesenangan tersendiri yang membuat orang-orang menyukai kegiatan ini.

Namun tidak hanya menjadi hobi saja, kamu pun bisa mengembangkan bisnis dan memperoleh pendapatan tambahan melalui usaha tanaman hias ini.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memulai bisnis tanaman hias agar semakin sukses.

Tips Memulai Bisnis Tanaman Hias

1. Memilih Jenis Tanaman Hias

Sebelum memulai usaha, kamu perlu menentukan terlebih dahulu jenis tanaman hias yang ingin kamu budidayakan.

Kamu bisa memilih jenis tanaman yang memiliki perawatan cukup mudah dan banyak disukai oleh orang-orang, seperti kaktus mini atau sukulen, aglaonema, bunga mawar, lidah mertua, dan lain-lain.

Sebagai pemula, kamu tidak perlu langsung memiliki berbagai macam jenis tanaman hias, cukup fokuskan pada satu atau dua jenis saja.

Seiring berjalannya waktu, ketika bisnis atau usaha kamu telah berjalan dengan baik, kamu bisa mengembangkannya dengan menambah jenis-jenis tanaman hias baru untuk dibudidayakan.

Pilihlah tanaman hias yang memiliki daya jual stabil dan tidak hanya laris pada musim-musim tertentu saja untuk menghindari kerugian.

2. Mengenali Kebutuhan Tanaman

Untuk bisa merawat dan membudidayakan tanaman hias dengan baik tentunya kamu perlu mengenali serta memahami terkait kebutuhan dari tanaman tersebut.

Kebutuhan untuk merawat tanaman hias ini meliputi media tanam, pupuk, intensitas air dan sinar matahari, suhu serta kelembaban, dan lain-lain.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memperluas pengetahuan mengenai teknik-teknik perawatan dan pembudidayaan tanaman hias dengan mempelajarinya melalui online atau dengan membaca buku.

Kamu pun bisa bertanya kepada penjual tanaman hias yang telah lama berkecimpung di bidang ini terkait tips-tips pemeliharaannya.

Selain agar kamu bisa menghasilkan tanaman hias yang cantik dan sehat untuk dipasarkan, pengetahuan terkait perawatan tanaman hias yang kamu miliki juga akan membantu kamu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pembeli yang tertarik dengan produk kamu.

3. Mempersiapkan Modal Usaha

Setelah menentukan jenis tanaman hias yang akan dibudidayakan serta mengetahui kebutuhan perawatannya, kamu bisa menghitung berapa modal awal yang perlu kamu keluarkan untuk memulai usaha.

Tanaman hias memiliki harga bibit yang cenderung bervariasi tergantung dari jenis serta kelangkaannya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Namun untuk membeli peralatan yang dibutuhkan, biasanya memerlukan biaya kurang lebih sebesar satu juta rupiah.

Jika kamu memiliki modal berlebih, kamu bisa menyewa tempat dan membuka toko offline untuk menjual tanaman hias kamu.

Namun jika tidak, kamu bisa membudidayakan tanaman hias dalam skala kecil terlebih dahulu di rumah dan memasarkannya secara online melalui media sosial atau e-commerce.

Kamu pun bisa menawarkan produk tanaman hias kamu ke tetangga atau orang-orang sekitar yang tertarik untuk memulai hobi baru ini.

4. Bergabung dengan Komunitas

Bergabung dan mengikuti komunitas pecinta tanaman hias di grup Facebook atau media sosial lainnya bisa memberikan kamu banyak manfaat.

Selain bisa bertemu serta berinteraksi dengan orang-orang yang memiliki hobi serupa, kamu juga akan memperoleh berbagai informasi mengenai tanaman hias yang dibagikan oleh anggota grup.

Kamu jadi bisa lebih up-to-date dalam mengetahui jenis-jenis tanaman hias yang sedang populer dan banyak digemari oleh masyarakat.

Kamu juga bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menawarkan tanaman hias yang kamu jual di grup komunitas untuk menjaring lebih banyak pembeli.

Nah, itulah beberapa tips yang perlu kamu ketahui untuk bisa memulai dan menjalankan bisnis tanaman hias yang sukses.

Aglaonema merupakan salah satu jenis tanaman hias yang paling populer karena memiliki corak dan warna daun yang khas, serta mudah untuk dirawat dan dipelihara.

Namun, tanaman aglaonema ini memiliki sekitar 30 spesies dan tidak banyak orang mengetahui jenis mana yang bagus untuk dirawat dan disimpan di rumah.

Untuk memperoleh informasi terkait jenis aglaonema yang berkualitas baik dan bisa mendatangkan keuntungan, buku Aglaonema yang ditulis oleh Leman ini bisa menjadi pilihan bacaan yang tepat untuk kamu.

Melalui buku ini, penulis akan membantu kamu untuk mengenali berbagai spesies dari Aglaonema, mengetahui teknik perawatan dan cara perbanyakannya, hingga peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan.

Kamu juga bisa mendapatkan lebih banyak tips untuk memulai bisnis tanaman hias skala rumahan melalui pembahasan yang dibagikan di dalam buku.

Buku ini akan menjadi teman yang pas untuk bisa merealisasikan hobi merawat tanaman hias kamu menjadi sebuah peluang bisnis yang menguntungkan.

Kamu bisa mendapatkan buku Aglaonema ini dengan mudah di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, langsung klik di sini untuk dapatkan vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com