Cari Tanaman Hias? Simak 3 Bunga Aglaonema Termahal Berikut Ini!

Kompas.com - 25/11/2021, 18:21 WIB
Sumber Gambar : pexels.com
Rujukan artikel ini:
Merawat Aglaonema: Sri Rejeki Pembawa…
Pengarang: Tim Agromate
|
Editor Novia Putri Anindhita

Aglaonema atau di Indonesia pernah popular dengan sebutan “Sri Rejeki”, atau Chinese Evergreen di luar negeri, adalah kelompok tanaman yang saat ini memiliki cukup banyak spesies dan varietas tanaman baik hasil dari penyilangan atau yang mengalami perubahan karena dibudidayakan.

Selain keindahan penampilannya, Aglaonema juga mempunyai manfaat yang berhubungan dengan polusi udara.

Tanaman aglaonema merupakan salah satu kelompok tanaman yang dinilai cukup efektif untuk mengurangi pencemaran udara.

Menurut penelitian Nasa dan Associated Landscape Contractors of America (ALCA) yang dilakukan di akhir dekade 1980-an, Aglaonema merupakan salah satu dari 15 tanaman dari berbagai genus yang berperan dalam mengurangi polusi udara.

Nama tanaman Aglaonema ini berasal dari bahasa Yunani dan dari dua kata yaitu aglos yang artinya cerah dan nema yang artinya benang (merujuk pada bagian filamen bunga).

Tanaman ini sering kali ditemukan di daerah dataran rendah, tetapi ada juga yang dapat dijumpai di daerah dataran tinggi.

Habitatnya sendiri cenderung terdapat di daerah dekat rawa atau di sekitar kaki gunung.

Spesies Aglaonema ditemukan di berbagai lokasi terutama di wilayah Asia dan kepulauan di Pasifik Selatan yang merupakan daerah asal muasal Aglaonema ditemukan.

Di Indonesia, beberapa Aglaonema dapat dijumpai di Hutan Sumatera.

Daya tarik tanaman hias ini sangat digandrungi oleh para pencintanya meskipun harganya terbilang fantastis di antara tanaman hias lainnya.

3 Bunga Aglaonema Termahal

1. Aglaonema Khanza

Aglaonema jenis ini memiliki tulang dan tepi daun yang berwarna merah muda, kekhasan ini menjadi daya tarik tersendiri.

Daunnya yang masih muda berwarna hijau tua dan kemudian berubah menjadi hijau kekuningan saat daunnya lebih tua.

Aglaonema khanza baru ditemukan pertama kali di pasaran tanaman hias pada tahun 2018 dengan kisaran harga 5 sampai 7 juta rupiah untuk aglaonema dewasa.

Namun, karena terjadi perubahan tren tanaman hias di tahun 2021 ini harga aglaonema khanza di pasaran turun hingga sekitar 1-2 juta rupiah.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

2. Aglaonema Red Sumatera

Aglaonema jenis ini adalah generasi awal dari varietas aglaonema dengan warna merah, dengan memiliki perpaduan antara merah mudah dan hijau pada daunnya yang berbentuk elips.

Aglaonema ini termasuk salah satu varietas yang pernah memenangkan kontes tanaman hias internasional di Belanda pada tahun 2002 lalu karena keindahan dan keunikannya.

Harga aglaonema jenis ini memang sudah menurun tapi masih termasuk stabil dibandingkan dengan tanaman aglaonema jenis lain.

Saat ini di pasaran, kisaran harganya adalah 500 ribu – 1 juta rupiah untuk tanaman dewasa.

3. Aglaonema Sukson

Aglaonema jenis ini memiliki warna merah cerah dan menjadi jenis aglaonema favorit bagi banyak orang.

Bentuk daun dari aglaonema jenis ini lebih bulat dan ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan jenis aglaonema lainnya.

Aglaonema sukson perlu ditempatkan di tempat-tempat yang terkena paparan sinar matahari cukup agar dapat berkembang dengan baik dan tidak cepat layu.

Di tahun 2021, aglaonema sukson mulai kembali menjadi primadona atau dambaan bagi kalangan pecinta tanaman hias karena mulai banyak orang yang minat dengan jenis tanaman berwarna nyentrik atau tegas.

Saat ini aglaonema sukson rata-rata dibanderol dengan harga pasaran sekitar 700 ribu rupiah.

Selain memiliki keindahan bentuk dan warna yang memukau dengan harga yang cukup fantastis, tamanan aglaonema ini ternyata cukup mudah untuk dipelihara, dirawat, bahkan dibudidayakan.

Untuk mengetahui cara merawat dan membudidayakannya, buku “Merawat Aglaonema : Sri Rejeki Pembawa Hoki” karya Tim Agromete dapat menjadi solusi Anda.

Di dalam buku ini Anda dapat mempelajari cara mengembang biakkan atau memperbanyak tanaman Aglaonema dengan berbagai cara, mulai dari menyetek batang, mencangkok, hingga memisahkan anakan.

Dengan secara ringkas dan mudah dipahami, dijelaskan juga macam-macam masalah yang dapat dialami tanaman aglaonema serta bagaimana cara menyikapinya.

Penjelasan yang disertai gambar membuat buku ini menjadi panduan yang ringan dan sangat membantu jika Anda berminat untuk memelihara aglaonema.

Tunggu apa lagi? Segera dapatkan bukunya di Gramedia.com!


Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.