Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis Tanaman Hias ini Bisa Jadi Bisnis yang Mendatangkan Rezeki

Kompas.com - 19/12/2021, 14:57 WIB
Sumber Gambar : Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Info Kit Vol.06 Aglaonema Teknik…
Pengarang: Trubus
|
Editor Ratih Widiastuty

Selama pandemi berlangsung, ada banyak orang yang mulai menggeluti hobi baru, yaitu merawat tanaman hias.

Selain mampu membunuh waktu selama di rumah saja, tanaman hias juga dapat memberikan relaksasi melalui bentuk dan corak warnanya.

Maka dari itu, tidak mengherankan jika kini mulai menjamur bisnis tanaman hias karena permintaan akan tanaman hias yang tinggi dan tampak menguntungkan.

Apalagi untuk memulai bisnis tanaman hias tidak memerlukan modal yang terlalu besar, namun kamu dituntut untuk mempunyai skill yang mumpuni terkait budidaya tanaman hias sebelum memulainya.

Berikut jenis-jenis tanaman hias yang mungkin bisa kamu budidayakan dan menjadi lahan bisnis yang menguntungkan.

Jenis-Jenis Tanaman Hias yang Bisa Dijadikan Peluang Bisnis

1. Pohon Bonsai

Selain karena bentuknya yang mini, pohon bonsai juga memiliki tampilan seni yang terlihat estetik dan bisa menjadi tanaman hias yang cocok untuk ditaruh di dalam rumah.

Peminat dari tanaman berbentuk pohon yang dikerdilkan ini juga terbilang banyak, sehingga bisnis tanaman hias yang akan kamu rintis semakin banyak pembeli.

Mungkin untuk perawatannya sendiri pohon bonsai bisa dibilang tidak mudah, namun jika kamu sudah mendapatkan target pasar yang tepat, prospek bisnis tanaman hias yang satu ini terbilang menjanjikan.

2. Sukulen dan Kaktus Mini

Mungkin dua tanaman hias ini sudah tidak asing lagi karena memang mudah ditemukan dengan harga yang tergolong ramah di kantong dan bentuknya yang mini menjadi daya tarik untuk membelinya.

Sukulen dan kaktus mini adalah tanaman hias yang mudah untuk dirawat serta bisa menjadi dekorasi yang indah untuk diletakkan di atas meja belajar atau rak buku.

Sukulen sendiri mempunyai berbagai macam jenis sehingga banyak sekali opsi atau pilihan yang bisa ditawarkan kepada pembeli.

3. Bunga Mawar

Kecantikan dan keindahan dari sekuntum bunga mawar selalu mampu membuat siapa saja yang melihatnya merasa terbuai dibuatnya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Bunga mawar selalu identik dengan urusan yang berbau romantis dalam percintaan, sehingga sering dibeli untuk diberikan kepada pasangan atau keluarga tercinta.

Oleh karena itu, prospek untuk berbisnis bunga mawar sangat terbuka lebar dan dijamin akan terus dicari serta dibeli oleh banyak orang.

4. Lidah Mertua atau Sansevieria

Sansevieria atau yang lebih dikenal dengan lidah mertua adalah tanaman hias yang banyak dipelihara karena selain bisa ditanam di pekarangan, bisa juga dirawat dalam ruangan.

Bentuk dari lidah mertua yang sebetulnya mirip dengan pedang ini juga bisa menjadi pagar tanaman yang akan mempercantik halaman rumah dengan perawatan yang mudah.

Harganya yang ramah di kantong juga menjadi alasan mengapa tanaman hias yang satu ini akan sangat cocok dijadikan ide bisnis.

5. Aglaonema

Tanaman hias terakhir yang bisa kamu jadikan peluang usaha adalah aglaonema, yang meskipun hanya berbentuk daun, tapi dapat mengeluarkan keindahan melalui warna, bentuk, dan tekstur daunnya.

Aglaonema juga mempunyai jenis yang beragam, sehingga ada banyak pilihan yang bisa dijual kepada konsumen dengan melihat selera pasar.

Tidak lupa, tanaman hias ini juga kini tengah naik daun sehingga akan ada banyak orang yang mau mencari dan membelinya sebagai dekorasi cantik yang mampu mengurangi stres.

Apabila tertarik untuk bisnis dan budidaya tanaman hias aglaonema, kamu dapat membaca buku berikut ini sebagai panduan.

Info Kit Vol.06 Aglaonema Teknik Baru, Peluang Baru adalah kamus lengkap yang bisa kamu baca sebagai sumber informasi untuk mulai membudidayakan aglaonema.

Buku ini membahas tentang 203 aglaonema unggul lokal silangan Indonesia, silangan Thailand, serta mutasinya secara lengkap.

Tidak hanya itu, kiat merawat dan cara membudidayakannya pun turut dibahas secara lengkap, seperti cara melipatgandakan anakan hingga 15 tunas dengan teknik jemur.

Kamu dapat membeli buku ini di Gramedia.com dan selamat berbisnis tanaman hias!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com